Program Studi Ilmu Hukum

Salam Ketua Program Studi

Assalamua’alaikum Wr. Wb.

Kami ucapkan selamat datang di website resmi Program Studi Ilmu Hukum Universitas Teuku Umar. Syukur Alhamdullilah kita sanjungkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan nikmat dan karunia kepada Segenap Civitas akademika Universitas Teuku Umar. Program Studi Ilmu Hukum Universitas Teuku Umar memiliki visi “Menjadi Program Studi Ilmu Hukum yang kompetitif, profesional, sebagai sumber inspirasi dan referensi dalam pengembangan sumber daya manusia di bidang ilmu hukum berbasis agro and marine Industry yang berskala regional (2025), nasional (2040), dan Internasional (2060)” Adapun misi Prodi Ilmu Hukum adalah: 1. Menyelenggarakan pendidikan ilmu hukum yang kompetitif dan profesional. 2. Melakukan penelitian yang kreatif, inovatif, dan berdaya saing serta mampu menyelesaikan permasalahan hukum. 3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menjalin kerjasama institusional berskala regional, nasional, dan internasional secara berkesinambungan. Dari tahun 2017 hingga tahun 2022 Prodi Ilmu Hukum telah memiliki 6 angkatan, dengan jumlah mahasiswa bervariasi di setiap angkatannya. Saat ini, Prodi Ilmu Hukum telah memiliki 19 dosen dengan latar belakang keilmuan yang bervariasi, namun semuanya dalam bidang ilmu hukum. Mahasiswa Prodi Ilmu Hukum UTU telah banyak menoreh prestasi dalam berbagai even perlombaan, baik di lingkup UTU maupun nasional, antara lain prestasi di bidang karya tulis ilmiah, Pekan Olah Raga Mahasiswa, dan kompetisi-kompetisi lainnya. Saat ini Program Studi Ilmu Hukum terakreditasi “Baik”, secara Khusus Kami bercita-cita untuk menjadi salah satu lembaga kebanggaan masyarakat Barat-Selatan Aceh dan seluruh bangsa Indonesia, dengan usaha dan kerja keras yang inovatif di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Demikian Pengantar dari kami, semoga dapat memberi gambaran umum terkait Program Studi Ilmu Hukum UTU, sehingga dapat bisa menjadi referensi bagi para calon mahasiswa yang berencana untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas Teuku Umar.

Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.

Dr. Nouvan Moulia, Lc., MA

Ketua Program Studi

Visi dan Misi Prodi

Menjadikan Lembaga Pendidikan Tinggi Ilmu Hukum yang Profesional dalam pengembangan pengetahuan hukum tentang Pendesaan, Pesisir dan Sumber Daya Alam yang berskala Regional (2021), Nasional (2031) dan Internasional (2051) melalui riset yang inovatif, kreatif, dan berdaya saing tinggi.

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Hukum tentang Pedesaan dan Sumber Daya Alam yang  profesional dan relevan dengan kebutuhan Regional, Nasional dan Internasional
  2. Melakukan penelitian yang unggul dalam Pengembangan Hukum tentang Pedesaan, Pesisir dan Sumber Daya Alam yang dapat digunakan dalam penyelesaian masalah hukum Regional, Nasional dan Internasional.
  3. Menyelenggarakan Pengabdian kepada Masyarakat Pedesaan dan Pesisir dengan menjalin kerjasama Institusional skala Regional, Nasional dan Internasional secara berkesinambungan.

Profil Lulusan Prodi

  1. Mampu mengenal, mengerti, memahami dan mengaplikasikan teori dan metode penelitian hukum.
  2. Mampu menghasilkan penelitian dalam mendukung pengembangan hukum pedesaan, pesisir dan sumber daya alam.
  3. Mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan hukum dalam masyarakat baik skala regional, nasional maupun internasional.
  4. Mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan berbasis agro and marine industry.
  5. Mampu memberikan solusi terhadap permasalahan masyarakat khususnya masyarakat pedesaan dan pesisir (agro and marine industry) dalam perspektif hukum.
  1. Memiliki sikap dan etika yang baik
  2. Memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu berkerja dalam tim
  3. Memiliki skill dibidang komputer minimal Microsoft Office
  4. Memiliki kemampuan berbahasa asing yaitu bahasa inggris
  5. Memiliki jiwa wirausaha sesuai dengan visi misi Program Studi, Fakultas, dan Universitas
  6. Memiliki kemampuan dasar-dasar berfikir secara logis dan kritis sesuai dengan kaedah akademik
  7. Memiliki jiwa nasionalisme

Memiliki kemampuan dalam mewujudkan tridharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Hal ini dapat diwujudkan melalui tindakan nyata, misalnya menjadi peneliti, analis, dan konsultas di bidang ilmu hukum, khususnya hukum tentang pedesaan, pesisir dan sumber daya alam dan pendamping di bidang pegembangan dan pemberdayaan masyarakat.

Informasi Akademik

Informasi yang berhubungan dengan akademik program studi

Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Pengetahuan

1. Menguasai konsep teoritis tentang:

  • ciri, struktur, dan teori Ilmu Hukum
  • sumber, asas, prinsip dan norma hukum
  • sistem atau tata hukum nasional Indonesia dan sejarah perkembangannya.

2. Menguasai pengetahuan dasar tentang sejarah dan aspek teoretis bidang Hukum Positif Indonesia, yang paling sedikit mencakup Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Administrasi Negara, Hukum Internasional, Hukum Adat, Hukum Islam, baik aspek material atau substansial maupun formal atau prosedural.

3. Menguasai pengetahuan tentang prinsip dan langkah penyelesaian masalah atau kasus hukum melalui penerapan metode penemuan hukum, yang merupakan dasar perumusan beberapa bentuk dokumen elementer hukum, yaitu paling sedikit berupa dokumen memorandum hukum, dokumen hukum untuk beracara, dokumen hukum kontrak, dan dokumen hukum yang berfungsi regulatif seperti peraturan perusahaan dan beschikking.

4. Menguasai pengetahuan dasar tentang metode penelitian hukum dengan menggunakan metode berpikir logis dan kritis.

5. Menguasai konsep umum pengetahuan filsafat hukum, sosiologi hukum, dan perbandingan hukum agar dapat memahami hukum secara kontekstual, sistemik, dan utuh.

Keterampilan Umum

1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; 2. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.

8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus

1. Mampu menyusun konsep penyelesaian masalah atau kasus hukum melalui penerapan metode berpikir yuridik berdasarkan pengetahuan teoretis tentang sumber, asas, prinsip, dan norma hukum dari berbagai bidang Hukum Positif Indonesia, yang merupakan keahlian dasar untuk menjalankan profesi hukum.

2. Mampu merumuskan ide secara logis, kritis, dan argumentatif di bidang Hukum Positif Indonesia dan mengkomunikasikannya secara lisan dan/atau tertulis, khusus dalam lingkup masyarakat akademik, sesuai dengan etika akademik.

3. Mampu mengambil keputusan secara akademik, mandiri dan bertanggungjawab dalam menyelesaikan masalah atau kasus hukum, serta mampu bekerjasama dengan sejawat.

4. Mampu bersikap etis, adil, taat hukum, peka, dan peduli terhadap lingkungan sosial dalam merancang dan menerapkan hukum.

Ketua Program Studi

Dr. Nouvan Moulia, Lc., MA.

Sekretaris Program Studi

Dara Quthni Effida, S.H., M.H.

Bidang Hukum Administrasi Negara

Dosen :

  • Nila Trisna, S.H, M.H
  • IRSADI ARISTORA, M.H
  • Chandra Darusman, S.H, M.H,

Bidang Hukum Tata Negara

Dosen :

  • Muhammad Nahyan Zulfikar, S.H, M.H
  • Jefrie Maulana, S.H, M.H
  • Apri Rotin Djusfi, S.H, M.H
  • Eza Aulia, S.H, M.H
  • Putri Kemalasari, S.H, M.HH.

Bidang Hukum Perdata

Dosen :

  • Dara Quthni Effida, S.H, M.H
  • Rachmatika Lestari, S.H, M.H
  • Rahmat Jhowanda, S.H, M.Kn
  • Ilka Sandela, S.H, M.H
  • Adella Yuana, S.H, M.H
  • Muharrir, S.H, M.H

Bidang Hukum Islam

Dosen :

  • Dr. Nouvan Moulia, Lc., MA

Bidang Hukum Internasional

Dosen :

  • Phoenna Ath-Thariq, S.H, LL.M

Bidang Hukum Pidana

Dosen :

  • Adam Sani, S.Hi, M.H
  • Muhammad Ikhwan Adabi, S.H, M.H
  • Jalaluddin, S.H, M.H

Laboratorium Ilmu Hukum

Merupakan laboratorium yang disediakan bagi mahasiswa, dosen, masyarakat, dan stakeholders untuk melakukan pendidikan, pelatihan, penelitian, serta praktek kemahiran hukum.

Berita Terbaru

Perkuat Kerjasama, Warek II UTU Pimpin Kunjungan ke Kabupaten Simeulue

newsroom@utu.ac.id May 25 , 2024

Gandeng Disnaker Aceh dan PT. Mifa Bersaudara, BEM FT UTU Gelar Seminar Budayakan K3 dalam Dunia Kerja

newsroom@utu.ac.id May 24 , 2024

Rahmat Fitra anggota UKM Pramuka UTU terpilih menjadi Ketua Dewan Kerja Cabang Aceh Barat Periode 2024-2026

newsroom@utu.ac.id May 22 , 2024

Perpanjangan Izin, Tim LSP UTU Koordinasi ke BNSP Pusat

newsroom@utu.ac.id May 22 , 2024

Tingkatkan Literasi Digital bagi Mahasiswa, PEMA UTU Gelar Diskusi Publik

newsroom@utu.ac.id May 22 , 2024

Tingkatkan Sertifikasi, LSP P1 UTU Gelar Rapat Koordinasi bersama ASKOM

newsroom@utu.ac.id May 20 , 2024

Warek III UTU Buka FGD Penyusunan Dokumen Transformasi ke PTN BLU

newsroom@utu.ac.id May 19 , 2024

Prodi Teknik Mesin UTU Jalin Kerjasama dengan Mercure Jakarta Batavia dalam Program Magang & Praktek Kerja

newsroom@utu.ac.id May 18 , 2024

Pengurus UKM Protokoler & Anti Narkoba UTU Periode 2024-2025 Dilantik

newsroom@utu.ac.id May 17 , 2024

Sambutan Hangat UTU Terima Kunjungan Mahasiswa USM dan USK “Summer School”

newsroom@utu.ac.id May 16 , 2024