MEULABOHUTU | Wakil Rektor II Universitas Teuku Umar  Prof. Dr. Nyak Amir, M.Pd  didampingi oleh kepala sekretariat Baitul Mal Nagan Raya Firdaus, M.KM meninjau pelaksanaan ujian tulis rekruetmen tenaga profesional Baitul Mal, Senin (17/7/2023).

Pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT) itu berlangsung di laboratorium Teknologi Infomasi Komputer Universitas Teuku Umar, Alue Panyareng.

Ujian tulis dalam bentuk CAT merupakan program kerjasama antara Baitul Mal Nagan Raya dengan Universitas Teuku Umar dalam rangka  mendapatkan tenaga profesional Baitul Mal Nagan Raya yang berkualiatas, transparan & akuntabel.

Setelah ujian tulis selesai perserta yang dinyatakan lulus akan mengikuti proses fit and propertest oleh tim penguji independen dari UTU. Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan dua hari setelah proses ujian tulis di Universitas Teuku Umar.

Adapun peserta yang  mengikuti ujian tulis tersebut berjumlah 77 orang dengan komposisi pendaftar yaitu,
Bidang keuangan sebanyak 8 orang, pengumpulan 21 orang, pemberdayaan 25 orang, serta administrasi umum 23 orang.

Kepada tim Humas UTU, Prof Nyak Amir menyampaikan bahwa pelaksanaan tes berbasis CAT yang berlangsung di UTU dalam rangka rekrutmen pendamping profesional Baitul Mal Nagan Raya merupakan bagian implementasi kerjasama kedua lembaga.

“kita mengapresiasi Baitul Mal Nagan Raya yang melibatkan UTU baik pemanfaatan sarana dan prasarana maupun sumber daya manusia dalam proses seleksi tenaga profesional, diharapkan dari kegiatan ini terjalin hubungan yang baik untuk program-program dimasa akan datang,” Kata Warek II

Prof Nyak Amir juga mengapresiasi langkah lembaga baitul mal yang selama ini telah memberdayakan zakat dengan baik, tidak hanya untuk konsumtif saja, melainkan sudah ke tahap produktif.

Menurutnya upaya tersebut merupakan langkah yang tepat dalam memutus mata rantai kemiskinan di Aceh, khususnya di Nagan Raya karena jika bantuan diberikan dalam bentuk habis pakai, maka kemiskinan akan terus bertambah, bahkan lebih parah.

“Dengan adanya pendamping profesional ini kedepan, diharapkan kerja-kerja Baitul Mal akan lebih mudah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. (Humas UTU).