MEULABOHUTU  | Universitas Teuku Umar (UTU) dan PT MIFA Bersaudara membahas sejumlah peluang kerja sama bidang pendidikan sebagai upaya menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul untuk memenuhi kebutuhan industri di kawasan Barat Selatan Aceh.

Pembahasan tersebut dilakukan saat rombongan UTU yang dipimpin oleh Wakil Rektor II bidang Umum dan Keuangan Prof. Dr. Nyak Amir, M.Pd tim dosen UTU melakukan kunjungan ke PT MIFA, Senin (6/5/2024). Dalam kunjungan tesebut, Warek II UTU turut didampingi Wakil Rektor III Ibrahim Laweung, SKM., MNSc, Kabiro Umum dan Keuangan Zulfirman, SE., M.Si, Sekretaris LPPM-PMP Heri Darsan, ST., MT dan sejumlah dosen bidang terkait.

Rombongan UTU diterima langsung oleh Tengku Khaddafi (Div. Head CSR), yang turut didampingi T. Zulfikar (advisor), Helvi Yudho (Dept. Head SCR), Nazaruddin (Section Head Sustainabilty & ESG) dan Safrizal (Section Head Sosial, Infrastruktur, Health & Education) serta sejumlah staf lainnya.

Dalam pertemuan tersebut, Div. Head CSR PT Mifa Bersaudara Teungku Khaddafi menyampaikan sebagai perusahaan yang terus berkembang dan akan selalu berinovasi PT Mifa membutuhkan SDM yang kompeten. Sementara sebagai perguruan tinggi, UTU dinilai memiliki peran penting dalam menyiapkan SDM tersebut, sehingga PT Mifa sepakat melakukan perjanjian kerjasama dengan UTU di bidang pendidikan, penelitian dan pemenuhan SDM.

“Peran UTU sangat sentral untuk bisa menghasilkan sumber daya manusia yang dapat menunjang kebutuhan dunia industri,”ujar Khaddafi

Sementara, Wakil Rektor II UTU Pof Nyak Amir, M.Pd menyampaikan sebagai sebuah perguruan tinggi negeri yang sedang tumbuh dan berkembang, UTU ingin selalu mengenalkan diri dan menjalin kerja sama dengan stakeholder termasuk dunia industri. Karena UTU lahir atas kesepakatan, kerjasama, perjuangan masyarakat di wilayah Barat Selatan Aceh, utamannya 8 Kabupaten/kota yang mendiami kawasan ini.

“Kami bertekat ingin menjadi center of excellence di Aceh dan Indonesia secepatnya, sehingga program studi yang kami buka juga sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kurikulum dan lainnya menyesuaikan dengan kebutuhan, termasuk untuk menunjang dunia industri”ujar Prof Nyak Amir

Sebagai langkah lanjutan kerja sama yang telah terjalin, Wakil Rektor menyampaikan harapan agar mahasiswa UTU dapat melakukan magang kerja di PT Mifa. Selain itu turut dibahas peluang kerja sama lainnya seperti program bina desa, pemberian beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu, program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam kesempatan itu juga, Wakil Rektor III UTU Ibrahim Laweung, MNSc menyampaikan bahwa UTU pada tahun 2025 mendatang akan menyelenggarakan event olahraga tingkat mahasiswa terbesar di Aceh yaitu Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (POMDA), oleh karena itu pihaknya berharap PT. Mifa dan sejumlah industri lainnya yang ada di Aceh Barat dapat mengambil peranan sehingga kegiatan tersebut berlangsung sukses.

Ibrahim juga secara khusus mewakili Rektor dan segenap civitas akademika UTU berterimakasih kepada PT Mifa Bersaudara yang selama ini konsisten mendukung kegiatan tridharma Perguruan Tinggi UTU, termasuk dalam rangka penyediaan satu unit bus operasional kegiatan kemahasiswaan.

“Mobilitas mahasiswa UTU sangat tinggi, oleh karena itu adanya dukungan bus operasional dari PT. Mifa Bersaudara nantinya diharapkan dapat membantu kelancaran kegiatan kemahasiswaan,” kata Ibrahim.