MEULABOHUTU | Tingkat kehadiran peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berbasis Tes di Universitas Teuku Umar 2024 cukup tinggi atau berada diatas 92 persen.

Berdasarkan data yang didapat dari Panitia Lokal pelaksana UTBK UTU tingkat kehadiran peserta hingga Senin (6/5/2024) adalah sebagai berikut sesi 1 mencapai 90,00 persen, sesi 2 sebesar 96,00 persen, sesi 3 mencapai 90 persen, sesi 4 sebesar 91.00 persen. Berikutnya sesi 5 mencapai 86,00 persen, sesi 6 sebanyak 92,00 persen, sesi 7 yaitu sebanyak 90,00 persen dan terakhir pada sesi 8 yaitu 91.00 persen.

Dalam kegiatan Konferensi Pers, Senin (6/5/2024), Wakil Rektor 1 UTU Dr Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc mengatakan kegiatan UTBK di UTU berjalan dengan lancar. “Alhamdulillah kita telah meninjau ke sejumlah ruangan tempat dilaksanakannya tes dengan panitia semua berjalan dengan baik dan sampai sekarang tidak ditemukan hal-hal yang mencurigakan,” kata M. Aman Yaman

Warek 1 yang juga Ketua Pelaksana UTBK SNBT UTU tersebut mengatakan, adapun berkaitan adanya sejumlah peserta tidak hadir disebabkan oleh banyak faktor, seperti faktor sakit dan lainnya. “Kita tidak bisa sepenuhnya mendeteksi faktor-faktor yang menyebabkan ketidakhadiran tersebut,” kata M. Aman Yaman yang turut didampingi Kabiro AKPK Rinaldi Iswan, ST., M.Sc selaku Sekretaris Pusat UTBK UTU.

Sementara Koordinator Pelaksana UTBK UTU Heri Darsan, ST., MT mengatakan keterlambatan peserta dianggap sebagai ketidakhadiran. “Peserta harus datang ke lokasi ujian paling lambat 30 menit sebelum ujian dimulai. Peserta yang terlambat dengan alasan apa pun sejak waktu tes dimulai TIDAK
DIPERBOLEHKAN mengikuti ujian.” kata Heri

Lanjutnya, para peserta juga dilarang menggunakan kaos oblong dan wajib memakai sepatu sebagaimana isi panduan yang jauh hari telah disebarluaskan.

Kata Heri, UTBK di UTU diikuti sebanyak 1,767 peserta yang akan dilaksanakan hanya pada gelombang I. “Semua mekanisme yang dipersyaratkan oleh Panitia Pusat UTBK-SNBT, telah dipatuhi oleh Panitia Pelaksana UTBK-SNBT tahun 2024 Universitas Teuku Umar,” Kata Heri

Ia menuturkan, pada tahun 2024 ini, Universitas Teuku Umar menyediakan 5 ruangan untuk pelaksanaan UTBK-SNBT dengan masing-masing ruangan disediakan 30 komputer inti dan 3 komputer cadangan. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).