MEULABOHUTU | Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Teuku Umar
H. Ibrahim Laweung HS, AMK, SKM,. M.NSc melakukan Monitoring Pelaksanaan Program PPK Ormawa Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (BEM FPIK) Universitas Teuku Umar di Kampung Pulau Baguk, Kecamatan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Rabu  (18/10/2023).

Dalam kegiatan monitoring tersebut, Warek III mengapresiasi tim pelaksana PPK Ormawa BEM FPIK UTU yang hampir 3,5 bulan ini konsisten dalam memberdayakan masyarakat di Kampung Pulau Baguk.

“Perjuangan tim selama pengabdian tentunya tidak mudah, apalagi mengingat lokasi pengabdiannya di Pulau Banyak yang termasuk daerah 3T. Apresiasi saya kepada tim pelaksana serta dosen pembimbing yang mampu menjadi motor penggerak bagi adik-adik mahasiswa yang berhasil membawa perubahan bagi masyarakat di Pulau Baguk,” ujar Ibrahim.

Selanjutnya, Dr. Muhammad Rizal, S.Pi., M.Si selaku dosen pembimbing tim PPK Ormawa menyebutkan bahwasanya tim terus berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat sehingga tercapainya kemandirian ekonomi sesuai dengan tujuan program yang sudah dirumuskan.

Dalam program tersebut, Tim pelaksana PPK Ormawa Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar mengajak masyarakat Kampung Pulau Baguk, Aceh Singkil untuk mengoptimalkan potensi perikanan melalui program Desa Preuneur.

Desa preneur merupakan perwujudan desa yang mampu menumbuhkembangkan kewirausahaan melalui unit-unit usaha yang digerakkan dan dilakukan oleh warga masyarakat secara terpadu dan berkelanjutan. Program ini berfokus pada pemberdayaan perempuan rumah tangga nelayan untuk dapat mengolah hasil
tangkapan nelayan.

Tim PPK Ormawa BEM FPIK UTU memiliki harapan yang besar dengan pelaksanaan program ini. Diharapkan program tersebut dapat membangkitkan semangat wirausaha di kalangan masyarakat sehingga mewujudkan program Desa Preuneur yang akan menjadi role model (DesaPercontohan) dalam pengembangan Desa Wirausaha di daerah lain. (Humas UTU).