MEULABOHUTU |Selama tiga hari, 4 – 6 Desember 2023, Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar melaksanakan External Audit ISO 9001:2015 Management System.

Audit Eksternal ini dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi ISO. Pelaksanaan audit ini untuk memeriksa apakah Fakultas Teknik mampu melaksanakan standar pelayanan sebagaimana disyaratkan oleh Auditor Eksternal untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015 dan 21001:2018.

Area yang masuk dalam audit adalah pelayanan yang diberikan untuk program pendidikan sarjana dari ke empat program studi di lingkungan FT UTU yaitu: Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Sipil dan Teknologi Informasi; serta pelayanan penunjang yang diberikan oleh Dekanat (Bagian umum dan keuangan, bagian akademik, kemahasiswaan dan Alumni).

ISO 9001:2015 dan ISO 21001:2018 adalah dua standar internasional yang diterbitkan oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO). ISO 9001:2015 yang juga populer dengan Sistem Manajemen Mutu adalah standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu suatu organisasi.

Standar ini dirancang untuk membantu organisasi mencapai kepuasan pelanggan dengan meningkatkan efektivitas proses internal mereka, dengan beberapa indikasi yang menjadi tolok ukur diantaranya orientasi pelanggan, kepemimpinan, keterlibatan pihak, pendekatan proses, dan peningkatan berkelanjutan.

Sedangkan ISO 21001:2018 atau Sistem Manajemen Pendidikan adalah standar internasional yang menyediakan panduan untuk mengimplementasikan sistem manajemen pendidikan. Standar ini ditujukan untuk organisasi pendidikan, seperti pada perguruan tinggi dan lembaga pendidikan lainnya, dengan fokus pada pemenuhan kebutuhan peserta didik dan pemangku kepentingan, dengan beberapa indikator juga yang menjadi sasaran diantaranya Fokus pada Mahasiswa, Partisipasi Pihak Pemangku Kepentingan, Pendekatan Berbasis Resiko, Keterbukaan dan Transparansi, serta Peningkatan Berkelanjutan.

Fakultas Teknik menjadi yang pertama dilingkup Universitas Teuku Umar dalam upaya implementasi ISO 9001:2015 dan ISO 21001:2018. Hal itu di mulai dengan tahapan persiapan dan pendampingan yang dilaksanakan oleh PT DECRA INTERNASIONAl yang dimulai dari 10 Oktober 2023 sampai akhirnya dilakukan penilaian lapangan oleh auditor.

Audit ekternal sertifikasi ISO berdasarkan Audit Plan yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi ISO, menugaskan M. Ainun Najib selaku Lead Auditor untuk melakukan Audit Standard untuk ISO 9001:2015 dan 21001:2018 di Fakultas Teknik. Bertindak sebagai management representative (MR), Ir. Maidi Saputra, S.T., M.T., IPM bertanggung jawab penuh terhadap jalan nya audit dan pelaksanaan sistem mutu, serta mengkoordinasi dengan semua jajaran manajemen di tingkat Jurusan dan Fakuktas Teknik.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar Dr. Ir. Irwansyah, ST., M.Eng., IPM menegaskan akan pentingnya penerapan standarisasi tingkat internasional di FT UTU untuk memantapkan alur proses bisnis yang berbasis risiko serta persiapan Fakultas Teknik untuk akreditasi internasional di tahun mendatang.

“Atas terlaksananya kegiatan ini, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada unsur pimpinan universitas mulai dari Rektor, seluruh Wakil Rektor dan para Kabiro yang telah memberikan dukungan penuh,” kata Dekan

Serta yang teristimewa beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh Tim ISO tingkat Fakultas dan Jurusan, Unit kerja penjaminan mutu, unsur pimpinan Fakultas, Jurusan hingga Laboratorium dan seluruh dosen serta mahasiswa di Fakultas Teknik.

Sementara itu Wakil Rektor III Ibrahim Laweung HS, SKM., MNSc mewakili Rektor dalam sesi penutupan kegiatan mengatakan bahwa Pimpinan Universitas mulai dari Rektor dan seluruh unsur pimpinan sangat mendukung upaya dari Fakultas Teknik untuk mengimplementasi standar ISO 9001:2015 dan ISO 21001:2018 dan merupakan inisiasi pertama ditingkat Fakultas untuk menuju Fakultas berstandar internasional. (Humas UTU).