MEULABOHUTU | Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar (BEM FP UTU) bersama masyarakat Gampong Meureubo menyelenggarakan kegiatan “Penebaran Bibit Ikan Lele Sangkuriang” di lokasi budidaya ikan lele, gampong Meureubo, Kamis (14/9/2023).

Kegiatan tersebut turut dihadiri beberapa instansi dan mitra tim PPK Ormawa FP UTU diantaranya Wakil Dekan 1 FP, Kaprodi THP, Kaprodi SDA, Camat Meureubo, Keuchik dan perangkat gampong, Kelompok Pokdakan Meureubo, Humas PT. Mifa Bersaudara, DKP Aceh Barat, PT. Tani Bakti Fulan Mandiri dan pengurus BEM FP UTU.

BEM FP UTU terus berkomitmen melakukan pengembangan potensi Gampong Meureubo guna peningkatan kualitas perekonomian masyarakat melalui program smart farming melalui pembuatan Bioflol, LEISA, Aquaponik, Rumah Bibit Sederhana, Produk Turunan Ikan Asap dan Pemasaran Melalui Digital Marketing.

“Melalui program ini, kami tim PPK Ormawa BEM FP UTU ingin ikut serta berpesan mendorong masyarakat Gampong Meureubo dalam mengembangkan potensi yang dimilik dengan memaksimalkan pemanfaatan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusianya, sehingga adanya kegiatan produksi untuk meningkatkan produktivitas Gampong Meureubo dan harapan kami kegiatan ini bersifat keberlanjutan serta mendapatkan dukungan dari instansi yang hadir agar harapan kita dapat terwujud” ujar Cut Linda Nazhari selaku Ketua Tim Pelaksana PPK Ormawa BEM FP UTU.

Kegiatan penebaran bibit dilaksanakan guna melanjutkan progres kegiatan tim pelaksana hingga hasil panen dari Bioflok menjadu produk ikan asap, dimana harapannya produk ini akan menjadi produk khas Gampong Meureubo dengan memanfaatkan perkarangan rumah.

Dedy Darmansyah, SP., MSi selaku dosen pendamping lapangan menyampaikan bahwa Tim PPK Ormawa BEM FP UTU sudah sepakat dan berkomitmen hingga kegiatan tuntas untuk menfasilitasi masyarakat baik dalam kegiatan pelatihan ataupun sebagai narasumber.

“Kita sudah sepakat dan satu hati untuk menjadikan Gampong Meureubo sebagai desa sentra ikan asap agar dikenal secara luas oleh masyarakat luas dengan adanya aluran pemasaran digital marketing. Syaratnya masyarakat harus lebih pintar dari pembudidaya lain dan mengejar desa lain, kelompok yang telah di bentuk oleh tim bersama Dinas Kelautan & Perikanan Aceh Barat harus kompak dan maju bersama baik kelompok Ayeum Mata & Hudep Beusare” Ujar Dedy Darmansyah

Diakui Rusli, Keuchik Gampong Meureubo bawa masyarakat sangat berkeinginan besar dalam meningkatkan potensi baik sumber daya alam & sumber daya manusia, namun masyarakat belum memiliki pemahaman dan tidak adanya yang memfasilitasi untuk mengembangkan usahanya. Maka dari itu, ia sangat mengapresiasi dan sangat terbantu dengan adanya program mahasiswa PPK Ormawa BEM FP UTU.

“Selama kegiatan PPK Ormawa BEM FP UTU ini kami sudah sering berdiskusi bersama adik-adik mahasiswa jujur kami sendiri masih sangat minim dalam pemahaman bidang akademik dan lain nya, dengan adanya dukungan dari mahasiswa maupun dosen UTU diharapkan usaha masyarakat akan ada media pengembangan dan juga masyarakat sangat antusias berpartisipasi dalam setiap kegiatan dan dengan adanya kegiatan penebaran bibit ikan ini juga menjadi wadah silaturahmi antara gampong dengan beberapa instansi,” kata Keuchik Rusli

Kami memohon untuk dari pihak-pihak instansi yang hadir untuk dapat ikut serta membantu dalam kegiatan peningkatan pertumbuhan perekonomian masyarakat kami di Gampong Meureubo. “Kami menucapkan terimakasih kepada para pihak baik dari PT Mifa, Dinas Kelautan & Perikanan, UTU, Camat, dan lainnya agar terus berkelanjutan kegiatan ini kedepannya” tambah Muhammad Daud selaku Sekretaris Desa di Gampong Meureubo.

Camat Kecamatan Meureubo, Maimun Adma juga turut hadir memenuhi undangan tim pelaksana dalam kegiatan penebaran bibit ikan lele sangkuriang, dan beliau merasa bangga dan salut dengan mahasiswa UTU yang sangat peduli kepada masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi, salut dan juga bangga kepada adik-adik mahasiswa yang aktif berperan dalam lingkungan masyarakat, padahal yang kita ketahui sekarang mahasiswa hanya fokus pada kegiatan kampus saja. Namun berbeda dengan mahasiswa dari Tim PPK Ormawa BEM FP UTU yang aktif memberdayakan masyarakat dan bertujuan memperbaiki perekonomian masyarakat khususnya di salah satu Gampong yang ada di Kecamatan Meureubo, tentunya ini perlu kita berikan penghargaan dan rasa terima kasih kita akan seluruh kegiatan yang dilaksanakan dengan tulus dan maksimal seperti kegiatan hari ini” ujar Maimun

Pihak Dari PT MIFA Bersaudara Kab. Aceh Barat ikut berpartisipasi hadir dalam kegiatan penebaran bibit ikan lele sangkuriang yang dilaksanakan oleh Tim Pelaksana PPK Ormawa Bem FP UTU.

“Kami memberikan apresiasi kepada adik-adik mahasiswa yang tergabung dalam Ormawa FP UTU yang berhasil menang dalam program PPK Ormawa Dikti tahun 2023 dibawah bimbingan pak Dedy Darmansyah, SP., MSi., Kami berharap kedepan UTU bisa bersinergy dengan program One Village One Product (OVOP) CSR PT Mifa dan Dinas Perikanan dan Dinas Pertanian, khususnya di gampong-gampong binaan kami” ujar Azizon Nurza selaku Pimpinan (Group Head CSR, External Realtions dan Corporate Communication) PT MIFA Bersaudara Kab. Aceh Barat.

Kepala Dinas Keluatan & Perikanan juga turut hadir dalam kegiatan ini “Intinya saya mendukung penuh kegiatan itu baik dari hulu sampai dengan hili, semoga kegiatan bersifat berkelanjutan dan bermanfaat bagi kita semua dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Gampong Meureubo” ujar Erni Wanti, S.H., MSi selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Aceh Barat. (Humas UTU).