MEULABOH – UTU | Dalam rangka menyemarakkan Ramadhan 1444 H, Universitas Teuku Umar (UTU) kembali menggelar safari ramadhan dalam rangka menyampaikan syiar Islam dan mempererat hubungan silaturrahmi antara UTU dengan tokoh agama dan masyarakat. Safari Ramadhan merupakan agenda rutin UTU di setiap bulan Ramadhan, tahun ini merupakan tahun ke-enam pelaksanaan safari ramadhan UTU.

Untuk tahun ini, Safari Ramadhan diadakan di dua Kabupaten yaitu Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Nagan Raya. Adapun teknis kegiatannya adalah, UTU mengirimkan tim safari ramadhan yang berjumlah 12 orang yang terdiri dari unsur pimpinan, dosen dan tenaga kependidikan. Adapun juru dakwah merupakan dosen yang berlatar belakang memiliki kemampuan ilmu Agama Islam yang mumpuni.

Pada Selasa, 4 April 2023 tim safari Ramadhan UTU yang pimpin oleh Kepala Biro Umum dan Keuangan, Zulfirman, SE., M.Si melaksanakan safari di Masjid Gampong Nigan, kecamatan Seunagan, Kab. Nagan Raya.

Kehadiran tim safari UTU disambut meriah oleh aparatur desa, BKM dan masyarakat Desa Nigan. Tim safari disuguhi menu berbuka puasa dengan lauk yang sedap dan banyak. Tim safari melaksanakan shalat magrib dan isya serta tarawih bersama masyarakat Nigan yang terkenal dengan keramahan dan ketaatannya.

Zulfirman dalam sambutannya mengatakan safari ramadhan merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap bulan Ramadhan dan digelar sejak tahun 2018 lalu.

“Ini salah satu kegiatan bermanfaat, dan sudah dilakukan selama 6 tahun berturut-turut sebagai penyemangat untuk melakukan ibadah,” Ujar Zulfirman yang juga mengatakan Safari Ramadan sebagai salah satu cara bertatap muka dan bersilaturahmi langsung dengan masyarakat, mengajak sivitas kampus untuk mendekatkan diri pada Allah SWT.

Dalam kesempatan tersebut, Zulfirman turut menyampaikan perkembangan kampus baik dalam bidang infrastruktur, sumber daya dan mahasiswa. “Alhamdulillah saat ini UTU memiliki 20 prodi dengan jumlah mahasiswa totalnya sebanyak 8 ribu lebih, dominannya dari Aceh Barat dan Nagan Raya,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Tim Safari Ramadhan UTU 2023, Tgk. Sulaiman Ali, MT mengapresiasi atas partisipasi keluarga besar UTU dan juga masyarakat yang menerima atau menjadi tuan rumah kegiatan safari ramadhan. “Ucapan terima kasih tak terhingga serta perasaan bangga dan bahagia yang luar biasa, atas kehadiran keluarga besar UTU yang hadir dalam menyertai kegiatan Safari Ramadhan tahun ini, semoga kebersamaan ini senantiasa terjaga dan dihitung sebagai ibadah d sisi Allah SWT.” Ujar Sulaiman Ali yang juga ketua DKM Kampus UTU.

Selanjutnya acara dilanjutkan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Ismu Ridha, MA, dosen lulusan Universitas Yarmuk – Jordania dalam bidang Ilmu Tafsir dan Ulumul Qur’an, adapun isi ceramah yang disampaikan yaitu tentang mensyukuri nikmat Allah dan juga membahas tentang perkara-perkara yang dapat menghapus pahala.

“Diantara perkara-perkara yang dapat menghapus pahala bagi seseorang adalah mereka yang tidak mampu menjaga lisannya, tidak mampu menjaga amal/tidak konsisten atau munafik, serta tidak mampu menjaga hati,” terangnya.

Allah SWT memerintahkan hamba-Nya untuk melakukan amalan soleh dengan penuh ketaatan untuk meraih pahala dari Allah SWT. Akan tetapi tahukah kita bahawasanya pahala amalan ibadah yang kita lakukan akan gugur dan terhapus  jika kita melakukan perbuatan-perbuatan yang melanggar perintah Allah.

Maka dari itu, melalui moment bulan suci ramadhan ini mari kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah dengan memperbanyak beribadah, shalat sunnat, membaca Al-Quran, bersedekah dan berbuat baik kepada sesama. “Selain itu hindari betul sifat-sifat yang dapat menghapus pahala seperti hasad dengki, ghadap (marah), mengghibah dan takkabur atau sombong,” pungkasnya (Aduwina Pakeh / Humas UTU).