MEULABOHUTU | Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Teuku Umar, Ibrahim, SKM., MNSc beserta rombongan melakukan Monev KKN-reguler angkatan XX tahun 2023 ke Kabupaten Aceh Tengah, Senin (31/7/2023).

Warek III beserta rombongan mengunjungi sejumlah lokasi KKN di kecamatan Ketol, diantaranya ke Kampung Mancung Bawah, Kute Gelime, Genting Bulen, Burlah, Buge Ara, Kekuyang dan Bintang Pepara.

Dalam Monev tersebut, kepada mahasiswa, Ibrahim berpesan bahwa yang terpenting dari kegiatan utama adalah mahasiswa mampu mengimplementasikan IPTEKS dan mengembangkan softskill dari disiplin ilmu yang digelutinya.

Kegiatan tambahan bertujuan untuk membudayakan komunikasi dan kolaborasi antarmahasiswa dari perguruan tinggi dan program studi yang berbeda serta meningkatkan kualitas berpikir kritis di tengah masyarakat. Mahasiswa diharapkan sebagai pusat edukasi dan informasi bagi masyarakat di daerah-daerah.

Di samping itu, Warek juga meninjau dan mengevaluasi program yang telah dijalankan oleh mahasiswa, termasuk kondisi mahasiswa di lapangan yang juga menjadi perhatian Warek III beserta rombongan.

Di lapangan, mahasiswa melakukan program benah desa dan pemberdayaan potensi desa apalagi momen ini dekat dengan peringatan HUT RI Ke-75.

Sedangkan untuk program utama yaitu pengentasan Stunting, mahasiswa bekerja sama dengan dengan Puskesmas setempat melalui beberapa kegiatan sosial yang sekaligus digunakan untuk menjelaskan aktivitas anti stunting bagi ibu hamil, promosi kesehatan gigi dan mulut.

Dalam kesempatan itu, Wakil Rektor III menuturkan bahwa kegiatan penerjunan mahasiswa KKN-Reguler menjadi salah satu program unggulan dari Universitas Teuku Umar untuk berkontribusi langsung mendukung pembangunan di seluruh pelosok tanah air.

“Tidak semua universitas memiliki kegiatan turun ke lapangan seperti ini. Keikutsertaan mahasiswa dalam KKN dapat memberikan pembelajaran yang luar biasa, lebih dari yang ia dapatkan dari kampus,”paparnya.

Sebagai informasi KKN reguler angkatan XX tahun 2023 dilaksanakan di 10 kecamatan dalam kabupaten Aceh Tengah. Diikuti sebanyak 728 mahasiswa dan mahasiswi dari Universitas Teuku Umar selama 30 hari atau sejak 10 Juli hingga 10 Agustus 2023.

Kegiatan KKN ini mahasiswa diharapkan dapat memperoleh pengalaman hidup bermasyarakat dan dapat mengembangkan dengan menerapkan pengetahuan akademik.

Keberhasilan program kegiatan diukur dari sejauhmana mahasiswa memberi kontribusi salah satunya terhadap penanganan pencegahan stunting dalam masyarakat, mencari alternatif solusi, melakukan sosialisasi, komunikasi dan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk merealisasi solusi yang dipilih. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).