MEULABOHUTU | Dalam rangka meningkatkan jumlah mahasiswa asing in bound (dari luar negeri ke Indonesia), Universitas Teuku Umar menjalin kerjasama dengan mitra lembaga pendidikan di luar negeri. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memfasilitasi dan menyambut kunjungan rombongan mahasiswa peserta “KOSASS Tour A Culture 4.0 (KTAC 4.0)” dari Kolej Sultan Alaeddin Sulaeman Shah (KOSASS) University Putra Malaysia.

Kegiatan tersebut berlangsung pada Senin (27/11/2023) di Auditorium Teuku Umar, Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU Alue Penyareng, Aceh Barat.

Prosesi penyambutan ini dihadiri langsung oleh Rektor UTU Prof. Dr. Ishak Hasan, M.Si, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Dr. T. Alamsyah, S.K.M., M.PH, Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Hamdi Harmen, M.Si, Dekan FPIK Dr. Ismail Sulaiman, S.TP., Maitrise, M.Sc IPU, Dekan Fakultas Pertanian Ir. Rusdi Faizin, M.Si, Ketua LPPM-PMP Ir. Yuliatul Muslimah, MM dan Wakil Dekan 1 FISIP Dr. Afrizal Tjoetra, M.Si.

Turut hadir Ketua Dharma Wanita Persatuan UTU, Ny. Emiwati Ishak, Koordinator Pusat Center for International Affair Refanja Rahmatillah, M.App.Ling, Kabiro AKPK Rinaldi Iswan, ST., M.Sc dan sejumlah pejabat UTU lainnya.

Rektor Prof Ishak Hasan, M.Si dalam sambutannya  mengapresiasi kegiatan tersebut, ia mengatakan bahwa Universitas Teuku Umar telah merancang sejumlah program kegiatan kolaborasi bersama antar dua lembaga ini, diantaranya Guest Lecture dan Student Mobility.

Rektor menambahkan, kegiatan tersebut menjadi momentum penting bagi UTU untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan perguruan tinggi di tingkat internasional, kampus University Putra Malaysia merupakan salah satunya.

“Ini satu momentum yang baik bagi mahasiswa UTU untuk memanfaatkan kesempatan untuk saling bertukar informasi dan pengalaman bersama mahasiswa UPM,” katanya

Program mobility Student ini kata Rektor, tidak hanya memberikan manfaat akademik, tetapi juga pengalaman yang berharga. Mahasiswa akan dapat mengembangkan pemahaman mendalam tentang memperkuat keterampilan bahasa asing, dan membangun jaringan kontak internasional yang berharga untuk masa depan karier mereka.

Universitas Teuku Umar juga memiliki jaringan mitra yang cukup luas untuk memastikan pengalaman belajar yang terbaik bagi mahasiswa yang terlibat dalam program ini.

“Semoga kunjungan ini tidak menjadi yang pertama dan mudah-mudahan menjadi permulaan yang baik untuk kerjasama dan kemitraan di masa mendatang,” kata Prof Ishak Hasan

Rektor menyebutkan bahwa Aceh dan Malaysia ibarat saudara jauh yang sangat dekat di hati. Sejarah telah mencatat hubungan Aceh dan Malaysia tidak terpisahkan dan terus terjalin hingga sekarang.

“Maka jangan menganggap tanah ini asing, anggaplah seperti pulang ke kampung sendiri. Mari kita perkuat persaudaraan ini lebih jauh ke ranah akademis. Persaudaraan akademik dalam ruang lingkup penguatan tridharma perguruan tinggi,” kata Rektor

Pada acara “Welcoming KOSASS UPM” tersebut, mereka diberikan informasi yang diperlukan untuk beradaptasi dalam ritme “Life in Aceh”. Mereka diberikan pemahaman tentang cuaca, hal-hal yang perlu diperhatikan selama tinggal di Aceh, serta informasi lain yang relevan. Tujuan acara ini adalah untuk memastikan bahwa para mahasiswa dari UPM  dapat merasa nyaman dan memperoleh pengalaman yang positif selama masa studi mereka di UTU yang akan berlangsung hingga 8 Desember 2023.

Melalui kolaborasi ini, UTU berharap dapat memperluas jaringan kerja sama internasionalnya serta memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu lingkungan melalui pertukaran pengetahuan dan pengalaman antara mahasiswa dari dua universitas yang berbeda.

Kedatangan mahasiswa dari UPM juga diharapkan dapat memberikan wawasan baru dan perspektif yang berharga bagi mahasiswa UTU, menciptakan lingkungan belajar yang beragam dan inspiratif.

Dengan adanya kesempatan ini, UTU menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dan membuka pintu bagi kerjasama internasional yang saling menguntungkan dalam bidang ilmu lingkungan dan penelitian.

Sementara En. Ahmad Alfan Hidayat bin Ahmad Khalili perwakilan pegawai KOSASS UPM dalam sambutannya mengapresiasi sambutan dari pihak Universitas Teuku Umar  dan mengharapkan peluang-peluang kerjasama ini dapat ditingkatkan kedepan. Dan diharapkan kepada petinggi UTU dapat mengunjungi UPM.

“Kami berterima kasih atas sambutan UTU dan Insya Allah kami akan mendukung program-program yang ditawarkan kedepannya seperti program pengabdian masyarakat, student mobility, kolaborasi riset dan lain sebagainya” ungkap En. Ahmad Alfan yang turut didampingi perwakilan Mahasiswa, KSJN Muhammad Ikbal bin Herman selaku Presiden Mahasiswa KOSASS UPM. (Aduwina Pakeh /Humas UTU)