Fakultas Kesehatan Masyarakat

Kata Pengantar Dekan

Fakultas Kesehatan Masyarakat berdiri sejak 10 September 2002. Saat ini, Fakultas Kesehatan Masyarakat memiliki 3 jurusan, yaitu jurusan Kesehatan masyarakat (terakreditasi B oleh Lam PT-Kes), Gizi (Terakreditasi Baik oleh: Lam PT-Kes) dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Terakreditasi oleh: Lam PT-Kes). Fakultas Kesehatan Masyarakat berhasil meluluskan alumni dengan rata-rata 200 orang pertahun dengan jumlah mahasiswa aktif 1269 orang. Fakultas Kesehatan Masyarakat terus berkomitmen meningkatkan mutu dengan merujuk pada SN Dikti dan fokus pengembangan pada pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) PTN serta Indikator Kinerja Tambahan (IKT). Tenaga pengajar yang ada di FKM berjumlah 50 orang dengan kualifikasi doktor sejumlah 3 orang dan sisanya memiliki kualifikasi magister. Sebaran jabatan fungsional yang dimiliki terdiri dari 2 orang lektor kepala, 18 orang lektor, dan selebihnya Asisten Ahli. Seluruh dosen dan mahasiswa aktif dalam mengikuti kompetisi nasional serta mampu meraih prestasi. Salah satu Prestasi mahasiswa diantaranya meraih pendanaan PKM-PN, UTU Award 8th kategori Desain Toko Online, Juara Lombok Esai Kompetion, finalis National essai kompettition (NEC Scholarsip Community Unes), sedangkan prestasi dosen meliputi penerima hibah pendanaan Nasional, menjadi praktisi sesuai bidang keahlian, dan memiliki publikasi di jurnal bereputasi nasional dan International. Untuk mendukung capaian lulusan Fakultas Kesehatan masyarakat menjalin kerjasama dengan mitra baik instansi pemerintahan, industry, maupun organisasi atau lembaga peminat pendidikan dan kesehatan. Diantaranya, BKKBN, BPJS, Dinkes seluruh Aceh, RSUD, PT. MIFA, Scofindo, PLTU Aceh, dan Beberapa Perguruan tinggi dalam dan luar negri. Sampai saat ini FKM UTU menjadi satu-satunya Fakultas Kesehatan Masyarakat yang berada di Universitas Negeri di seluruh Aceh, sehingga ini menjadi potensi terbaik yang dimiliki FKM UTU. Namun demikian tentunya FKM UTU masih terus memiliki harapan untuk terus meningkatkan potensi baik dari segi SDM, kualitas, dan kuantitas sehingga FKM UTU dapat memperoleh akreditasi Unggul.

Dr. T. Alamsyah, SKM., MPH

Dekan

Informasi Detail

silahkan pilih menu yang tersedia

Visi

“Menjadi Sumber Inspirasi dan Referensi dalam Bidang Kesehatan Masyarakat Pesisir dan Agraris di Tingkat Regional Sumatera Tahun 2025 dan Nasional Tahun 2040″

Misi

  1. Mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan sehingga menghasilkan lulusan yang inovatif dan kreatif dalam pengembangan ilmu pengetahuan kesehatan masyarakat.
  2. Mengupayakan peningkatan kualitas riset di bidang kesehatan masyarakat dan publikasi ilmiah di tingkat regional dan nasional berbasis culture.
  3. Mengupayakan peningkatan kualitas pengabdian kepada masyarakat, berdasarkan hasil riset inovatif dan kreatif.
  4. Mengupayakan kerjasama dan kemitraan dengan stakeholders di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat ditingkat regional dan nasional.
  5. Mengupayakan semangat yang tinggi dalam bidang usaha (Entrepreuner Spirit)

Dekan

Dr. Dr. T. Alamsyah, SKM., MPH

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan

Safrizal, SKM., M.Kes

Wakil Dekan 2 Bidang Umum dan Keuangan

Teungku Nih Farisni, SKM., M.Kes

Koordinator Pokja Akademik dan Kemahasiswaan

Teuku Adilan, SE., M.Sc

Koordinator Pokja Umum dan Keuangan

Susanto, SKM., M.M

Ketua SPMF

Siti Maisyaroh Fitri Siregar, SKM., M.Kes

Program Studi Kesehatan Masyarakat

Program Studi Kesehatan Masyarakat merupakan salah satu Program Studi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, alam pengembangannya Fakultas Kesehatan Masyarakat telah memiliki 5 (lima) Peminatan yaitu: 1. Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK), 2. Epidemiologi, 3. Pendidikan dan Ilmu Perilaku (PKIP), 4. Kesehatan Lingkungan, dan 5. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Program Studi Gizi

Program Studi Gizi adalah program akademik yang fokus pada ilmu gizi dan memiliki tiga area kompetensi utama, yaitu gizi klinik, masyarakat, dan pangan.

Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah adalah jurusan mempelajari cara meminimalisir resiko kecelakaan dan penyakit di tempat kerja. Jurusan ini sangatlah penting karena berhubungan langsung dengan nyawa manusia.

1. Laboratorium Dietetik dan Kuliner

Laboratorium Dietetik dan Kuliner merupakan tempat praktik mahasiswa untuk mata kuliah dietetika, Gizi Masakan Aceh dan Gizi dalam Daur Kehidupan. Laboratorium ini dibagi menjadi tiga ruangan yaitu ruang pengolahan, ruang penyimpanan alat dan bahan serta ruang presentasi praktikan. Kapasitas ruangan ini dapat menampung kurang lebih 6 kelompok praktikan atau sekitar 30 orang.

2. Laboratorium Analisis Zat Gizi

Laboratorium Analisis Zat Gizi adalah salah satu laboratorium yang dimiliki oleh Jurusan Gizi Universitas Teuku Umar. Laboratorium ini digunakan untuk pelayanan praktikum mahasiswa dan/atau penelitian, terutama dalam bidang Gizi Klinik dan Gizi Pangan. Laboratorium ini terdiri dari satu ruang utama yang dilengkapi dengan lemari reagen, meja, kursi alat analisis dan lemari pendingin. Beberapa tes analisis yang dapat dilayani meliputi tes analisis zat gizi karbohidrat, lemak, serat pangan, warna makanan, kelembaban, vitamin dan aktivitas enzim.

3. Laboratorium Antropometri

Laboratorium antropometri adalah laboratorium yang digunakan untuk menilai status gizi dengan menggunakan metode antropometri. Pengukuran yang dilakukan meliputi berat badan, tinggi badan, ukuran frame, komposisi tubuh, lingkar kepala, lingkar dada, lingkar lengan atas, lingkar pinggang, lingkar pinggul, jarak lengan terbentang, jarak demi terbentang, ulna, lingkar paha, dan tinggi lutut.

4. Laboratorium Kesehatan Masyarakat Polutan

5. Laboratorium Kesehatan Masyarakat Non Polutan

Berita Terbaru

Kabar terbaru dari Fakultas Kesehatan Masyarakat

Kolaborasi Bangun Desa, PPK Ormawa PRISMA FKM UTU Bentuk Kelompok Wanita Kreatif

newsroom@utu.ac.id Jul 22 , 2024

Universitas Teuku Umar Raih Dua Hibah Akreditasi Internasional

newsroom@utu.ac.id Jul 9 , 2024

Tim PPK Ormawa Prisma FKM UTU Resmi Dilepas, Pengabdian di Desa Ujung Tanoh Darat

newsroom@utu.ac.id Jun 14 , 2024

Wujudkan Zona Integritas, Dekan FKM UTU Kukuhkan Agen Perubahan

newsroom@utu.ac.id Jun 13 , 2024

Himakesmas UTU Sukses Gelar Kompetisi MICE ON PH 2nd Tingkat Nasional

newsroom@utu.ac.id Jun 11 , 2024

BEM FKM UTU Gelar Pelatihan Pengembangan Potensi Mahasiswa

newsroom@utu.ac.id Jun 10 , 2024

Kembali Torehkan Prestasi, 3 Ormawa FKM Meraih Pendanaan PPK ORMAWA 2024

newsroom@utu.ac.id May 26 , 2024

Momentum Ramadhan: BEM FKM UTU Salurkan Donasi Kepada Panti Asuhan SOS Children Meulaboh

newsroom@utu.ac.id Mar 25 , 2024