MEULABOHUTU  | Perhimpunan Pengelola Laboratorium Pendidikan Indonesia (PPLPI) Universitas Teuku Umar menggelar diskusi & workshop tentang kompetensi pengelola Laboratorium Pendidikan. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU Pada Rabu-Kamis, 21-22 Juni 2023.

Kegiatan yang mengangkat tema “Optimalisasi kompetensi Pengelola Laboratorium Pendidikan dalam meningkatkan kualitas laboratorium berstandar SNI/ISO/IEC 17025 : 2017,” ini menghadirkan dua narasumber yang berkompeten tentang Kompetensi PLP yaitu Sofyan, S.Si,.M.Si (Ketua Umum PPLPI Pusat) dan Hari Yuliansyah, S.T., M.T (PT. Intertek Utama Sevice).

Suci Sunandar, S.TP selaku ketua panitia pelaksana diskusi & workshop dalam laporannya menyebutkan bahwa kegiatan yang diprakasai oleh PPLPI UTU ini diikuti oleh 85 orang peserta baik dari internal UTU maupun PTN lainnya yang ada di Aceh.

Kegiatan Workshop ini dibuka oleh Rektor UTU yang diwakili Wakil Rektor II bidang Umum dan Keuangan, Prof. Dr. Nyak Amir, M.Pd. Dalam sambutannya Warek menyebutkan bahwa laboratorium merupakan unit penunjang akademik dalam rangka mewujudkan fungsi tri dharma perguruan tinggi, pendidikan, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Prof Amir menambahkan, optimalisasi peran dan fungsi laboratorium penting untuk ditingkatkan, mengingat keberadaannya sangat trategis dalam rangka  terciptanya lulusan perguruan tinggi yang unggul baik dalam konteks keilmuan maupun skil keterampilan, sehingga lulusannya bisa berdaya guna pada saat kembali kepada masyarakat.

“pimpinan UTU sangat berkomitmen untuk terus meningkatkan ketersediaan kebutuhan alat dan bahan yang dibutuhkan  di laboratorium, sehingga keberadaan pengelola lab dapat profesional dan berkompeten dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya dengan baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Azwar MPH, selaku Koordinator PPLPI UTU mengatakan kegiatan tersebut di harapkan dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme para pengelola laboratorium baik sains maupun sosial.

“Kegiatan ini sangat penting dalam rangka mewujudkan visi misi Universitas Teuku Umar sebagai kampus sumber Inspirasi dan referensi dalam sektor Agroe and marine industri,” Pungkasnya. (Aduwina Pakeh/Humas UTU).