MEULABOHUTU | Center for International Affairs (CIA) Universitas Teuku Umar menggelar sharing session bersama KOSASS Universiti Putra Malaya (UPM) di Aula Cut Nyak Dhien, Kampus UTU pada Senin (4/12/2023).

Korpus CIA UTU Refanja Rahmatillah, M.App.Ling mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian program “KOSASS Tour A’ Culture 4.0” yang berlangsung sejak 24 November – 8 Desember 2023.

Kegiatan sharing session melibatkan mahasiswa dari KOSASS UPM dan mahasiswa UTU sebagai bentuk studi banding antar student di tingkat internasional, berbagi pengalaman antara mahasiswa dari berbagai kategori dan profesional di bidang tertentu.

Program ini bertujuan untuk memberikan motivasi, inspirasi dan pengetahuan antar mahasiswa kedua Universitas, sehingga diharapkan dapat menjadi inspirasi dari poin-poin yang didiskusikan.

Menurut Refanja, melalui sharing session, hal ini secara signifikan akan membantu universitas meningkatkan kemampuan mahasiswanya untuk berinteraksi dalam pergaulan internasional dan menghadapi persaingan global.

Sharing Session ini diikuti oleh 32 orang yang terdiri dari 22  perwakilan dari UPM dan 10 orang dari UTU. Sharing session membahas mengenai tugas student di masing-masing universitas dan tantangan yang dihadapi dalam melaksanakan kegiatan internasionalisasi untuk mahasiswa.

Lebih lanjut, peserta melakukan brain storming untuk menemukan solusi mengenai tantangan dan masalah yang sering dihadapi oleh masing-masing pihak. Hal yang tidak kalah menarik dalam sharing session tersebut ialah tentang gagasan dan konsep yang menarik yang ditawarkan oleh para mahasiswa untuk pengembangan kampus dan mahasiswa.

“Diskusi ini menghasilkan banyak informasi yang bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai pembelajaran bagi masing-masing pihak dalam menghadapi urusan-urusan yang berhubungan dengan mahasiswa internasional serta agenda kampanye internasionalisasi untuk mahasiswa di kemudian hari,” pungkas Refanja. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).