Pusat Penjaminan Mutu

Kata Pengantar

Saya Selaku Koordinator Pusat Penjaminan Mutu Universitas Teuku Umar, mengucapkan selamat datang di Website Penjamnan Mutu LPPM Universitas Teuku Umar.

Disadari atau tidak, sesungguhnya kampus ini ibarat perusahaan yang bergerak dibidang pendidikan. Produknya adalah lulusan yang pada saat ini tersebar di masayarakat baik yang bekerja sebagai wirausahawan ataupun bekerja di instansi pemerintahan dan swasta. Kemampuannya dalam menyelesaikan tugas di tempat kerja, sebagian adalah hasil dari pendidikan ini. Memang, dalam membentuk dan mendidiknya menjadi sosok yang sekarang ini bukan 100% dari pendidikan UTU, namun pendidikan terakhir selalu menjadi ikon keberhasila dan kesuksesan seseorang.

Untuk itu, Universitas Teuku Umar selalu berbenah dan terus berupaya menjadikan lulusan UTU sebagai lulusan yang berkualitas sesuai dengan disiplin ilmunya. Kata “disiplin ilmunya” pada kalimat terakhir tadi, saat ini bisa jadi kurang relevan karena kebijakan pemerintah melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) telah memberikan peluang yang sangat besar bagi mahasiswa sebagai peserta didik untuk mengembangkan diri dan menambah skill di luar disiplin ilmunya. Bahkan diprediksikan pengembangan diri di luar disiplin ilmu ini bisa jadi justeru yang akan mengantarkan lulusan kita menjadi diri pribadi yang sukses dan maju.

Semua proses yang dilalui dalam pendidikan tidak terlepas dari peran para pengelola dan semua unsur pendidikan dari level tertinggi sampai terendah yang menjalankan tugasnya. Bahkan diperlukan keterlibatan stake holder baik berupa lembaga maupun masyarakat umum pada level lokal sampai dengan internasional. Sementara itu setiap aktivitas dalam melaksanakan tugas di dunia pendidikan ini juga tidak terlepas dari mutu yang telah ditetapkan. Dengan demikian, menjalankan pendidikan yang bermutu adalah menjadi tanggungjawab kita semua.

Mari bersama-sama membangun bangsa ini menuju bangsa yang berpedidikan tinggi, beriman, bemoral, dan bermartabat. Sehingga cita-cita menjadi bangsa yang merdeka, berdaulat, adil, makmur dan sejahtera dapat tercapai dengan baik.

Triyanto, S.Sos, M.A.

Koordinator Pusat

Visi UTU:

Menjadi sumber inspirasi dan referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan bisnis di sektor agro and marine industries diperingkat regional (2025), nasional (2040), dan internasional (2060) melalui riset yang inovatif, kreatif, dan berdaya saing tinggi.

Misi UTU:

Visi Universitas Teuku Umar dijabarkan menjadi 5 misi, yaitu:
1. Menyelenggarakan program pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, informasi dan seni budaya yang relevan dengan kebutuhan pembangunan baik regional, nasional dan internasional.
2. Menyelenggarakan riset yang inovatif dan berdaya saing tinggi untuk  menunjang pembangunan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
3. Menghasilkan dan menyebarkan hasil-hasil riset yang dapat menjadi referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan bisnis, dan industri berbasis agro dan marine (agro and marine industry).
4. Menghasilkan produk ilmu pengetahuan dan teknologi baru yang relevan dengan kebutuhan pasar di industri berbasis agro dan marine (agro and marine industry).
5. Menghasilkan lulusan yang memiliki semangat tinggi dalam berwirausaha (enterpreneurship spririt).

Buku Kebijakan Mutu telah direvisi oleh Penjaminan Mutu Universitas Teuku Umar pada tahun 2022.

Revisi oleh Penjaminan Mutu Universitas Teuku Umar dilakukan pada tahun 2022.

Buku Manual Mutu tahun 2022

DOKUMEN

Akreditasi Prodi

Monev Pembelajaran

MONEV UTBK

AUDIT MUTU

Kegiatan & Benchmarking

Hasil Survei Kepuasan

Kebijakan Mutu

Standar Mutu

Manual Mutu

Formulir Mutu

SIKATEN

SIKAMIT

Berita Terbaru

Kolaborasi Bangun Desa, PPK Ormawa PRISMA FKM UTU Bentuk Kelompok Wanita Kreatif

newsroom@utu.ac.id Jul 22 , 2024

Rektor & Manager Rumah Amal UTU jadi Narasumber pada Rakernas AMKI di ITB

newsroom@utu.ac.id Jul 22 , 2024

Dosen Teknik Mesin UTU menjadi Narasumber pada Webinar SDGs Era Revolusi Industri 4.0

newsroom@utu.ac.id Jul 20 , 2024

Dosen Teknik Sipil UTU berikan Materi Bimtek di Balai Pengembangan Prasaran Wilayah Aceh, Kementerian PUPR

newsroom@utu.ac.id Jul 20 , 2024

UTU Teken MoU dengan UGM, Ini Rencana Kerja Samanya

newsroom@utu.ac.id Jul 19 , 2024

Selamat! 9 Prodi UTU Kembali Raih Program Pendampingan Akreditasi Internasional dari Kemendikbudristek

newsroom@utu.ac.id Jul 19 , 2024

Mahasiswa THP UTU Kembangkan Edible Film Berbahan Anggur Laut

newsroom@utu.ac.id Jul 19 , 2024

Kunjungan Fakultas Pertanian UTU Tingkatkan Sinergi dengan Perusahaan Kelapa Sawit

newsroom@utu.ac.id Jul 15 , 2024