MEULABOHUTU | Kelompok Kerja Arsiparis Universitas Teuku Umar kembali menyelenggarakan pelatihan pemberkasan arsip bagi Tenaga Kependidikan (Tendik). Adapun pelatihan ini diselenggarakan sebagai upaya dari UTU agar meningkatkan pengeimplementasian Tata Naskah Dinas dan Pengelolaan Arsip yang baik di lingkungan Universitas Teuku Umar.

Pelatihan yang diselenggarakan selama dua hari yaitu Kamis-Jum’at (1-2 Agustus 2024) menghadirkan dua narasumber yaitu Susanti S.Sos, M.Hum Arsiparis Ahli Madya di Deputi Penataan Arsip ANRI dan M. Ikhwan, S.Sos, M.Si Kepala BAST Aceh.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Cut Nyak Dhien, Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU yang diikuti sebanyak 100 peserta dari unsur Arsiparis, PLP, Operator Feader, Sinde dan staf UPT.

Rektor Universitas Teuku Umar, Prof Dr. Ishak Hasan, M.Si dalam sambutannya mengapresiasi atas terselenggaranya  inhouse training pemberkasan Arsip untuk Arsiparis dan Pengelola Arsip lingkup UTU.

Prof Ishak menyebutkan bahwa arsip merupakan memori. “Tanpa memori kita tidak dapat melangkah ke masa depan. Meskipun Kampus UTU berada di paling ujung barat Indonesia, namun semangat kita dalam berkolaborasi mengorganisir institusi tidak kalah dari yang lain agar bangsa kita lebih maju dan modern,” lanjutnya.

Terselenggaranya pelatihan ini diharapkan para arsiparis dan seluruh peserta dapat mengambil ilmu dari penyampaian materi dan dapat mengimplementasikannya demi Indonesia yang lebih modern, khususnya bagi Universitas Teuku Umar.

Azhari, M.Ag selaku Sekretaris Panitia penyelenggara, dalam laporannya menyampaikan pelatihan ini digelar untuk meningkatkan kesadaran terhadap fungsi dan peranan arsip sebagai bukti akuntabilitas kinerja dan mendukung proses pengambilan keputusan pada organisasi baik pemerintah pusat, daerah, bisnis, perguruan tinggi, dan lembaga lainnya.

Selain itu, pelatihan ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan manajerial bidang kearsipan, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang kearsipan, serta meningkatkan dan mengembangkan keterampilan di bidang kearsipan. (Aduwina Pakeh).