MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar dan PT Solusi Bangun Andalas atau PT SBA bersepakat untuk melanjutka kerjasama yang sudah sejak lama terjalin atau tepatnya sejak kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada tahun 2020 lalu.

Untuk diketahui PT Solusi Bangun Andalas merupakan anak perusahaan PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI). SBI adalah sebuah perusahaan publik Indonesia yang merupakan bagian dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG).

SBI menjalankan usaha yang terintegrasi mulai dari semen, beton siap pakai, dan produksi agregat. Perseroan mengoperasikan empat pabrik semen di Narogong (Jawa Barat), Cilacap (Jawa Tengah), Tuban (Jawa Timur), dan Lhoknga (Aceh), dengan total kapasitas 14,8 juta ton semen per tahun, dan mempekerjakan lebih dari 2,400 orang.

Sejak Januari 2019, PT Solusi Bangun Andalas telah resmi menjadi perusahaan dibawah Badan Usaha Milik Negara dengan telah diakuisisinya perusahaan tersebut oleh PT Semen Indonesia Group (Tbk) dari PT. Holcim Indonesia yang merupakan sebuah perusahaan permodalan asing (PMA) sebesar 80,6 persen saham, yang sisanya sebesar 19,4 persen dikuasai oleh publik karena sebagai Perusahaan terbuka.

Perubahan nama perusahaan dilakukan menjadi PT Solusi Bangun Andalas yang merupakan perusahaan milik PT Semen Indonesia dibawah kendali PT Solusi Bangun Indonesia (Tbk). Dengan proses akuasisi tersebut, menjadikan Perusahaan Badan Usaha Milik Negara PT. Semen Indonesia Group (Tbk) menempatkan diri sebagai perusahaan dengan kapasitas produksi terbesar di wilayah Asia Tenggara.

Pada kunjungan kali ini dari pihak Universitas Teuku Umar hadir Rektor Dr. Ishak Hasan, M.Si, Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Irwansyah, ST., M.Eng., IPM, Kabiro Umum dan Keuangan Zulfirman, SE., M.Si dan Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik Ir. Maidi Saputra, ST., MT., IPM.

Pertemuan kali ini diawali dengan kata-kata penerimaan dan pengenalan profil perusahaan oleh General Manager PT SBA  dan juga dihadiri oleh GA dan Comrel Manager Tafaul Rijal serta Jeffry Kurniawan selaku PA-GM.

General Manager PT SBA M. Anwar B dalam paparannya  mengatakan bagaimana kisah perjalanan pabrik semen andalas yang sebelumnya bernama PT. Semen Andalas Indonesia atau yang lebih dikenal oleh masyarakat dengan penyebutan PT. SAI menjadi PT Semen Bangun Andalas atau PT SBA.

Sejarah perkembangan pabrik semen di wilayah Kecamatan Lhoknga ini tidak terlepas dari peristiwa tsunami yang menyerang wilayah pesisir aceh pada tahun 2004 silam, sehingga kondisi Pabrik Semen Lhoknga pada kondisi sekarang ini.

Pada pemaparan lainnya, Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Irwansyah, ST., M.Eng., IPM juga menyampaikan profil dari Universitas Teuku Umar kepada jajaran General Manager PT SBA dan juga mengelaborasi perkembangan Progam Merdeka Belajar Kampus Merdeka di kampus UTU.

Rektor, Dr. Ishak Hasan, M.Si yang hadir juga menyampaikan rasa terimakasih kepada pihak PT SBA yang selama ini telah mendukung program MBKM di Universitas Teuku Umar, dengan harapan kerjasama ini akan terus dilanjutkan yang ditandai dengan rencana penandatangan perpanjangan MoU yang telah berjalan selama 3 tahun belakangan ini, juga yang akan diwarnai dengan penambahan berbagai program MBKM kepada mahasiswa UTU. Akhir dari pertemuan ini dihiasi dengan penyerahan plakat dari pihak Universitas Teuku Umar kepada pihak PT Solusi Bangun Andalas yang diterima langsung oleh General Manager.