MEULABOH – UTU | Tim Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) PRISMA, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar resmi dilepas ke lapangan untuk mengabdi ke Desa Ujung tanoh Darat Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Agenda ini dilakukan sebagai upaya dari Universitas Teuku Umar untuk memberikan dukungan beserta apresiasi secara penuh  sekaligus melaksanakan penyerahan Tim Pelaksana di Desa Ujong Tanoh Darat.

Pelepasan yang dilakukan pada tanggal Kamis, 13 Juni 2024 ini didampingi oleh fasilitator dari Universitas Teuku Umar (UTU) yaitu Ir. Cut Suciatina Silvia, S. T. M. T., IPM, Dosen Pembimbing “Fitriani S.K.M., M. Kes”  dan Ormawa Prisma FKM UTU

Kedatangan Tim PPK ORMAWA PRISMA FKM UTU langsung disambut hangat dan penuh suka cita oleh Bapak “Sulaiman BS” selaku Geuchik bersama para aparatur Desa yang meliputi : seluruh Kasi, 4 Kadus dan Tuha Peut sebagai Lembaga adat didesa . 

Kegiatan yang berlangsung dibalai desa  ini dipandu oleh Ladani selaku Ketua  Ormawa Prisma. Ir. Cut Suciatina Silvia, S. T. M. T., IPM, selaku Fasilitator Dari Universitas Teuku Umar menyatakan  dalam sambutannya “Pelepasan ini Merupakan bentuk support system dari UTU terhadap program yang telah direncanakan sehingga menjadi langkah awal yang baik dalam memulai perjalanan Program PPK ORMAWA” selama 5 bulan kedepan, ujarnya.

Pada kesempatan yang sama “Fitriani, SKM. M.Kes selaku pembimbing Tim pelaksana PPPK Ormawa Prisma, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program penguatan kapasistas Ormawa melalui serangkaian proses pembinaan Ormawa oleh Perguruan Tinggi yang diimplementasikan dalam Program Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat desa dengan topik yang dipilih adalah “Sekolah Perempuan”, sehingga melalui program ini nantinya akan terbentu kelompok Wanita mandiri dan mampu berkontribusi dalam mewujudkan SDG’s di Tingkat desa.

Sulaiman BS selaku Keuchik Desa Ujoeng Tanoh Darat dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan berterimakasih kepada Universitas Teuku Umar yang berkomitmen tinggi terhadap kemajuan desa. Ucapan terimakasih terkhusus buat adik-adik mahasiswa “Selamat mengabdi dan berbagi ilmu kepada masyarakat yang tentunya akan bermanfaat positif dalam Pembangunan desa, dan Insya Allah kami siap mendukung sepenuhnya terhadap kegiatan yang akan dilaksanakan,” ujar keuchik UTD. 

Sementara itu “Rifaldi selaku ketua pelaksana memaparkan kembali program dan skedul kegiatan sebagai bentuk konsolidasi terhadap program yang telah disepakati saat pengusulan proposal di desa Ujong Tanoh Darat.

Diakhir kegiatan Keuchik dan aparatur desa Ujong Tanoh Darat mengajak dosen pembimbing, fasilitator, Ormawa menuju tempat tinggal yang telah disiapkan sebelumnya untuk tim pelaksana. “Semoga dengan adanya tempat tinggal ini akan mempermudahkan mobilisasi kegiatan anak-anak ini selama di desa” Ungkap Zulkifli selaku Sekretaris desa Ujong Tanoh Darat. (Humas UTU). 

MEULABOHUTU | Salah satu perangkat penting dalam mewujudkan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) adalah dengan adanya Agen Perubahan. Menyadari akan pentingnya Agen Perubahan tersebut, pada Kamis, 6 Juni 2024 lalu Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar mengukuhkan dua orang Agent of Change.

Peran agent of change sangat penting dalam pembangunan Zona Integritas karena merupakan pelopor perubahan ke arah lebih baik melalui pengetahuan, ide, dan keterampilan yang dimilikinya sekaligus menjadi contoh dan panutan dalam perilaku yang mencerminkan integritas dan kinerja yang tinggi pada Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Individu yang ditunjuk sebagai agen perubahan bertanggung jawab untuk selalu mempromosikan dan menjalankan keteladanan mengenai peran tertentu yang berhubungan dengan program dan kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya.

Agen perubahan tersebut akan menyusun rencana kerja yang diharapkan dapat menghadirkan inovasi sehingga dapat meningkatkan integritas dan kinerja di lingkup Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar.

Dekan FKM Dr. T. Alamsyah, S.K.M., M.P.H memasangkan selempang kepada Agen perubahan yang terpilih melalui seleksi yaitu Rismawati, S.pd., M.Pd dari unsur Dosen dan Sri Hanum, SE dari unsur Tenaga Kependidikan.

Dr. T. Alamsyah mengharapkan mereka dapat menjadi teladan dan mendorong seluruh pegawai baik dosen maupun tendik untuk menjadi agen zona integritas terutama untuk dirinya sendiri serta menjadi pelopor perubahan sekaligus menjadi contoh dan panutan dalam berperilaku yang mencerminkan integritas dan kinerja yang tinggi di lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Dekan menyebutkan selain prestasi akademik yang menandai pencapaian, tetapi juga komitmen yang mendalam terhadap nilai-nilai integritas dan kejujuran. Langkah penting ini menegaskan komitmen kami untuk menciptakan lingkungan akademik yang bersih, transparan, dan bermartabat. “Para agen perubahan ini akan menjadi garda terdepan dalam mempromosikan nilai-nilai integritas di seluruh jajaran kampus, mendorong budaya etika yang kuat di antara mahasiswa, dosen, dan staf administrasi,” tegas Dekan

Dengan pengukuhan ini, FKM UTU memperkuat fondasi keunggulan akademik dan moral, membawa semangat positif yang menginspirasi setiap elemen dalam komunitas kampus untuk tumbuh dan berkembang.

Dengan bangga, FKM menyambut pengukuhan para agen perubahan Zona Integritas, individu yang dipilih karena dedikasi mereka untuk membangun lingkungan akademik yang bersih dan bermartabat.

Melalui peran mereka, FKM percaya bahwa agen perubahan tidak hanya menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi pendidikan tinggi, tetapi juga membawa inspirasi bagi generasi mendatang untuk menjunjung tinggi etika dan moralitas. Inilah langkah awal FKM menuju sebuah kampus yang bukan hanya unggul dalam prestasi akademik, tetapi juga dalam integritas karakter. (Humas UTU).

MEULABOH – UTU | Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (Himakesmas) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar sukses  menyelenggarakan kompetisi bergengsi tingkat nasional yang bertajuk “MICE ON PH 2 ND BY : HIMAKESMAS FKM UTU – KABINET BHAKTI KARSA” yang dilaksanakan pada 04-06 Juni 2024 lalu.

Kompetisi ini diikuti oleh peserta dari berbagai universitas terkemuka, seperti Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, Universitas Syiah Kuala, Universitas Baiturrahman, serta tuan rumah Universitas Teuku Umar.

Acara dibuka secara resmi oleh Dekan FKM UTU, Dr. T. Alamsyah, SKM, M.PH. Beliau mengungkapkan rasa bangga dan senang atas kegiatan yang dibuat oleh Himakesmas FKM UTU tahun ini. Beliau juga mengucapkan selamat datang kepada peserta yang hadir untuk berkompetisi di Universitas Teuku Umar.

“Selamat datang di Universitas Teuku Umar dan Selamat Berkompetisi. Ingat, kalah dan menang dalam perlombaan itu hal yang wajar namun yang perlu kita garis bawahi ialah ilmu pengetahuan dan pengalaman yang kita dapatkan” 

Adapun kegiatan ini juga dihadiri oleh Kaprodi FKM UTU, dosen-dosen FKM UTU, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Aceb Barat, Dinas Kesehatan Aceh Barat, Kepala Cabang Pegadaian Meulaboh, PT MIFA, Ketua HMI Aceh Barat serta jajaran Himpunan Mahasiswa Jurusan di lingkungan Universitas Teuku Umar.

Hari kedua dilanjutkan dengan kegiatan seminar Kesehatan nasional yang dibuka oleh Wakil Dekan 1 FKM UTU Bapak Safrizal SKM.,M.Kes . Beliau mengungkapkan rasa bangga, senang, dan selamat kepada peserta yang nantinya menang. “ Besar harapan saya agar kegiatan ini menjadi wadah untuk kita bersilahturahmi dan mendapatkan ilmu serta pengalaman yang baru. 

Adapun kegiatan seminar nasional MICE ON PH 2ND diisi oleh 3 pemateri dari Dinas Kesehatan Aceh Barat, BPJS Kesehatan Meulaboh, dan Salah satu Dosen FKM UTU. 

Kompetisi ini terdiri dari 5 cabang, yaitu Debat, Essay, dan PHTC (Public Health Talent Competition) yang mencakup Design Poster, Video Reel Instagram, dan Orasi. Adapun The Winners of Each Competition MICE ON PH 2nd  ialah sebagai berikut : 

  1. Lomba Essay
  • Juara 1: Universitas Diponegoro
  • Juara 2: Universitas Negeri Semarang
  • Juara 3: Universitas Baiturrahman
  • Juara Harapan: Universitas Teuku Umar
  1. Lomba Debat:
    • Juara 1: Universitas Syiah Kuala
    • Juara 2: Universitas Teuku Umar
    • Juara 3: Universitas Teuku Umar
    • Juara Harapan: Universitas Teuku Umar
    • Best Speaker: Rahmat Farhan (Universitas Syiah Kuala)
  1. Lomba Poster:
    • Juara 1: Fatikhah Mutiarani Putri (Universitas Diponegoro)
    • Juara 2: Frinsen Jakson (Universitas Udayana)
    • Juara 3: Jessyca Kwon Soon Young (Universitas Diponegoro)
    • Juara Favorit: Izzani Qurata A (Universitas Diponegoro)
  1. Lomba Video Reels Instagram:
    • Juara 1: Zulfikri (Universitas Teuku Umar)
    • Juara 2: Alifsyah Maghfira (Universitas Andalas)
    • Juara 3: Junita Sekar Mayasari (Universitas Teuku Umar)
    • Juara Favorit: Azhari Ramadhan (Universitas Teuku Umar)
  1. Lomba Orasi:
    • Juara 1: Dina Rafika Sari (Universitas Teuku Umar)
    • Juara 2: Tina Wati Sembiring (Universitas Teuku Umar)
    • Juara 3: Diaul Mahfudz (Universitas Baiturrahmah)
    • Juara Favorit: Resti Auliya (Universitas Teuku Umar)

Antusiasme peserta dan tamu undangan sangat tinggi dalam acara ini. Suasana meriah tergambar jelas saat acara dibawakan oleh MC sekaligus Moderor, Nur Hazizah yang memimpin jalannya kegiatan dengan energik. Rangkaian acara ditutup dengan kegiatan fieldtrip mengunjungi makam Teuku Umar dan Pantai Batu Putih Meulaboh, sebuah momen yang mempererat silaturahmi antar peserta dan panitia.

Kesuksesan penyelenggaraan kompetisi MICE ON PH 2 ND ini menunjukkan komitmen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar dalam mendorong pengembangan keilmuan dan kreativitas mahasiswa di bidang kesehatan masyarakat. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang mahasiswa untuk berkompetisi secara sehat serta meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

MEULABOHUTU | Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar (BEM FKM UTU) melaksanakan pelatihan Program Pengambangan Potensi Mahasiswa demi meningkatkan prestasi para mahasiswa/i dengan tema “Empowering Future Leaders: Pengembangan Keterampilan Mahasiswa FKM Menjadi Mahasiswa Kritis, Produktif, dan Kreatif di Era 5.0

Tujuan dengan di adakan kegiatan ini untuk mendukung serta mengoptimalkan potensi mahasiswa/i Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar melalui pelatihan dan bimbingan diantaranya pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Bussines Plan, Debat dan pembelajaran Bahasa Inggris yang dilakukan setiap pekan selama 1 bulan. Kegiatan ini dimulai sejak tanggal 20 Mei 2024 hingga 09 Juni 2024.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Dekan FKM yang diwakili Wakil Dekan I Safrizal, S.KM., M.Kes. Dalam sambutannya Wadek 1 memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut.  “Kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang di gelar oleh BEM FKM UTU, maka diharapkan kegiatan ini terus dikembangkan dan dilanjutkan pada tahun berikutnya”- ujar Safrizal

Ketua BEM FKM M.Qadri Al Qifar mengatakan kegiatan tersebut diadakan karena melihat adanya potensi dari para mahasiswa/i yang memiliki minat untuk meningkatkan prestasi namun terkendala dalam keterbatasan kemampuan dan pengetahuan sehingga kegiatan ini di cetuskan sebagai solusi dan wadah untuk mahasiswa/i.

“Kita harapkan dapat menjadi wadah berkreasi dan produktif sehingga dapat menjadi mahasiswa/i FKM yang Unggul dan mampu bersaingn dalam ajang Nasional dan Internasional serta kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan BEM FKM UTU”- ujar M. Qadri

Dalam laporan kegiatan, Ketua Panitia Pelaksana Novita Sari menyampaikan dalam kegiatan tersebut dilaksanakan tanpa adanya biaya registrasi dengan tujuan penuh pemberdayaan mahasiswa/i FKM UTU, Narasumber yang dihadirkan berjumlah 4 orang sesuai dengan kategori seminar dan pelatihan, adapun partisipasi dalam kegiatan ini berjumlah 78 peserta seminar dan 50 peserta pelatihan, sumber dana pada kegiatan ini berasal dari DIPA Ormawa BEM FKM UTU dengan output karya pada masing-masing bidang” Ujarnya.

Dalam pelaksanaan pelatihan Program Pengembangan Potensi Mahasiswa (P3M) ini mengundang Narasumber yang memiliki keahlian pada masing-masing bidang, diantaranya Pendampingan penulisan Karya Tulis Ilmiah didampingi Oleh Dr. Kiswanto, S.Pd., M.Si, pada pendampingan Bussines Plan didampingi oleh Dr. Wintah, S.Pd., M.Si, pada pelatihan Debat di dampingi oleh Rismawati,M.Pd serta pada pembelajaran Bahasa Inggris didampingi oleh Ana Elvia Jakfar, S.Pd., M.Ed.

Setelah pelaksanaan Program pengembangan potensi mahasiswa ini BEM FKM UTU juga menginisiasi diantaranya memberikan Golden Ticket pada para peserta yang memiliki nilai tertinggi dalam karya terbaik untuk mengikuti ajang perlombaan Nasional dan Internasional. (Humas UTU). 

MEULABOH – UTU | Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar (FKM UTU) mengapresiasi kepada Ormawa FKM. Apresiasi ini diberikan kepada tim pengusul yang telah lolos hingga tahap pendanaan BELMAWA pada ajang Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) Jum’at (24 Mei 2024).

Adapun 3 Ormawa yang memperoleh pendanaan tersebut diantaranya Ormawa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM FKM UTU), Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (HIMAKESMAS FKM UTU) dan Forum Penalaran Riset dan Kreatifitas Mahasiswa (Prisma FKM UTU).

Dalam hal ini, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar Dr.T.Alamsyah, S.KM., M.PH memberikan apresiasi kepada mahasiswa karena telah kembali membawa nama FKM dalam memperoleh peningkatan pendanaan PPK Ormawa tahun 2024. Hal ini tentunya membawa dampak positif dan memberikan motivasi kepada mahasiswa/i FKM untuk terus berprestasi sehingga melahirkan mahasiswa yang kreatif, inovatif dan berintegritas serta mampu mencapai prestasi setinggi-tingginya.

Selain Itu, Wakil Dekan 1 Safrizal S.KM., M.Kes menambahkan “Mahasiswa berprestasi harus menjadi contoh bagi teman-teman dan juniornya, sehingga kedepannya semakin banyak Mahasiswa yang menorehkan prestas,” ujarnya.

Sementara itu, M. Qadri Al Qifar selaku Ketua Ormawa Eksekutif tertinggi di tingkat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar menyampaikan turut bangga atas perolehan prestasi ini. Karena tidak hanya bertanggungjawab dalam pelaksanaan program kerjanya, namun juga dapat menyeimbangkan antara organisasi dengan akademisi.

Salah satu mahasiswa yang lolos pada tahap Pendanaaan PPK Ormawa, Yuni Septatia menyambut positif adanya apresiasi ini. Fakultas Kesehatan Masyarakat juga menyatakan prestasi tersebut sangat penting untuk Universitas maupun program studi, salah satunya dalam akreditasi. Pujian ini dijadikan sebagai pemacu untuk meraih prestasi pada kompetisi yang lain.

Para mahasiwa turut mengucapkan terimakasih kepada civitas Akademika FKM UTU yang telah membantu, memfasilitasi, dan mendukung pengembangan potensi Mahasiswa lewat Lomba. (Humas UTU). 

MEULABOHUTU | Sebagai bentuk kepedulian dan rasa kasih sayang kepada anak-anak panti. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar melaksanakan Pengabdian Anak Panti (PEKA) dengan tema “Mari Meraih Keberkahan Dibulan Ramadhan Dengan Bersedekah” pada Sabtu (23 Maret 2024) yang berlangsung di Panti Asuhan SOS Children Melaboh, Aceh Barat.

Mahasiswa yang terlibat dalam pelaksanaan program pengabdian kepada anak panti ialah mahasiswa yang berasal dari program studi Gizi dan kesehatan masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Ketua Pelaksana, Rauzah Humaira selaku Staff Departemen Pengabdian Masyarakat (PENGMAS) BEM FKM dalam laporannya menyampaikan bentuk kegiatan ini adalah pemberian donasi kepada 55 anak panti. Adapun donasi yang diberikan berupa 7 kotak baju layak pakai dan 55 paket buka puasa tutupnya.

Sementara Ketua BEM FKM, M. Qadri Al Qifar menyampaikan kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja Departemen PENGMAS BEM FKM. Harapannya dengan tersalurkan donasi ini dapat menjadi langkah awal untuk mewujudkan rasa kepedulian organisasi dilingkungan masyarakat.

Selain itu Yuni Septatia Selaku Sekretaris BEM FKM yang ditemani oleh Pengurus BEM FKM menyerahkan secara langsung donasi tersebut kepada pengurus dan Pembina. Hal ini disambut dengan sangat antusis dan ceria oleh anak-anak panti serta para pengurus dan Pembina Panti Asuhan SOS Meulaboh. Adapun sumber dana yang dihasilkan pada kegiatan ini melalui pengumpulan donasi secara online pada (15 s/d 22 Maret 2024).

Dikesempatan tersebut Dedy Taswiyah selaku Pengurus panti asuhan menyampaikan ucapan terima kasih kepada BEM FKM UTU yang telah memberikan bantuan kepada anak-anak panti, dan semoga kegiatan ini senantiasa terus bergulir secara rutin, ujarnya. (Humas UTU).

MEULABOHUTU | Ramadhan menjadi moment yang tepat untuk melakukan kebaikan dalam meraih kemulian, demi mencapai keberkahan menuju ke syurga Allah SWT. Keluarga Besar Organisasi Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar Periode 2024 (KBM ORMAWA FKM UTU) menyelenggarakan Buka Bersama dan Santunan Anak Yatim Jilid 4.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Cut Nyak Dhien, GKT, Kampus UTU mengusung Tema “Mempererat Silahturahmi dan Persatuan, Rajut Kebersamaan sampai ke Syurga Allah SWT” dilaksanakan pada Sabtu, 23 Maret 2024.

Dalam kegiatan Bukber Santuy 4 ini dihadiri oleh Wadek 1 Fakultas Kesehatan Masyarakat, alumni FKM, Demisioner BEM FKM, serta teman-teman oranisasi DPM FKM, BEM FKM, HIMAKESMAS, HIMAGI dan HIMAK3.

Ketua Pelaksana, Tina Wanti Sembiring dalam laporannya menjelaskan tujuan diadakannya BUKBER SANTUY ini untuk mempererat Ukhuwah Islamiyah antar dosen, mahasiswa, alumni FKM UTU serta tentunya dengan anak Yatim. “Bukber Santuy ini merupakan program tahunan Ormawa FKM yang rutin dilaksanakan setiap bulan Ramadhan,” kata Tina Wanti

Dalam Kegiatan ini tidak hanya buka bersama dan santunan anak yatim saja, namun kegiatan ini juga menghadirkan tausyiah yang dibawakan secara langsung oleh salah seorang Dosen Universitas Teuku Umar.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa M. Qadri Al Qifar dalam kesempatannya menyampaikan sebagai pemangku organisasi tidak hanya melaksanakan kegiatan penunjang integritas dan prestasi mahasiswa tapi juga pada kesempatan bulan yang penuh keberkahan ini kita melaksanakan kegiatan yang bersifat keagamaan sebagai ajang silaturrahmi dan pendekatan diri kepada sang maha pencipta.

Dekan FKM UTU dalam sambutannya yang di wakili oleh Wakil Dekan I Safrizal, M.Kes sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh ORMAWA KBM FKM UTU karena sudah menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang berlandaskan sosial dan saling membantu dengan sesama yang mana hal ini tidak terlepas dari pada perwujudan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penilitian dan Pengabdian Masyarakat.

“Kegiatan seperti ini perlu ditingkatkan, selain dapat mempererat silaturrahmi sesama pengurus Ormawa lingkup FKM, juga dapat bernilai ibadah dengan cara membantu anak yatim,” keta Safrizal

Adapun sumber dana pada kegiatan ini melalui Pengumpulan Donasi secara online dan offline. Pengumpulan donasi secara offline dilaksanakan di persimpangan lampu merah Meulaboh, Aceh Barat yang diikuti oleh seluruh ormawa FKM UTU, semantara pengumpulan Donasi yang dihasilkan secara Online dari para alumni FKM dan Demisioner BEM FKM.

Acara ini mengundang 30 anak yatim dan piatu diantaranya dari Gampong Langung dan Budha Tzu Chi Meulaboh Aceh Barat. Pada pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan tausyiah, kemudian dilanjutkan dengan berbuka bersama, dan Sholat berjamaah serta foto bersama. (Humas UTU).