MEULABOHUTU | Dalam rangka mendorong mahasiswa menjalankan wirausaha dan sebagai upaya meningkatkan ekosistem kewirausahaan perguruan tinggi, Universitas Teuku Umar melalui Pusat PKM menggelar Workshop Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Tahun 2024 yang berlangsung pada Rabu (6/3/2024) di ruang Aula Cut Nyak Dhien, GKT, Kampus UTU.

Sosialisasi menghadirkan narasumber berkompeten yaitu Dr. Wisnu Sakti Dewobroto, ST., M.Sc yang merupakan reviewer nasional P2MW dengan materi Strategi Penyusunan Proposal P2MW menuju pendanaan Tahun 2024.

Acara dibuka secara resmi oleh Rektor UTU, Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si yang turut dihadiri Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan dan Alumni, Ibrahim, SKM, MNSc. Dalam sambutannya Dr. Ishak Hasan mengungkapkan bahwa entrepreneurship adalah sektor usaha yang paling kuat ketika menghadapi resesi. Salah satu keberhasilan Perguruan Tinggi adalah menghasilkan wirausahawan-wirausahawan yang tangguh.

“Program ini adalah program yang sangat bagus. Sebagai lulusan perguruan tinggi, mahasiswa dapat memilih passionnya, salah satunya sukses menjadi seorang wirausaha,” ucap Dr. Ishak Hasan

Ia berharap pada kegiatan ini mahasiswa melalui bimbingan dari para PIC dan dosen pendamping mampu menangkap potensi-potensi yang bisa memiliki prospek yang besar untuk didanai. Dengan pendanaan yang relatif terbatas, paling tidak mahasiswa mampu memberi bekal untuk pengembangan bisnis-bisnis berikutnya.

Lanjut Rektor, sepanjang tahun 2023, UTU telah berhasil menorehkan prestasi yang cukup baik dalam berbagai bidang, maka ditahun 2024 ini kita terus berusaha meningkatkan usaha  melalui pelaksanaan Tridharma termasuk prestasi mahasiswa salah satunya kewirausahaan.

Rektor berharap workshop ini akan menghasilkan proposal berkualitas dengan tim yang tangguh serta siap berkompetisi secara nasional dalam mencapai prestasi di bidang kewirausahaan.

Sementara itu Koordinator Pusat PKM UTU, Yarmaliza, SKM., M.Si dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas proposal P2MW melalui workshop mengenai program kewirausahaan baik yang diselenggarakan UTU maupun Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Melalui sosialisasi ini pihaknya ingin memberikan informasi terkait program tersebut. Kegiatan wirausaha merupakan salah satu kegiatan MBKM yang merupakan juga salah satu pendukung pencapaian IKU Perguruan Tinggi.

Pihaknya mengapresiasi atas kehadiran para peserta yang sudah mendaftar. Dukungan seluruh pihak sangat dibutuhkan dalam kegiatan kewirausahaan dan memberikan apresiasi atas dukungan yang diberikan seluruh pihak terkait.

P2MW merupakan program pengembangan usaha mahasiswa yang telah memiliki usaha melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melakukan pendampingan serta pelatihan (coaching) usaha kepada mahasiswa peserta P2MW. Perguruan tinggi diharapkan merancang proses pembinaan kewirausahaan yang berprinsip pada pengembangan karakter inovatif, berdampak, dan berkelanjutan.

Perguruan Tinggi didorong untuk mengembangkan program-program pembinaan kewirausahaan, jejaring kerja sama Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) serta menciptakan ekosistem yang kondusif untuk pengembangan kewirausahaan berbasis pada pengalaman (experiential learning). (Aduwina Pakeh / Humas UTU)