MEULABOHUTU | Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPM PMP) Universitas Teuku Umar melalui Pusat Pengembangan Kurikulum dan Bahasa melaksanakan workshop penyusunan buku ajar berdasarkan Project Based Learning (PBL) dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dalam pembelajaran bahasa, Selasa (20/2/2024).

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk pembaharuan dan pengembangan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi dari profil lulusan yang sangat berkaitan erat dengan kualitas perencanaan kegiatan belajar mengajar. Maksud dan tujuan dari kegiatan Workshop Penyusunan Buku Ajar dan RPS ini adalah menyusun RPS berdasarkan Case Study/Problem Based Study/Project Based Learning yang berpedoman pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Kegiatan Workshop ini dibuka oleh Ketua LPPM PMP UTU Ir. Yuliatul Muslimah, MP. Adapun Narasumber dalam kegiatan workshop ini adalah Prof. Dr. Usman Kasim, M.Ed dan dipandu Firman Parlindungan, S.Pd., M.Pd., Ph.D yang juga sebagai Korpus PPKB UTU.

Workshop ini diikuti oleh peserta yang terdiri dari dosen-dosen dari berbagai program studi lingkup UTU.

Ketua LPPM PMP Ir. Yuliatul Muslimah dalam sambutannya mengatakan penyelenggaraan workshop hari ini untuk menyusun buku ajar berbasis Project Based Learning (PBL) dan penyusunan RPS berdasarkan KKNI.

“Workshop ini diharapkan membantu para dosen pengampu menyusun buku ajar dan merancang perangkat pembelajaran sesuai format terbaru, sehingga terbentuk suasana kelas yang adaptif dan partisipatif,” kata Yuliatul Muslimah

Yuliatul Muslimah mengimbau seluruh peserta workshop untuk memanfaatkan momen ini secara optimal sehingga para tenaga pengajar bisa membuat perangkat pembelajaran berbasis MBKM. (Aduwina Pakeh / Zulfikar).