MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar (UTU) mengadakan sosialisasi dan promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) bagi lulusan dari Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMTA) dan sederajat tahun 2024 di Kabupaten Aceh Barat Daya.

“UTU terus berusaha memperluas akses kesempatan bagi putra-putri terbaik Indonesia untuk dapat mengenyam pendidikan di UTU dengan pola dan strateginya, di antaranya dengan menambah kapasitas atau kuota,” kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UTU, Ibrahim Laweung, SKM., MNSc dihadapan para kepala Sekolah, operator dan para siswa se Kabupaten Abdya di Aula Kantor Cabang Dinas Pendidikan setempat, Rabu (24/1/2024).

Ibrahim menjelaskan tahun 2024 kuota penerimaan mahasiswa baru sebanyak 2,700 orang, naik lebih dari 10% dari tahun 2023 lalu. Dari jumlah tersebut UTU menyediakan 40 persen melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), 50 persen melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan 10 persen melalui jalur mandiri.

“SNBP merupakan jalur seleksi nasional yang seleksinya berdasarkan prestasi, sedangkan SNBT seleksi melalui tes matematika, literasi dalam Bahasa Indonesia, literasi dalam Bahasa Inggris, dan potensi kognitif,” jelas Ibrahim

Saat ini, sedang berlangsung pembuatan akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) bagi sekolah dan siswa dimulai pada 8 Januari 2024 pada laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/, yang akan berakhir pada 8 Februari 2024 bagi sekolah dan 15 Februari 2024 bagi siswa.

Senada dengan Warek III, Dekan Fakultas Pertanian Ir. Rusdi Faizin, M.Si dalam kesempatannya juga meyakinkan para siswa di Abdya untuk memilih untuk melanjutkan kuliah di Universitas Teuku Umar. “UTU saat ini telah mengalami kemajuan yang sangat signifikan, gedungnya bagus, seperti Mall dan fasilitas lainnya seperti asrama, sarana olahraga, herbal park dan lain-lain tersedia,” ujarnya

Yang paling penting lanjutnya, UTU memberikan peluang besar untuk kuliah gratis, yaitu adanya kesempatan mendapatkan beragam beasiswa seperti beasiswa KIP-K, beasiswa Bank Indonesia, Aceh Carong, Baitul Mall, CSR Perusahaan dan lainnya.

Dalam kesempatan yang sama, Tim SNPMB UTU lainnya,
Iwandikasyah Putra,SP.,M.P (Kaprodi Agroteknologi), Ikhsanul Khairi, S.Pi., MSi (Kaprodi Perikanan) didampingi staf Akademik FISIP Roni Asriya, S.Pi menjelaskan seputar program studi yang ada di lingkup UTU.

Kepada siswa, Iwandika Syahputra menyampaikan bahwa prodi-prodi yang dapat dipilih di UTU adalah prodi yang sesuai dengan kebutuhan era saat ini, sehingga siswa diminta benar-benar memantapkan pilihan sebelum mendaftar ke salah satu program studi (prodi) di UTU.

Tahun ini, UTU akan menampung 2700 calon mahasiswa yang akan didistribusikan kepada 23 program studi dari 6 Fakultas yang ada di UTU.

Sementara itu, Kacabdin pendidikan wilayah Abdya Drs. Nasrun, MM dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada tim sosialisasi SNPMB UTU, menurutnya kegiatqn seperti ini sangat penting dilaksanakan, mengingat adannya informasi perubahan kebijakan dari pemerintah pusat yang perlu disampaikan kepada kepala sekolah dan para siswa.  Sebab, para siswa dan guru diharapkan dapat menerima informasi secara lengkap, untuk kemudian menjadi informasi awal, sebelum mendaftar ke perguruan tinggi.

“Kehadiran tim dari UTU sangat penting, karena kami sangat membutuhkan informasi secara lengkap terkait sistem penerimaan mahasiswa tahun ini, semoga putra putri terbaik di Abdya akan lulus diterima diperguruan tinggi negeri “ ujar Nasrun. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).