MEULABOH – UTU | Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar (UTU) kembali menjajaki kerjasama dengan dunia industri. Kali ini, Prodi Teknik Mesin menjalin kerjasama dengan Industri Perhotelan Mercure Jakarta Batavia hotel bintang lima yang berstandar Internasional. Kerjasama yang dilakukan yakni mengenai magang industri dan praktek kerja.

Kerjasama antara Prodi Teknik Mesin dan Mercure Jakarta Batavia yang berlokasi Jalan Kali Besar No 44 46, Roa Malaka, Tambora Kota Jakarta Barat, ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan oleh Ketua Program Studi Teknik Mesin UTU Dr. Pribadyo, ST., MT dan General Manager Mercure Jakarta Batavia Paulus D Karim yang didampingi oleh HRD Puji Astuti di Jakarta, Jumat (17/05/2024).

General manager Mercure Jakarta Batavia, Paulus D Karim mengatakan, sebagai sebuah industri dibidang perhotelan berstandar internasional yang beroperasi di Indonesia, kegiatan Mercure Jakarta Batavia sangatlah bergantung pada dukungan masyarakat, universitas, dan pemerintah. Perusahaan ini, lanjutnya akan berkomitmen untuk berkontribusi terhadap pendidikan, karenanya diperlukan pemahaman, kebijakan, dan pengelolaan kerjasama melalui penciptaan sinergi antara universitas, pemerintah dan industri kata Paulus D Karim dalam sambutannya.

Paulus D Karim memaparkan, Mercure Jakarta Batavia saat ini telah menjalin kerjasama dengan berbagai instansi dan institusi baik PTN maupun PTS di seluruh Indonesia salah satunya adalah Prodi Teknik Mesin Universitas Teuku Umar melalui program Magang MSIB yang dalam pelaksanannya diawasi langsung oleh Kemendikbudristek selama 1 (satu) semester untuk mendapatkan pengalaman kerja dan pengetahuan tentang praktik terbaik dari industri. Oleh karena itu melalui program ini, talenta terbaik lulusan UTU memiliki kesempatan bekerja di perusahaannya.

Menambahkan, H.R Development Mercure Jakarta Batavia, Puji Astuti menjelaskan, tahap awal yang dilaksanakan melalui program magang ini, Mercure Jakarta Batavia juga membuka kesempatan bagi mahasiswa dan mahasiswi untuk belajar bekerja di Mercure Jakarta Batavia selama enam bulan (satu semester). Kesempatan ini juga terbuka untuk mahasiswa dan mahasiswi dari Program Studi Manajemen, Industri dan Teknik Mesin.

Dia mengatakan tidak mematok kuota dalam setiap penerimaan. Hanya dilihat berdasarkan hasil seleksi dari mahasiswa yang mendaftar. “Kita lihat hasil seleksi saja berapa orang yang mendaftar, syaratnya yang diterima untuk S-1 itu minimal IPK 3.00 dan harus lulus seleksi dan interview,” katanya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Program Studi Teknik Mesin UTU, Dr. Pribadyo, ST., MT mengaku sangat berterimakasih kepada General manager Mercure Jakarta Batavia, sebagai salah satu Industri perhotelan bintang lima berstandar Internasional yang telah bersedia menjalin kerjasama. “Program magang yang kerjasamanya ditandatangani hari ini bertujuan untuk menyiapkan fresh graduate pada kesempatan kerja yang sesungguhnya,”. Dr. Pribadyo berharap program magang dengan Mercure Jakarta Batavia ini adalah pilot project nantinya bisa sukses dan terjalin kerjasama yang menguntungkan di kedua pihak dengan demikian melalui kerjasama ini akan terjalin link and match antara dunia akademisi (universitas) dan dunia bisnis (industri), imbuhnya.

Dikonfirmasi terpisah, Rektor UTU, Prof. Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si menyampaikan rasa terimakasihnya kepada pihak Mercure Jakarta Batavia yang telah bersedia menjalin kerjasama yang baik ini. Kolaborasi antara Prodi Teknik Mesin UTU sebagai salah satu bagian dari institusi pendidikan tinggi dan Mercure Jakarta Batavia selaku industri penting dilakukan untuk menciptakan kerjasama produktif dalam bidang ilmu pengetahuan baik secara inter-disiplin, multi-disiplin, trans-disiplin, dan lintas disiplin ilmu sehingga diharapkan dapat meningkatkan daya saing baik bagi sektor industri maupun jasa.(Humas UTU).

MEULABOHUTU | Puluhan mahasiswa dari School of Materials Anda Mineral Resurces Engineering, Universitas Sains Malaysia (USM) dan mahasiswa  Teknik Pertambangan Univeristas Syiah Kuala (USK), PERHAPI (Persatuan Ahli Pertambangan Indonesia) beserta perwakilan dari PT. MIFA Bersaudara mengunjungi Universitas Teuku Umar pada Selasa, 14 Mei 2024.

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka kegiatan Summer School mahasiswa USM dan USK. Dalam kunjungan ini perwakilan mahasiswa dan dosen yang mendampingi kegiatan Summer School diterima oleh Dekan Fakultas  Teknik Universitas Teuku Umar Dr. Ir. Irwansyah, S.T.,M.T. IPM yang didampingi oleh Tim Korpus Hubungan Internasional LPPM UTU.

Dekan FT dalam sambutannya menyampaikan bahwa UTU sangat mengapresiasi kunjungan ini, dimana dengan kunjungan ini nantinya dapat terjalin relasi atau kerjasama baik dari bidang keteknikan secara khusus maupun bidang tri dharma lainnya antara Universitas maupun Fakultas.

Dalam kegiatan tersebut juga adanya sharing session antar dosen dan mahasiswa. Dosen yang mendampingi mahasiswa terdiri dari Ir. T. Zulfikar MT, Ir. Pocut Nurul Alam, MT., Izzan Nur Aslam, S.T.,M.Eng dan Febi Mutia, ST.,M.Si dari USK,  Sekretaris Jendral (Sekjen) Perhapi Aceh, Muhammad Hardi, sedangkan dosen yang mendapingi dari School of Materials Anda Mineral Resurces Engineering, Universitas Sains Malaysia (USM) terdiri dari Dr. Suhaina Ismail, TS Dr Ku Esyra Hani Binti Ku Ishak, Dr. Nurul ‘Ain Jabit dan Dr. M. Irman Khalif Bin Ahmad Aminuddin.

Dr. Nurul ‘Ain Jabit dan  Izzan Nur Aslam, S.T.,M.Eng menyampaikan bahwa senang dapat berkunjung ke Universitas Teuku Umar dan emngucapkan terimakasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh Universitas Teuku Umar, dan mengharapkan akan adanya jalinan kerjasama diberbagai bidang baik antar universitas maupun fakultas nantinya.

Ir. T. Zulfikar MT selaku dosen senior Teknik Pertambangan USK dan Praktisi yang memiliki beragam pengalaman di dunia pertambangan khususnya di Provinsi Aceh, menyampaikan kepada mahasiswa apa yang diperoleh dengan kegiatan ini dan bagaimana dengan minat bidang mereka.

Salah seorang mahasiswa dari School of Materials Anda Mineral Resurces Engineering menyatakan bahwa senang dengan adanya kegiatan summer school, selain menambah teman dapat pula memperoleh  pengalaman langsung di lapangan kepada mereka. Sebagai mahasiswa tingkat akhir, dengan kegiatan ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat kepada mereka. Dan bidang minatnya lebih kepada teknik blasting atau peledakan.

Kegiatan di Meulaboh selama 2 (dua) hari kedepan akan didampingi oleh PT MIFA bersaudara yang merupakan anak perusahaan dari PT Media Djaya Bersama yang mengelola industri batubara di Aceh, dalam rangka meningkatkan potensi akademik dan pengetahuan praktik lapangan mahasiswa pertambangan melalui penerapan good mining practice. (Humas UTU).

MEULABOHUTU | Empat Tim Robot Terbang Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar  dinyatakan lolos evaluasi tahap I Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2024. KRTI merupakan ajang dirgantara bergengsi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek RI. Sejak 2019, Tim KRTI UTU tidak pernah absen mengudara di event KRTI.

Keempat tim tersebut berasal dari Fakultas Teknik. Dekan Fakultas Teknik UTU, Dr. Ir. Irwansyah, S.T., M. Eng., IPM mengaku bangga dengan prestasi yang diraih oleh para mahasiswanya. “Prestasi ini merupakan hasil kerja keras dan dedikasi para tim KRTI UTU yaitu mahasiswa dan dosen pembimbing yang telah berlatih tanpa henti dalam beberapa bulan terakhir,” ujarnya

Dr. Irwansyah berharap agar para tim KRTI UTU dapat terus berlatih dan meningkatkan kemampuan mereka agar dapat meraih hasil yang terbaik di babak selanjutnya. “Saya yakin dengan kerja keras dan kekompakan tim, UTU dapat meraih prestasi yang membanggakan di KRTI 2024,” harapnya.

Dr. Irwansyah menerangkan, tahun ini tim robot terbang FT UTU akan bertanding di empat divisi. Yakni di divisi Vertical Take-Off Landing (V-TOL) dengan ketua tim Khairul Adami, berikutnya divisi Racing plane (RP) dengan ketua tim Bayu Agung Pratama. Ketiga di Divisi Technology Development (TD) dengan ketua tim Fahri Dwi Alfi, dan divisi Long-Endurance Low-Altitude (LELA) dengan ketua tim Burhansyah.

Para mahasiswa tersebut dibimbing oleh tiga orang dosen yaitu Farid Jayadi S.T., M.Eng, Zakir Husin, S.T., M.T dan Syahrul Fathi, S.T., M.T.

Irwansyah tidak menyangka, kesemua tim tersebut lolos evaluasi tahap I KRTI. “Ini pertama kalinya kita mendaftarkan empat divisi sekaligus. Dan alhamdulillah keempat-empatnya lolos. Saat ini para mahasiswa didampingi dosen pembimbing sedang mempersiapkan diri ke evaluasi tahap II KRTI yang dilaksanakan Juli nanti via daring,” terangnya pada Kamis (16/5/24).

Dekan FT menargetkan, pada pertengahan Juni nanti karya-karya pesawat dari kesemua divisi yang diikuti oleh tim KRTI UTU bisa diujicoba. Kita berharap keempat divisi tersebut bisa tampil maksimal pada evaluasi tahap II KRTI atau seleksi wilayah. Sehingga bisa lolos ke tingkat nasional.

“Final KRTI 2024 di UNY (Universitas Negeri Yogyakarta). Mudah-mudahan ke empat Tim KRTI UTU bisa lolos sampai nasional dan dapat juara,” pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Rektor UTU, Prof. Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si menyatakan rasa bangganya atas prestasi para tim UTU. “Saya sangat bangga dengan semua tim UTU yang telah berhasil lolos kualifikasi KRTI. Prestasi ini menunjukkan bahwa UTU memiliki potensi besar di bidang robotika,” ujarnya.

Prof. Ishak juga berharap agar para tim UTU dapat terus berlatih dan meningkatkan kemampuan mereka agar dapat meraih prestasi yang lebih gemilang di KRTI 2024. “Semoga para tim UTU dapat terus berlatih dan meningkatkan kemampuan mereka agar dapat mengharumkan nama UTU kembali di kancah nasional,” harapnya. (Humas UTU).

MEULABOHUTU | Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Teuku Umar (HMTS-UTU) melaksanakan kegiatan Ramadhan bersama & Milad HMTS-UTU ke XVI serta Silaturahmi dengan Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia (FKMTSI) wilayah Aceh di Aula Cut Nyak Dhien Gedung Kuliah Terintegrasi Universitas Teuku Umar pada 30-31 Maret 2024.

Kegiatan ini dilangsungkan dalam rangka mempererat silaturahmi antar Mahasiswa Teknik Sipil Wilayah Aceh serta dipadukan dengan Milad HMTS-UTU ke XVI menjadikan sebuah momen yang sangat berharga di bulan Ramadhan Tahun ini.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua Prodi Teknik Sipil yang diwakili oleh  Sekretaris Prodi Fitry Hasdanita, S.T., M.T. Rangkaian kegiatan yang dilakukan berupa Talkshow Ketekniksipilan yang diisi langsung oleh Dosen Prodi Teknik Sipil UTU yaitu Dr. Irfan, S.T., M.T. dilanjutkan dengan Field Trip ke Laboratorium Hidrolika Teknik Sipil UTU.

Setelah sholat ashar berjamaah peserta /delegasi mengikuti Kajian Pemuda Kampus (KPK) yang diberikan materi oleh Ust. H. Abdullah Akib, Lc., Al-Hafidz. Kemudian pemotongan Tumpeng dalam rangka memperingati Milad HMTS-UTU ke XVI yang dilakukan oleh Ketua BEM FT-UTU Ariq Al Razan diserahkan kepada Ketua HMTS-UTU Samsuar dan didampingi oleh PJ. Koordinator FKMTSI Wilayah Aceh Jasmi sampai dengan waktu Berbuka puasa tiba, terakhir Tarawih bersama dan Diskusi Umum.

Muhammad Ajir selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan sebagai ajang silaturahmi selama dua hari ini diharapkan bisa memberikan kedekatan emosional bagi seluruh Mahasiswa Teknik Sipil yang ada di Aceh ini. “Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin Silaturahmi antar Instansi, mahasiswa, dosen, dan alumni. semoga bisa memberikan dampak positif serta kedekatan emosional bagi seluruh Mahasiswa Teknik Sipil yang ada di Aceh”. Ungkap Ajir.

Ketua HMTS-UTU Samsuar memberikan penyampaian dalam kegiatan ini mahasiswa diminta untuk dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang sudah disusun oleh kepanitiaan sehingga dapat memberikan manfaat dan bisa mengenal satu sama lain bagi seluruh peserta/delegasi yang ikut dalam kegiatan tersebut.
“Saya berharap peserta dan delegasi dapat ikut andil dalam setiap kegiatan yang disusun agar dapat memberikan manfaat serta dapat terhubung antar Mahasiswa sekaligus saling mengenal satu sama lain”. Ujar Sam.

Sementara itu, Pj Koordinator FKMTSI wilayah Aceh Jasmi menyampaikan rasa terimakasih kepada para institusi yang tergabung di FKMTSI WILAYAH ACEH yang telah hadir untuk mengikuti kegiatan ini.

“Rasa syukur dan terima kasih saya ucapkan atas kehadiran kawan-kawan semoga dalam momentum yang singkat ini kita dapat mengenang sejarah perjuangan para punggawa terdahulu dari masa ke masa dan juga menjadi salah satu sarana berdiskusi dan saling bertukar cerita terkait perkembangan dari kampus masing masing guna meningkatkan kedekatan emosional serta mempererat tali silaturahmi antar kampus”. Kata Jasmi (Humas UTU).

MEULABOHUTU | Himpunan Mahasiswa Mesin UTU kembali mengadakan buka puasa bersama dan santunan anak yatim pada Kamis, 28 Maret 2024 yang dilaksanakan di Aula Malahayati Kampus Universiatas Teuku Umar.

Acara ini dilaksanakan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H dengan bertemakan “Menjadikan Bulan Ramadhan Sebagai Ajang Bersilaturahmi, Berbagi, serta Mempererat Solidaritas”.

Acara ini dihadiri oleh seluruh anggota aktif HMM UTU, IKA-TM, Jajaran Prodi Teknik Mesin. Acara dimulai pukul 17.00 wib dengan pembagian takjil kemudian dilanjutkan pembukaan pada pukul 18.00 wib yang diawali dengan sambutan-sambutan dari ketua pelaksana, perwakilan alumni IKA-TM, ketua HMM UTU, ditutup oleh sambutan jajaran pimpinan Prodi Teknik Mesin yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian santunan kepada anak yatim yang terdapat di seputaran kampus UTU yang diserahkan langsung oleh Ketia HMM dan pimpinan Prodi Teknik Mesin.

Acara berjalan dengan khidmat, dengan rasa kebersamaan menikmati dan berbagi dalam buka bersama Ramadhan kali ini. Dengan adanya acara ini merupakan wujud syukur karena masih dipertemukan dengan Bulan yang penuh berkah ini.

Dalam penyampaiannya jajaran Prodi Teknik Mesin yang diwakili oleh Sekretaris Jurusan Masykur, S.Pd., MT sangat mengapresiasi kegiatan buka bersama dan santuanan anak yatim yang dilakanakan oleh HMM ITU, ia berharap kegiatan positif ni dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya, dengan semangat berbagi dan penuh kasih terhadap sesama.

Acara berjalan dengan khidmat, dengan rasa kebersamaan menikmati dan berbagi dalam buka bersama Ramadhan kali ini. Dengan adanya acara ini merupakan wujud syukur karena masih dipertemukan dengan Bulan yang penuh berkah ini imbuhnya.

MEULABOHUTU | Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar menggelar acara istimewa dalam rangka memperingati Nuzulul Qur’an serta menjalin silaturahim dan keakraban di antara staf dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa serta tamu undangan yang berhadir, diantaranya Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Dekan FKM, Dekan Pertanian dan tamu undangan lainnya.

Acara yang diselenggarakan pada Rabu, 27 Maret 2024 di masjid kampus “Nurul Ilmi“ tersebut menjadi momentum penting untuk mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan di tengah suasana bulan suci Ramadan.

Dekan FT Universitas Teuku Umar, Dr. Ir. Irwansyah, ST., M.Eng., IPM dalam sambutannya menyampaikan sebagai perwujudan rasa syukur umat muslim dalam rangka memperingati Nuzulul Quran di bulan Ramadan kali ini.

“mudah-mudahan kehadiran kita semua ini dapat mempererat silaturahim dan keakrabatan, dimana di hari nuzulul qur’an yang mana wahyu pertama diturunkan Allah SWT dan kita dituntut untuk membaca dan dicatat sebagai amal baik bagi kita semua”, ujarnya.

Acara ini juga menjadi ajang untuk berbuka puasa bersama, di mana seluruh peserta duduk bersama-sama dan mendengarkan tausiah yang disampaikan oleh Ustadz Praka Ahmad Fateh Masduki dari Korem 012 Teuku Umar. Dalam penyampaian, ustadz Ahmad Fateh memberikan beberapa wejangan dan tausiah yang berkaitan dengan peran penting mentadaburi alquran serta menerapkannya dalam segala aktivitas sehari-hari.

Kemudian di akhir tausiah dilakukan penyerahan sertifikat penghargaan oleh Wakil Rektor II UTU, Prof. Nyak Amir didampingi oleh Wakil Rektor III, Dekan FT, Dekan FKM serta Ketua BKM Mesjid Kampus Nurul Ilmi, Tgk. Ir. Sulaiman Ali, ST., MT.

Acara berlangsung dengan penuh kehangatan dan keceriaan, menandai komitmen Fakultas Teknik  Universitas Teuku Umar dalam mendorong kerukunan dan kebersamaan di lingkungan akademik, serta semangat persaudaraan yang tercipta dalam acara tersebut diharapkan dapat terus terjaga dan menjadi bagian dari budaya dan identitas fakultas ke depannya. (Humas UTU).

MEULABOHUTU | Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar melaksanakan workshop review kurikulum berbasis OBE (Outcome  Base Education) pada Tanggal 27 Maret 2024 yang bertempat di Aula Iskandar Muda Gedung Terintegrasi Universitas Teuku Umar. Workshop ini diselenggarakan untuk menunjang setiap program studi dalam menghadapi akreditasi jurusan dengan kurikulum baru (perubahan KKNI ke OBE) yang akan diterapkan oleh setiap jurusan kedepannya. 

OBE merupakan pendekatan kurikulum yang berfokus pada hasil pencapaian yang diinginkan dimana pencapaian pembelajaran lulusan (CPL) diharapkan berfokus dari mahasiswa. Konsep OBE disusun berdasarkan ide bahwa pendidikan harus terarah pada mencapai tujuan dan hasil konkret yang ingin dicapai profil lulusan, bukan hanya pada penyampaian materi secara teoritis. Kegiatan ini diikuti oleh Pimpinan Fakultas, Pimpinan Jurusan, Koordinator Kurikulum, Koordinator MBKM, Jaminan Mutu dan dosen. Narasumber pada kegiatan workshop ini berasal dari Universitas Syiah Kuala yaitu Prof. Dr. Muhammad Rizal, ST., M.Sc.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar, Dr. Ir. Irwansyah, S.T.,M.Eng.,IPM dalams ambutannya menyampaikan bahwa Kegiatan ini bertujuan untuk untuk memastikan kurikulum yang ada memenuhi standar pendidikan OBE (Outcome-Based Education) dan relevan dengan tuntutan perkembangan teknologi, lulusan, menilai efektifitas metode pembelajaran dan materi ajar yang ada dalam kurikulum. Kurikulum berbasis OBE ini akan diterapkan di Agustus 2024 pada Semester Ganjil 2024/2025, sehingga kegiatan ini harus diwujudkan dengan output memperoleh buku kurikulum OBE semaksimal mungkin. 

Kemajuan dari program studi bukan tanggungjawab orang per orang, namun tanggung jawab bersama semua civitas akdemika di dalamnya sehingga peran semua sangat penting agar kurikulum OBE dapat dijalankan nanti sebaik-baiknya meskipun memiliki tantangan mengenai RPS yang harus diupdate secara berkala dan juga assesmentnya. Kita wajib Menyiapkan dokumen kurikulum ini untuk dapat disahkan dan dapat dilaksanakan di semester Ganjil 2024/2025. “Diharapkan kita dapat menghasilkan kurikulum OBE yang berkualitas dan siap untuk diakreditasi nantinya” ujar Dekan.

Prof. Dr. Muhammad Rizal, ST., M.Sc. dalam pemaparannya menyampaikan bahwa Perubahan kurikulum KKNI dari Tahun 2018 menjadi kurikulum OBE sudah dijalnakan dari Tahun 2020, namun prodi belum menggunakan panduan secara utuh. Konsep OBE dimulai dari Profil lulusan, kemudian muncul kompetensi-kompetensi yang diharapkan dari profil lulusan yang ditetapkan dan yang ingin dicapai, dan harus ada dalam kriteria OBE adalah mathematic dan basic science yang tidak bisa ditawar dan wajib ada minimal 20%, engineering science dan design minimal 40% dan general education 30%. 

Dalam 144 sks juga harus ada capstone design dimana kemampuan akhir dari seorang sarjana untuk mampu merancang suatu sistem berdasarkan bidang keilmuannya. “Tingkat capaian CPL program studi belakangan sudah mengikuti akreditasi internasional IABEE, dimana harus memastikan program studi menyiapkan lulusan yang memenuhi standar dan kualifikasi internasional untuk memasuki dunia profesi melalui proses pendidikan yang mengacu pada hasil capaian pembelajaran” ujarnya.

Kriteria umun IABEE harus memenuhi 4 (empat) elemen dimana masih mengikuti pendekatan manajemen PDCA (Plan, Do, Check and Act) yaitu suatu pendekatan manajemen yang efektif untuk mencapai peningkatan berkelanjutan. (Humas UTU). 

MEULABOHUTU | Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Jasa Konstruksi Wilayah 1 Aceh bersama Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar menfasilitasi kegiatan Pembekalan dan Uji Sertifikasi Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Vokasional Bidang konstruksi. Kegiatan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai dari 25-27 Maret 2024 yang bertempat di Aula Cut Nyak Dhien Gedung Terintegrasi Universitas Teuku Umar.

Cendera Satya Ganda selaku ketua panitia pelaksana dari BJKW 1 menyampaikan bahwa dasar penyelenggaraan Undang-Undang no 2 Tahun 2017 tentang jasa Konstruksi. Dalam kegiatan ini diikuti oleh 125 mahasiswa Teknik, lulusan/alumni dan fresh graduate dari berbagai Prodi yang ada di Lingkup Fakultas Teknik UTU. Untuk jenjang yang dikuti terdiri dari level 2 Tukang Las Listrik, Level 4 untuk Gambar Bangunan Gedung, Level 6 untuk Pengawas Pekerjaan Struktur Bangunan Gedung dan Manager Pelaksana Pekerjaan Bangunan Gedung.

Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Irwansyah, S.T., M.Eng., IPM dalam kesempatannya menyampaikan bahwa kegiatan uji sertifikasi Kompetensi ini sangat penting bagi mahasiswa aktif dan lulusan Fakultas Teknik karena dapat memberikan wawasan bagi mahasiswa dan lulusan menuju dunia kerja.

Kegiatan ini juga sebagai bentuk salah satu Capaian Indeks Kinerja Utama (IKU) 1 Kompetensi Lulusan. Kegiatan ini diharapkan dapat terus dijalan antara BJKW 1 Aceh dengan fakultas Teknik demi pencapaian kompetensi lulusan dimasa mendatang.

“Uji Kompetensi ini juga nantinya akan memberikan pengakuan bahwasanya mahasiswa sudah layak memperoleh Surat Keterangan Pengganti Ijazah (SKPI) sebagai modal kerja kedepan, jadi bukan hanya ijazah saja namun membutuhkan sertifikasi kompetensi sebagai bukti keterampilan,” ujar Dekan

Kepala Jasa Konstruksi wilayah (BJKW) I Banda Aceh diwakili oleh Frans Hardie Siswoyo mengatakan meningkatkan kemampuan SDM bidang jasa konstruksi yang berkelanjutan sangat diperlukan melalui uji sertifikasi dan kompetensi. Maksud penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk peningkatan kemajuan SDM bidang konstruksi yang berkelanjutan agar menghasilkan SDM yang produktif dan kompeten.

Kegiatan ini sangat penting mengingat peluang kerja disektor jasa konstruksi baik di level Nasional maupun Regional cukup potensial dan memiliki prospek khususnya di Provinsi Aceh. “Inovasi-inovasi teknologi dalam berbagai bidang hanya dihasilkan oleh SDM yang memiliki visi, kompetensi, dan keunggulan”, ujarnya.

Sementara itu Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Drs. Ishak Hasan, M. Si dalam pembukaannya menyampaikan bahwa unsur pimpinan akan terus mensupport kegiatan-kegiatan yang dapat memberi capaian terhadap IKU khususnya Kompetensi Lulusan.

“Kita harus siap dengan kemajuan di bidang teknologi konstruksi, dimana mahasiswa harus berada di garis terdepan untuk menciptakan perubahan dengan inovasi-inovasi teknologi yang terus berkembang tiap tahunnya. Culture Displine dan Inovation harus kita miliki, karen tanpa inovasi kita akan jauh tertinggal dari bangsa lain,” Kata Rektor.

Rektor berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan pembekalan dan uji kompetensi ini agar memperoleh sertifikat kompeten yang akan menjadi bekal menghadapi dunia kerja. (Humas UTU).

MEULABOHUTU | Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penyelarasan Administrasi KBM FT-UTU dengan tema “Penyelarasan Administrasi KBM FT-UTU Untuk Menciptakan Integritas Dalam Berorganisasi”.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Malahayati (Aula FE) Universitas Teuku Umar, Kamis (21/3/2024). Kegiatan tersebut bertujuan sebagai salah satu langkah dalam penerapan tertibnya adminitrasi dan kesesuaiannya dalam pengelolaan kesekretariatan organisasi mahasiswa lingkup ORMAWA Fakultas Teknik

Ahmad Fadhil, Selaku Sekretaris Umum BEM Fakultas Teknik sekaligus merangkap sebagai ketua pelaksana kegiatan menyebutkan, kegiatan ini di hadiri oleh setiap delegasi Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) serta Delegasi Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar (DPM FT-UTU).

“Dalam acara ini kita menyatukan persepsi dalam adminitrasi di lingkup kampus khususnya Fakultas Teknik sendiri. Hal ini menjadi langkah penting kita bersama dalam mengelola organisasi dalam bidang kesekretariatan yang menjadi inti ataupun jantungnya organisasi,” kata Ahmad Fadhil

Dalam pelaksanaannya, Pemateri dalam kegiatan tersebut merupakan salah satu staff dari Akademik Fakultas Teknik yaitu, Ibu Dewi Yustitia, S.Pd.I. Dalam kesempatannya beliau menyampaikan apresiasi atas inisiasi dan terlaksananya Sosialisasi Penyelarasan Administrasi KBM FT-UTU.

Dewi Yustitia berharap dengan terlaksananya kegiatan Sosialisasi Penyelarasan Administrasi KBM FT-UTU dapat menjadi awalnya tertib adminitrasi pada organisasi mahasiswa lingkup Fakultas Teknik, imbuhnya.

Sementara itu Ketua BEM FT, Ariq Al-Razan menyebutkan kegiatan ini sangat urgensi dalam organisasi saat ini. Dikarenakan dalam hal administrasi dilingkup organisasi mahasiswa tidak adanya paduan atau acuan dalam hal administrasi ini.

Harapannya, dengan terlaksananya kegiatan ini dapat menjadikan organisasi lingkup Teknik menjadi role model dikalangan organisasi mahasiswa fakultas lainnya khususnya dalam hal administrasi, tutupnya

Dalam kegiatan ini, banyak tejadi penyesuaian dan penyatuan persepsi dalam hal adminitrasi baik dari surat menyurat dan pengelolaan kesekretariatan. Kegiatan ini berlangsung lancar dengan diakhiri sesi foto bersama. (Humas UTU)

MEULABOHUTU | Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar menggelar rapat sebagai laporan kemajuan dan tindak lanjut kegiatan per area dalam upaya penerapan Zona Integritas pada Fakultas Teknik, yang bertujuan untuk mendorong integritas, akuntabilitas, dan transparansi di lingkungan unit kerja.

Rapat yang dipimpin oleh Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Irwansyah, ST., M.Eng., IPM dihadiri oleh anggota kerja Zona Integritas per area dengan agenda rapat terfokus pada evaluasi progres dan implementasi strategi untuk mencapai implementasi integritas kerja di Fakultas Teknik.

Dalam sambutannya, Dr. Irwansyah menekankan pentingnya mengkaji kemajuan kegiatan pada masing-masing area sehingga kita dapat mengukur capaian dan kendala yang mungkin dapat pada saat implementasi di lapangan serta beliau juga menegaskan komitmen seluruh staf dan tenaga pengajar di Fakultas Teknik dalam mewujudkan tata kelola yang baik dan etika kerja yang tinggi.

Berbagai area termasuk Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan, Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik serta Kesekretariatan dievaluasi serta dikaji secara rinci dan menyeluruh dan pada setiap area diberikan kesempatan untuk menyampaikan laporan kemajuan serta menyoroti tantangan dan upaya perbaikan yang sedang dilakukan.

Salah satu sorotan utama dalam rapat tersebut adalah upaya untuk memperkuat integritas akademik, termasuk peningkatan layanan akademik, umum dan kemahasiwaan dan lainnya. Selain itu, langkah-langkah untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam lingkungan kerja juga menjadi perhatian evaluasi.

Dalam sesi tindak lanjut, ditetapkan serangkaian langkah konkret yang akan dilakukan oleh masing-masing area untuk memperbaiki kelemahan dan meningkatkan kinerja, seluruh pihak sepakat untuk bekerja sama secara kolaboratif guna mencapai target zona integritas yang telah ditetapkan.

Rapat ini merupakan salah satu dari serangkaian upaya yang dilakukan oleh Fakultas Teknik untuk meningkatkan kualitas dan reputasi fakultas. Dengan adanya komitmen yang kuat dari seluruh staf dan tenaga pengajar diharapkan Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar dapat terus maju sebagai lembaga pendidikan yang berintegritas dan berkualitas. (Humas UTU).