MEULABOH | UTU – Pelaksanaan Universitas Teuku Umar Awards ke-9 atau The 9th UTU Awards sukses digelar. Untuk kedua kalinya sejak dilangsungkan Event UTU Awards tahun 2014 lalu, Universitas Teuku Umar mampu meraih juara umum dan mengamankan piala bergilir Kemendikbudristek di ajang kompetisi 9th UTU Awards Tahun 2023 yang proses penyelenggaraannya dimulai sejak 31 Oktober 2023.

Mahasiswa Universitas Teuku Umar berhasil unggul dari juara bertahan Universitas Brawijaya yang harus puas sebagai Juara II The 9th UTU Awards. Bagi Universitas Teuku Umar, capaian ini menyamai prestasi tahun 2020 lalu yang berhasil keluar sebagai Juara Umum the 6th UTU Awards.

UTU meraih juara umum setalah mampu merebut 3 juara dari 4 kategori perlombaan, yaitu dua juara 1 untuk masing-masing kategori riset kewirausahaan dan kategori toko online, serta juara 3 untuk kategori Produk Inovatif.

Pengumuman dan penyerahan hadiah kepada para juara dilakukan pada malam Anugerah UTU Awards, Sabtu (04/11/23) yang dilangsungkan di Auditorium Gedung Kuliah Terintegrasi (GKT), kampus UTU, Alue Penyareng, Aceh Barat.

Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si dalam sambutannya mengapresiasi atas keberhasilan penyelenggaraan The 9th UTU Awards 2023. Terkhusus rasa bangganya kepada para mahasiswa UTU yang mampu bersaing diajang nasional ini berhadapan dengan mahasiswa dari kampus ternama di Indonesia dan Malaysia.

Prof. Ishak Hasan melanjutkan, kompetisi UTU Awads yang diselenggarakan oleh UTU dalam beberapa tahun terakhir terus meningkat partisipasinya, bahkan tahun 2023 ini jumlah peserta mencapai 1.000 orang lebih dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia.

Jelasnya, ada empat bidang yang dilombakan pada UTU Award 2023, masing-masing  katagori Lomba Riset Kewirausahaan, Lomba Desain Toko online, Lomba Produk Inovatif, dan Lomba Perencanaan Bisnis.

“Lomba-lomba ini untuk memacu krestivitas mahasiswa. Dengan asah kreatif ini, UTU bisa menghasilkan manusia hebat. Kampus ini kami persiapkan untuk Infonesia juga untuk dunia. Bangsa kita ini, sebenarnya menjadi superior dan harus jadi bangsa yang maju di dunia,” kata Prof Ishak Hasan

Harus menjadi bangsa yang maju, karena kami diberi mandat oleh negara untuk memajukan Pendidikan di Aceh, Indonesia bahkan dunia. Kini yang menempuh Pendidikan di UTU dari Sabang sampai Meuroke.

Di UTU, kata Prof. Ishak Hasan ada mahasiswa dari Sulewesi, Bali, Papua dan lain-lain. Banyak para juara yang menempuh Pendidikan disini di bumi Teuku Umar yang mulai dicintai oleh mahasiswa luar.

Selamat untuk para pemenang dan terimakasih kepada seluruh mahasiswa yang telah berpartisipasi, sampai ketemu di The 10th UTU Awards tahun 2024 mendatang. Pungkas Dr. Ishak Hasan.

Untuk kategori riset kewirausahaan dengan dewan juri terdiri dari Prof. Dr.sc. Anuraga Jayanegara, M.Sc (dari Institut Pertanian Bogor), Dr. Ir. Hatma Suryatmojo, S.Hut., M.Si., IPU (dari Universitas Gajah Mada) dan Dr. Jumadil Saputra (dari Universiti Malaysia Terengganu). Para pemenangnya adalah juara 1 diraih Sania Alfiani dari Universitas Teuku Umar, juara 2 diraih Ega Hadi Styawan dari Universitas Brawijaya, dan juara 3 diraih oleh Eka Maryani Saputri dari Universitas Islam Indonesia. Sementara juara harapan 1 dan 2 masing-masing diraih Muhammad Harsa dan Muhammad Rayyan Nasution dari Universitas Sumatera Utara. Untuk juara favorit diraih Fahmi Azi Sitorus dari Universitas Teuku Umar dan Best Presenter diraih oleh Muhammat Rayyan Nasution dari USU.

kategori Desain Toko Online para dewan jurinya adalah Prof. Dr. Taufik Abidin, S.Si, M.Tech (dari Univ. Syiah Kuala), Ellya Zulaikha, S.T., M.Sn., Ph.D (dari Institut Teknologi Sepuluh November) dan Prof. Harry Budi Santoso, M.Kom., Ph.D (Universitas Indonesia). Untuk para pemenangnya adalah juara 1 diraih Ladani dari Universitas Teuku Umar, juara 2 dan 3 diraih Khairurrijal dan Muhammad Nabil Azra dari Universitas Syiah Kuala. Sementara juara harapan 1 diraih oleh Putri Zafronul Azni Syafi’i dari UIN Sunan Kalijaga dan juara Harapan II diraih oleh Ibrahim Muhammad Yusuf dari USK. Untuk juara favorit diraih Nila Pingkan Nauntika dari Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Best Presenter diraih oleh Ladani dari UTU.

Sementara untuk produk inovatif berbasis pertanian & kelautan, para pemenangnya adalah juara 1 diraih Zahrah Afifah dari IPB University, juara 2 diraih oleh Rahma Khusniawati dari Universitas Brawijaya dan Juara 3 diraih oleh Genta Abiem Alfarizi dari Universitas Teuku Umar. Untuk juara harapan 1 diraih oleh Raninda Cantika dari Universitas Palangkaraya. Untuk best presenter dan juara favorit masing-masing diraih oleh Rahma Khusniawati dari UB dan Arya Gading Harap dari UTU. Untuk kategori ini para dewan jurinya adalah Dr. Syahril Chaniago, M.Si (dari Perwakilan Kemdikbudristek), Dr. Mursyidin Zakaria, MA (dari Universitas Malikussaleh) dan Dr. Rahmat Pramulya, S.TP., M.M (Universitas Teuku Umar).

Terakhir untuk kategori perencanaan bisnis dimana dewan jurinya terdiri dari Dr. Wisnu Sakti Dewobroto, M.Sc (dari Kemendikbudristek), Dr. Endang Sulistya Rini,
M.Si (dari Universitas Sumatera Utara), dan  Radityo Putro Handrito, Ph.D (dari Universitas Brawijaya). Dimana para pemenangnya adalah juara 1 diraih Hamdan Fuadi dari UB, juara 2 diraih Andi Mahatir dari IPB University, juara 3 diraih Luke Gilbert Buysang dari USU. Sementara untuk juara harapan 1 dan 2 masing-masing diraih Muhammad Hasan Fu’adi dan Nelfira Upika dari Universitas Airlangga dan Universitas Syiah Kuala.

Sementara itu Wakil Rektor III UTU Ibrahim Laweung HS, SKM., MNSc dikesempatan berbeda menjelaskan total hadiah yang diperebutkan dalam kompetisi 9th UTU Awards 2023 sebanyak 229,5 Juta Rupiah + program pertukuran pelajar ke Luar Negeri. Tim Juri UTU Awards juga didatangkan dari berbagai Perguruan Tinggi Se-Indonesia.

Untuk membangun suasana tak monoton, setiap satu katagori pengumuman juara usai dibaca, MC langsung diselingi dengan penampilan nyanyian oleh penyanyi  UTU dan juga tarian dari UKM UTU. Malam Anugerah UTU Awards 2023 berlangsung meriah, para undangan betah mengikuti hingga akhir acara pukul 00.00 WIB dini hari.

Hadir dalam kegiatan malam Anugerah UTU Awards 2023, Analisis Kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Dr Syahril Chaniago, Danrem 012/Teuku Umar Kolonel Inf Riyanto, S.IP, Kepala LLDikti Wilayah XIII Aceh Dr. Rizal Munadi, MM., MT, Pj Bupati Aceh Barat, Wakil Rektor I,  Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc, Wakil Rektor II Prof. Dr. Nyak Amir, M.Pd dan Wakil Rektor III Ibrahim Lawung, SKM., MNSc, para Dekan Fakultas di Lingkup UTU, serta para tamu undangan. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).