MEULABOHUTU | Tim Robot Terbang dari Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar   kembali memperoleh pencapaian gemilang sebagai salah satu Finalis Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2023 yang diselenggarakan oleh BPTI dan ITERA selaku tuan rumah di Tulang Bawang, 23-26 September 2023.

Dalam ajang tersebut, UTU mengirimkan dua tim untuk berkompetisi, yaitu Tim UNTEMA yang mengikuti kategori Teknologi Development sayap pesawat dengan berbahan baku serat pisang yang mudah didapat di daerah Barsela.

Kedua tim tersebut berhasil lolos ke babak final dan bersaing dengan tim-tim dari perguruan tinggi lainnya di Indonesia. Namun, pada akhirnya kedua tim tersebut harus puas meraih posisi ke-5 dan ke-7 Nasional.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UTU Ibrahim, SKM., MNSc, yang hadir saat opening ceremony KRTI 2023, memberikan apresiasi kepada Tim UNTEMA, sebagai utusan UTU dalam kompetisi pada tingkat nasional dengan tema “Menuju Kemandirian Teknologi Wahana Terbang Nir Awak untuk Kehidupan Tatanan Baru Berkelanjutan” ini.

“Dengan berpartisipasinya tim UTU dalam Kontes Robot Terbang ini, diharapkan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk mengembangkan diri dan berprestasi. Tim ini menunjukkan contoh nyata tentang pentingnya semangat kompetitif dan kerja keras dalam menghadapi tantangan di bidang aeronautika,” sebutnya.

Lanjutnya, capaian ini sudah cukup baik bagi UTU. “Kita akan terus berupaya meningkatkan prestasi mahasiswa dalam ajang KRTI di tahun-tahun mendatang,” kata Warek III

Pada kesempatan yang sama, Pembimbing Mahasiswa UNTEMA, Syahrul Fathi, ST., MT yang juga hadir saat acara pembukaan KRTI 2023 menyebutkan, Lomba KRTI merupakan ajang tahunan yang dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

“Kita akan memberikan bimbingan dan pelatihan yang lebih intensif kepada mahasiswa agar dapat meraih prestasi yang lebih baik di ajang KRTI tahun depan,” kata Syahrul Fathi

Sebutnya, ajang KRTI ini diikuti oleh 112 tim dari 42 perguruan tinggi se-Indonesia. Universitas Teuku Umar yang dalam hal ini diwakili oleh Tim UNTEMA, rutin lulus dan sampai pada tahap nasional. ” jelasnya.

KRTI merupakan ajang Kompetisi Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh BPTI setiap tahun. Ajang ini bertujuan untuk mendorong peningkatan kreativitas dan inovasi mahasiswa di bidang riset dan teknologi

Pada KRTI tahun ini, lanjutnya, melombakan empat divisi (kategori) utama, yang teridiri dari, Divisi Racing Plane, Divisi Fixed Wing, Divisi Vertical Takeoff Landing (VTOL), dan Divisi Technology Development. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).