MEULABOHUTU | Kegiatan seleksi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Tingkat Provinsi Aceh tahun 2023 telah dilaksanakan. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Kantor Dinas Syariat Islam Aceh, Senin (13/11/2023).

Tiga Dosen Universitas Teuku Umar yang mengikuti seleksi berhasil meraih Juara MTQ KORPRI Tingkat Provinsi Aceh yaitu Makalah Ilmiah Alquran Putri meraih Juara 1 atas nama Fathayatul Husna, MA, Dakwah Quran Putra meraih Juara 3 atas nama Ismu Ridha, MA., Ph.D, dan Hafalan Surat Albaqarah Putra meraih Juara 3 atas nama Abu Hasan Makmun, S.Sy., MMA.

Untuk para Juara 1 akan menjadi duta Provinsi Aceh pada MTQ KORPRI Tingkat Nasional pada tahun 2024 di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Kegiatan MTQ KORPRI ini adalah ajang 2 tahunan yang dilaksanakan secara berjenjang sampai Nasional. Tujuannya adalah untuk memperoleh para ASN yang mampu memahami Al Qur’an dan mengaktualisasikan dalam kegiatan sehari – hari.

Adapun cabang yang di musabaqahkan pada MTQ Korpri Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2023 ini diantaranya, tilawah, tartil, tahfidz ( juz ‘amma, Al-Baqarah, Ali Imran, An Nisa’, 7 surat pilihan), khattil Qur’an, Makalah Qur’an, Dakwah Qur’an, Khutbh Jum’at, Cabang Do’a, Azan.

MTQ yang diselenggarakan oleh Pengurus Korpri Aceh (Badan Kepegawaian Aceh) mulai tanggal 13 – 16 Nopember 2023 di Kompleks Dinas Syari’at Islam Provinsi Aceh ini diikuti oleh 200 peserta.

Saat ditanya bagaimana perasaannya ketika berhasil meraih prestasi di ajang ini, Fathayatul Husna merasa bangga dan senang karena dapat membawa nama UTU ke ajang yang bergengsi ini. “Tentunya senang, sangat bersyukur sekali karena bisa mengharumkan nama kampus, tempat pengabdian selama ini,” ucap Dosen Prodi Ilmu Komunikasi tersebut

Selanjutnya ia juga menuturkan, pentingnya kemampuan memotivasi diri demi pengembangan potensi diri, terutama sebagai ASN. “Intinya, jangan mudah menyerah, terus meningkatkan potensi yang ada agar bisa terus bermanfaat untuk bangsa dan negara terutama demi Universitas Teuku Umar,” tutupnya.

Rektor Universitas Teuku Umar Prof. Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si mengapresiasi Dosen UTU yang telah mengukir prestasi Tingkat Provinsi Aceh. Harapannya, terus berlatih dan mempersiapkan diri agar meraih prestasi terbaik di Tingkat Nasional.

Menurut Prof Ishak prestasi yang ditorehkan Dosen UTU pada berbagai musabaqah dan kompetisi harus terus dipertahankan serta dilakukan pembinaan secara berkelanjutan dan membangun kerja sama dengan instansi terkait.

Rektor juga mengharapkan agar terus meningkatkan kompetensinya di bidang sehingga memperoleh prestasi lebih gemilang pada masa yang akan datang dan juga menegaskan bahwa prestasi tersebut merupakan implementasi dari salah satu unsur dalam Tridharma Perguruan Tinggi. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).