Slide 1

| Profil UTU

Slide 1

| Profil UTU

Yellow Black Speaker Post(3)

SAMBUTAN REKTOR

Prof. Dr. Drs. H. Ishak., M.Si

Kami bertekad untuk memberikan kualitas pendidikan yang menjujung tinggi kreativitas dan inovasi untuk menciptakan kualitas lulusan yang kompetitif secara internaational.

Norway Timelapse
PlayPlay
Budapest Timelapse
PlayPlay
Iceland Timelapse
PlayPlay
previous arrow
next arrow
Norway Timelapse
Budapest Timelapse
Iceland Timelapse
previous arrow
next arrow

Awal berdirinya Universitas Teuku Umar

Universitas Teuku Umar (UTU) didirikan pada tahun 1984 oleh Yayasan Pendidikan Teungku Dirundeng Meulaboh. Pada tanggal 28 Agustus 1984, yayasan ini secara resmi terbentuk dengan Badan Hukum Akte Notaris Nomor 45 Tahun 1984 di Banda Aceh. Tujuan utama yayasan ini adalah membentuk wadah Pendidikan Tinggi di Aceh Barat, yang diharapkan akan berkembang menjadi “Universitas Teuku Oemar Djohan Pahlawan.”

Langkah awal yayasan melibatkan pendirian Sekolah Pembangunan Pertanian pada tahun 1984, diikuti dengan pembentukan Akademi Pertanian Meulaboh. Restrukturisasi yayasan terjadi pada tahun 1986 dengan Akte Perubahan Nomor 32 Tahun 1986, memperkuat komitmen untuk pengembangan pendidikan tinggi di wilayah tersebut.

Seiring waktu, UTU terus berbenah dan mempersiapkan diri untuk menjadi universitas negeri. Pada pertengahan tahun 2000-an, UTU dengan tekad kuat berusaha meningkatkan statusnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN), dengan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Aceh Barat. Pendirian UTU memberikan akses pendidikan tinggi kepada masyarakat Barat Selatan Aceh, yang sebelumnya harus bepergian ke pusat kota Provinsi Aceh. Universitas ini menjadi kunci penting dalam pengembangan ekonomi dan sumber daya manusia di Aceh Barat.

VISI

” Menjadi sumber inspirasi dan referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan bisnis disektor industri berbasis agro dan marine (Agro dan Marine Industry) diperingkat regional (2025), nasional (2040), dan international (2060) melalui riset yang inovatif kreatif dan berdaya saing tinggi “

 

MISI

  1. Menyelenggarakan program pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, informasi dan senin budaya yang relevan dengan kebutuhan pembangunan baik regional, nasional dan international.
  2. Menyelenggarakan riset yang inovatif dan berdaya saing tinggi untuk menunjang pembangunan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Menghasilkan dan menyebarkan hasil-hasil riset yang dapat menjadi referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan bisnis
  4. Menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dengan kebutuhan pasar
  5. Menghasilkan lulusan yang memiliki semangat tinggi dalam berwirausaha (entepreneurship spirit)

Awal berdirinya Universitas Teuku Umar 4

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Auctor cursus suspendisse morbi scelerisque pellentesque tellus pretium gravida sit. Commodo ac id mauris id nunc, eu. Adipiscing tortor odio mauris volutpat ut. Tortor fusce elementum in scelerisque pretium. Vitae volutpat semper diam et est. Facilisi vitae nisl vitae cras lorem consequat duis.
Volutpat semper sit ullamcorper turpis etiam. Commodo purus amet sed sit eu orci enim vitae, massa. Malesuada molestie nulla ut ultrices et risus pellentesque eget elementum. Nibh vel ac morbi cursus nisl, pulvinar leo feugiat. Mattis justo sapien massa dictum sed velit morbi non. Eu nibh fringilla enim mattis odio elit ultrices semper leo. Tellus consectetur id commodo, adipiscing. Sapien vel enim sed ac, ac vel. Lectus faucibus ut risus quam enim laoreet nam. Feugiat nibh bibendum cursus vitae leo integer platea. Semper praesent lorem quis dui eu. Tortor semper et tellus diam.