Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Kata Pengantar Dekan

Assalamualaikum, Wr Wb.

Selamat datang di website Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Teuku Umar. Kami menawarkan program sarjana Strara 1 Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, Sosiologi dan Ilmu Hukum. Program Studi yang berada di lingkup Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Teuku Umar telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Teuku Umar berkomitmen mempersiapkan mahasiswa/i untuk menghadapi tantangan kerja di kemudian hari. Kerja keras seluruh civitas akademika Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Teuku Umar diarahkan untuk mencapai target sesuai dengan visi yaitu Menjadi sumber inspirasi dan referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan berdasarkan keilmuan sosial politik dalam mengembangkan SDM yang handal di peringkat regional dan nasional melalui riset yang inovatif, kreatif dan berdayasaing tinggi pada tahun 2025.

Pencapaian visi tersebut melalui pelaksanaan misi yaitu Menyelenggarakan program pengembangan ilmu pengetahuan di bidang sosial politik melalui penguasaan teknologi dan informasi yang relevan dengan kebutuhan pembangunan baik regional, nasional dan internasional. Hadirnya website ini diharapkan menjadi sumber informasi dan media komunikasi.

Website ini juga diharapkan dapat menjadi salah satu mekanisme penerapan akuntabilitas di Perguruan Tinggi. Untuk itu saya mengajak segenap sumber daya manusia yang mengabdi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Teuku Umar tercinta, untuk memperteguh semangat pengabdian kita dengan bekerja dan berkarya secara profesional. Berbagai perbaikan masih akan terus diupayakan demi peningkatan kualitas di masa yang akan datang. Atas nama pimpinan dan seluruh civitas akademika Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Teuku Umar mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan dan kerja sama bagi kemajuan dan kesuksesan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Basri, SH.,MH

Dekan

Informasi Detail

Visi

“Menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebagai sumber inspirasi melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi berlandaskan keilmuan sosial berbasis agro and marine Industry yang handal, kredibel dan unggul serta berdaya saing tinggi di tingkat Regional (2025), Nasional 2040, dan internasional (2060)”

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan keilmuan sosial berbasis agro and marine industry melalui penguasaan teknologi yang relevan dengan kebutuhan pembangunan baik yang regional maupun nasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang inovatif dan berdaya saing tinggi untuk menjadi referensi dalam menunjang pengembangan ilmu di bidang sosial.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis agro and marine industry dalam meningkatkan ilmu pengetahuan.
  4. Menciptakan lulusan yang memiliki keahlian dan berkompeten dalam bidang sosial yang berdaya saing.
Dekan : Basri, SH.,MH
Wakil Dekan I : Dr. Afrizal Tjoetra, S.Pd., M.Si

Wakil Dekan II : Phoenna Ath-Thariq, S.H., L.L.M.

Koordinator Bidang Umum dan Keuangan : Dian Rosila, S.H
Pengadministrasian Persuratan : Erin Furzianti, S.I.Kom

Penata Dokumen Keuangan : Teuku Sariyulis, S.Pd.

Pengolah Barang Milik Negara : Dalvid Robbyanto, S.E


Koordinator Bidang Akademik dan Kemahasiswaan : Azhari, S.Pd.I., M.Ag

Pengadministrasi Kemahasiswaan & Alumni : Dedy Syahputra, S.Sos






Program Studi (S1)

  1. Ilmu Administrasi Negara
  2. Sosiologi
  3. Ilmu Komunikasi
  4. Ilmu Hukum

Program Studi (S2)

  1. Magister Sosiologi

Ilmu Administrasi Negara

Deskripsi Program Studi Ilmu Administrasi Negara

Perkembangan era teknologi digital yang masif telah mendobrak pola kegiatan pemerintahan. Penyusunan kebijakan dan manajemen pelayanan publik pun turut berubah seiring dengan perkembangan teknologi, untuk itu Prodi IAN UTU memiliki tanggungjawab dalam mempersiapkan calon pemimpin masa depan yang tangguh dan siap menghadapi persoalan publik melalui pembentukan SDM yang mampu memahami perkembangan tata kelola pemerintahan serta mampu menganalisis beragam kebijakan yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan lokal maupun global terkhusus dalam bidang agro and marine industry. Adapun dalam prodi ini, mahasiswa akan mempelajari isu kebijakan publik, pelayanan publik, digital governance, organisasi sektor publik, dan manajemen SDM sektor publik.

Scientific Vision Prodi Ilmu Administrasi Negara:

Menjadi Ilmu Administrasi Negara yang menghasilkan sumber daya manusia profesional, kreatif, inovatif, inspiratif dan berdaya saing tinggi di bidang Administrasi Negara yang berbasis Agro and Marine Industry.

Sosiologi

Deskripsi Program Studi Sosiologi

Program Studi Sosiologi merupakan salah satu Prodi dengan Jenjang Strata (1) di wilayah Barat Selatan Aceh yang fokus terhadap core Universitas Teuku Umar yaitu agro and marine industry sehingga prodi Sosiologi UTU mengedepankan kajian dibidang masyarakat pesisir dan pedesaan

Visi : Menjadi Sumber Inspirasi dan Referensi bagi pengembangan masyarakat pedesaan dan pesisir di sektor Agro and Marine Industry diperingkat Regional (2025), Nasional (2040), dan Internasional (2060) melalui Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian yang inovatif, kreatif dan berdaya saing tinggi.

Misi : Menyelenggarakan proses belajar-mengajar melalui kurikulum Sosiologi berbasis pengembangan masyarakat pedesaan dan pesisir.
Menyelenggarakan penelitian yang inovatif dan kreatif untuk menunjang pembangunan masyarakat pedesaan dan pesisir.
Memotivasi civitas academica untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di pedesaan dan pesisir.
Menghasilkan lulusan sosiologi yang inovatif, kreatif dan berdaya saing tinggi melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat selaras dengan kebutuhan masyarakat pedesaan dan pesisir di sektor agro and marine industry melalui pendekatan iptek dan imtaq.
Menghasilkan dan menyebarkan hasil-hasil penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai sumber inspirasi dalam perumusan kebijakan daerah yang berbasis pengembangan masyarakat pedesaan dan pesisir di sektor agro and marine industry.

Kompetensi Utama 1. Mampu memahami realitas pembangunan sosial sebagai sumber inspirasi dan referensi pembelajaran sosial

2. Mampu berpikir sosiologis pada pengembang masyarakat perdesaan dan masyarakat pesisir

3. Mampu menggunakan metodologi penelitian sosial yang tepat

4. Mampu mengekspresikan gagasan dan hasil penelitian dalam karya ilmiah

5. Mampu merancang, menerapkan, dan mengevaluasi program pembangunan sosial

 

Kompetensi Pendukung

1. Mampu bekerja sama dalam tim atau kelompok sosial

2. Mampu melibatkan diri pada pengembangan masyarakat perdesaan dan masyarakat pesisir

3. Memiliki kemampuan beradaptasi sehingga tercapai kapasitas diri yang ideal

Ilmu Komunikasi    Lihat Selengkapnya 

Deskripsi Program Studi Ilmu Komunikasi

Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) Universitas Teuku Umar (UTU) bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki karir sebagai tenaga ahli professional dan peneliti muda di bidang komunikasi. Profil lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi UTU yaitu: (1) Jurnalistik; (2) Peneliti Muda Bidang Komunikasi; dan (3) Public Relations Officer. Program Studi Ilmu Komunikasi UTU menyelenggarakan pembelajaran yang interaktif, holistik, integratif, kolaboratif, saintifik dan berpusat pada mahasiswa dengan menekankan pada komunikasi berbasis agro and marine industry. Untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mahasiswa, Prodi Ilmu Komunikasi menyelenggarakan pembelajaran dengan metode studi kasus (case study) dan pembelajaran berbasis proyek (project-based learning), yang didukung oleh tenaga pengajar yang professional dan fasilitas laboratorium yang representatif.

Ilmu Hukum  Lihat Selengkapnya 

Deskripsi Program Ilmu Hukum

Program Studi Ilmu Hukum adalah prodi jenjang strata I pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar (FISIP UTU), dalam proses pembelajaran baik secara formal di ruang kelas atau dalam kegiatan diskusi di luar ruang kuliah, mahasiswa prodi Ilmu Hukum FISIP UTU dibimbing dan diarahkan untuk mampu mengkaji asas, konsep, teori Hukum, sistem Hukum Indonesia dan hukum internasional, sistem hukum asing yang mempengaruhi sistem Hukum Indonesia, serta aspek lain yang berkaitan erat dengan studi dan perkembangan hukum di Indonesia; perkembangan pemikiran dan teori hukum, metode penelitian dan penalaran hukum; mahasiswa juga dibimbing untuk mampu merancang dan menulis dokumen hukum secara profesional sesuai dengan kaidah dan azas ilmu hukum; Membuat argumentasi atau penalaran hukum dalam rangka menerapkan hukum untuk penyelesaian sengketa hukum; beracara sesuai dengan nilai dan prinsip dalam etika profesi hukum, bernegosiasi, berkomunikasi, dan melakukan advokasi untuk menyelesaikan sengketa hukum di luar pengadilan.
Profil lulusan prodi Ilmu Hukum Fisip UTU sangat beragam, mulai dari menjadi hakim, jaksa, pengacara, mediator, arbiter, panitera, konsultan hukum, akademisi, notaris, politisi, pengusaha dan lain-lain.
Program studi ilmu hukum FISIP UTU menyelenggarakan pembelajaran yang interaktif, holistik, integratif, kolaboratif, dan pembelajaran berpusat pada mahasiswa (student learning center).

Laboratorium Peradilan Semu

Laboratorium Sosio Fistu

Laboratorium Administrasi Perkantoran

Laboratorium

Laboratorium (Belandalaboratorium) atau makmal (Arabمَعْمَلtranslit. ma‘mal) adalah tempat melakukan penelitian ilmiahpercobaanpengukuran ataupun pelatihan ilmiah. Laboratorium juga disebut sebagai sebuah tempat untuk melaksanakan kegiatan praktik atau penelitian yang difasilitasi dengan berbagai alat dan infrastruktur laboratorium yang menunjang[1]. Laboratorium biasanya dibuat untuk memungkinkan dilakukannya kegiatan-kegiatan tersebut secara terkendali. Laboratorium ilmiah biasanya dibedakan menurut disiplin ilmunya, misalnya laboratorium fisika, laboratorium kimia, laboratorium biokimia, laboratorium komputer, dan laboratorium bahasa (linguistik).

  1. Formulir pernyataan kunjungan lapanganDOWNLOAD
  2. Formulir permohonan surat kunjungan lapangan DOWNLOAD 
  3. Lembaran surat kunjungan lapanganDOWNLOAD
  4. Contoh lembaran surat kunjungan lapangan, LIHAT CONTOH DISINI
  5. Formulir permohonan surat penelitian skripsi, DOWNLOAD
  6. Contoh lembaran surat penelitian skripsi, LIHAT CONTOH DISINI
  7. Lembaran surat penelitian, DOWNLOAD 
  8. Contoh lembaran surat aktif kuliah, LIHAT CONTOH DISINI
  9. Lembaran surat aktif kuliah, DOWNLOAD
  10. Formulir permohonan surat aktif kuliah, DOWNLOAD

Kegiatan Kampus

PEMBEKALAN DAN PELEPASAN MAGANG :


BIMTEK PENYUSUNAN DAN PENGUKURAN CPL DAN CPMK :

SUBUH BERJAMAAH LENTERA FAJAR :

Berita Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

“Jika untuk bermimpi saja kamu takut, maka kamu adalah orang yang tidak tahu arah masa depanmu.”

Informasi Data Mahasiwa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

0

Ilmu Administrasi Negara

0

Sosiologi

0

Ilmu Komunikasi

0

Hukum

Bicycle handlebar
Kesehatan Masyarakat
Bicycle brake