MEULABOHUTU | Menjelang pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK – SNBT) 2024, Universitas Teuku Umar sebagai salah satu pusat UTBK Perguruan Tinggi Negeri menyelenggarakan sosialisasi dan pengarahan bagi pengawas UTBK. Sosialisasi berlangsung pada Jum’at, 26 April 2024 yang bertempat di Gedung ITC, Kampus UTU.

Adapun jumlah pengawas yang mengikuti sosialisasi adalah 60 orang ditambah 13 orang pengawas cadangan.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Biro AKPK UTU Rinaldi Iswan, ST., M.Sc, Koordinator Pelaksana UTBK-SNBT UTU Heri Darsan, ST., M.T, para Penanggung Jawab Lapangan (PJL), Penanggung Jawab Ruangan (PJR) dan pengawas di lingkungan UTU.

Rinaldi Iswan yang mewakili Wakil Rektor Bidang Akademik / WR 1 Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc dalam sambutannya mengatakan UTBK ini merupakan kegiatan nasional yang pesertanya dari berbagai daerah, maka mohon kiranya ketertiban, kedisiplinan untuk melaksanakan ini.  “Di UTU kegiatan akan dipusatkan di Gedung ICT yang memiliki sejumlah ruangan yang akan diikuti oleh 1.767 peserta”, ungkap Rinaldi.

Lanjutnya, agar semua pengawas yang terlibat dalam penyelenggaraan UTBK SNBT UTU dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diberikan. “perlu dijaga koordinasi dan komunikasi, serta juga harus dipahami tupoksi dari para pengawas,” jelasnya

Paling penting adalah kedisiplinan harus dijaga, kehadiran harus sesuai dengan panduan yang ditetapkan. Selain itu pengawas dibantu panitia juga memastikan seluruh peserta dapat mengikuti ujian dengan baik dan lancar.

Sebagai narasumber dalam sosialisasi ini Heri Darsan, ST., MT turut menyampaikan uraian tugas Pengawas antara lain yaitu memeriksa peserta beserta barang bawaannya seperti: kacamata, jam tangan, bolpoin, dsb; Meminta kepada Peserta untuk mematikan seluruh perangkat komunikasi (telepon seluler, headset, smart watch, dan sejenisnya) dan dimasukkan ke dalam tas masing-masing; Memeriksa dan mencocokkan Daftar Hadir Peserta dengan Kartu Tanda Peserta; Mempersilahkan peserta untuk membaca petunjuk umum dan petunjuk khusus yang berada di aplikasi ujian.

Selain itu mempersilahkan peserta untuk melakukan latihan ujian dengan cara memasukan nomor peserta dan pin ujian (waktu latihan 5 menit); dan Membagikan Daftar Hadir Ujian Peserta sesuai sesi. Pengawas pada saat menjelang ujian juga melakukan verifikasi terhadap dokumen peserta.

Sebagai informasi UTBK-SNBT 2024 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2022, 2023, dan 2024 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2022, 2023, dan 2024 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2024).

Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Tes pada PTN Akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN).

Untuk materi UTBK meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika. Timeline kegiatan UTBK 2024, untuk UTBK Gelombang I pada tanggal 30 April dan 2-7 Mei 2024, dan Gelombang II pada 14 – 20 Mei 2024. Sedangkan pengumuman hasil seleksi SNBT 2024 pada 13 Juni 2024.

Pada UTBK 2024 setiap peserta hanya diperbolehkan mengikuti tes 1 (satu) kali, dan setiap peserta akan diberikan hasil tes secara individu. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).