MEULABOH – UTU | Unit Kegiatan Mahasiswa Penanggulangan Kebencanaan Universitas Teuku Umar (UKM-PK UTU) melaksanakan Latihan Pendidikan Dasar Penanggulangan Kebencanaan (LPDPK) angkatan VIII bagi calon anggota baru.

Kegiatan yang mengusung tema “Membentuk relawan berkualitas, tanggap akan situasi dan Tangguh dalam menghadapi bencana,” dilaksanakan di Gampong Sabet, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya selama 4 hari mulai 20 – 23 Oktober 2023.

Dalam siaran pers yang dirilis pada Jum’at (20/10/23) Didit Nazar Prianda, selaku Ketua Panitia Diksar menjelaskan, Indonesia dengan segala potensi benacananya harus memiliki relawan yang tangguh dan siap dalam segala situasi dan kondisi. “Seperti tema yang kami usung pada tahun ini, kami ingin calon-calon anggota nantinnya akan kuat dan tangguh,” tuturnya.

Pada Diksar kali ini, lanjutnya, jumlah peserta yang mengikuti Diksar yaitu sebanyak 15 orang. “Semoga seluruh peserta dapat mengikuti rangkaian kegiatan Diksar dengan baik serta dapat menjadi ujung tombak mahasiswa UTU yang peduli terhadap segala bentuk kebencanaan,” pungkasnya

Pembina UKM PK, Rony Arif Munandar mengaku bangga dengan antusias yang ditunjukkan oleh para peserta. Kegiatan semacam ini adalah kesempatan untuk mengasah skill mahasiswa, karena mahasiswa yang berorganisasi akan mendapatkan banyak pelajaran dibanding yang tidak.

“Dengan mengikuti organisasi ini, kalian akan mendapatkan manfaat yang semoganya nanti dapat berguna bagi perkembangan organisasi dan diri kalian sendiri,” tandasnya.

Sementara itu, dalam acara pelepasan yang dilaksanakan pada Jum’at (20/10/2023) di halaman Gedung Rektorat UTU, Wakil Rektor III, H. Ibrahim Laweung, SKM., M.NSc dalam sambutannya mengingatkan bahwa kegiatan kemanusiaan merupakan ladang amal dan harus tetap aktif mengambil kesempatan untuk membantu sesama karena membantu tidak harus selalu berupa materi.

“Khususnya kalian para relawan, jangan hanya jadi penonton, kalian harus inisiatif. Semoga nantinya kalian bertahan sampai akhir dan jangan lupa jaga kesehatan,” tutup Ibrahim (Humas UTU).