MEULABOHUTU | Masjid Nurul ‘Ilmi, komplek Universitas Teuku Umar melaksanakan sejumlah kegiatan selama bulan Ramadhan 1445 H/2024 M ini. Diantara kegiatannya adalah shalat dzuhur berjamaah diikuti kultum ba’da dzuhur, dan kegiatan shalat subuh berjamaah diikuti program Lentera Fajar.

Lentera Fajar adalah satu kegiatan yang digagas oleh Pusat Pengembangan Pendidikan Agama Islam (P3AI) Pembinaan Karakter Universitas Teuku Umar yang bekerjasama dengan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Nurul ‘Ilmi Universitas Teuku Umar Kegiatan tersebut juga mendapat dukungan dari Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) Aceh.

Kegiatan Lentera Fajar perdana dibulan Ramadhan dilaksanakan pada Sabtu (16/3/2024) pagi yang berlangsung mulai 05.20 hingga 07.00 WIB. Adapun pemateri yang diundang adalah Aiptu. Masyhuri, S.H. Beliau adalah Kasubsiluhkum Polres Nagan Raya, yang juga pimpinan Dayah Nur Darissalam Kab. Nagan Raya.

Kegiatan yang mengangkat tema “Ramadhan jalan menuju kesucian Hati dan Berkarakter Tangguh” ini dihadiri unsur Pimpinan sepperti Ketua Senat UTU yang juga Dekan FISIP Basri, SH., MH, Kepala Biro AKPK Rinaldi Iswan, ST., M.Sc Kepala Biro UK Zulfirman, SE., M.Si, Ketua Jurusan Lingkup UTU, Koordinator Program Studi S2 Lingkup UTU, Koordinator Pokja Lingkup UTU ratusan mahasiswa peserta program P3AI UTU.

Rektor UTU Prof Dr Ishak Hasan, M.Si dalam sambutannya yang diwakili oleh Kabiro AKPK Rinaldi Iswan, ST., M.Sc memberikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan ini. “terimakasih kepada Ustadz Mashuri yang telah datang jauh dari Nagan Raya memenuhi undangan kami, terimakasih kepada Korpus P3A1, DKM Masjid Nurul ‘Ilmi dan kepada civitas akademika yang turut menyukseskan program ini,” katanya

Lanjutnya, program seperti ini sangat penting kita galakkan, selain sebagai tanggungjawab bersama untuk memakmurkan Masjid, program seperti ini dapat meningkatkan literasi dan pengetahuan bagi mahasiswa, khususnya peserta P3AI sehingga akan tercipta karakter mahasiswa yang unggul.

Sementara Koordinator Pusat P3AI UTU yang juga Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Nurul ‘Ilmi, Ir. Tgk. Sulaiman Ali, S.T., M.T dalam kesempatannya menjelaskan program Lentera Fajar adalah program pengembangan spiritual dan karakter untuk mahasiwa serta membuka khazanah keagamaan bagi para Jamaah umumnya.  “kegiatan ini utamanya dipersiapkan untuk peserta P3AI dan civitas akademika,” kata Tgk. Sulaiman Ali

Selain shalat subuh berjamaah dan mendengar ceramah, pada kegiatan Lentera Fajar mahasiswa juga diwajibkan untuk membuat resume terkait materi ceramah yang disampaikan.

Ustadz Aiptu. Masyhuri, S.H dalam sesi ceramahnya mengajak para mahasiswa Universitas Teuku Umar untuk memanfaatkan bulan suci Ramadhan sebaik mungkin dalam usaha mensucikan hati dan meningkatkan prestasi.

Untuk mancapai karakter yang tangguh dimulai dari hati yang suci dan bersih dengan menjauhkan sifat ujub, riya, tamak, dengki dan takabur, selain itu hati harus selalu di isi dengan zikir yang penuh rasa kusyuk dan ikhlas.

Kesucian hati membawa dampak positif pada kesejahteraan psikologis dan emosional seseorang. Bulan Ramadhan, dengan ibadah puasa dan refleksi diri, memberikan waktu dan ruang bagi seorang hamba untuk membersihkan hati dari beban negatif.

Ustadz Masyhuri berharap, para mahasiswa dan mahasiswi UTU dapat menjadi pribadi-pribadi yang tangguh, karena Allah sangat mencintai orang-orang yang suci dhahir dan batinnya, sehingga lahir insan-insan cendikiawan yang handal sebagaimana visi UTU melahirkan sumber inspirasi dan referensi. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).