MEULABOHUTU | Rektor Universitas Teuku Umar Prof. Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si dikukuhkan sebagai Guru Besar di Bidang Ilmu Koperasi, Kamis (16/11/2023). Prosesi pengukuhan dilakukan di Aula AAC Dayan Dawood Universitas Syiah Kuala dengan khidmat ditandai dengan penyematan lencana Guru Besar oleh Ketua Senat USK Prof. Dr. Drs. Zamzani, M.Pd.

Sebelum disematkan lencana, Ishak Hasan menyampaikan orasi ilmiah bertajuk Revitalisasi Nilai, Kelembagaan dan Bisnis Inti Koperasi Menghadapi Era Ekonomi Digital Guna Meningkatkan Daya Hidup Koperasi di Indonesia. Ishak Hasan ditetapkan sebagai Guru Besar berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor: 51642/M/07/2023

Prof Ishak dalam pidato pengukuhannya sebagai Guru Besar  menyampaikan gagasan langkah transformasi dalam bidang koperasi diantaranya revitalisasi nilai, ada tiga nilai sentral sebagai dasar dari falsafah  sosial sistem koperasi yaitu nilai keadilan, kesamaan hak dan saling menolong.

Selain itu, lanjut Prof Ishak untuk meningkatkan daya hidup koperasi melalui kelembagaan dan bisnis inti menghadapi era ekonomi digital perlu dilakukan beberapa penguatan. “Untuk memaksimalkan peran koperasi di Indonesia diperlukan penguatan kelembagaan dan kewirausahaan; penguatan insfrastruktur, teknologi digital dan cooperative network serta penguatan partisipasi anggota,” kata Prof Ishak

Lanjutnya, juga diperlukan penguatan pasar internal koperasi, penguatan efisiensi dan produktivitas koperasi di Indonesia.

“Koperasi tidak boleh menghindar dari perkembangan teknologi Informasi yang sangat masif, koperasi harus terhubung dan mengintegrasikan usahanya dengan teknologi digital dan penguatan jaringan usaha antar koperasi,” kata Prof Ishak

Sementara itu Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan dalam sambutannya meyakini bahwa dengan dicapainya jabatan akademik tertinggi sebagai guru besar, Prof. Ishak Hasan dapat terus meningkatkan peran dan fungsi mewujudkan Universitas Teuku Umar yang ia pimpin sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berperan penting dalam peradaban kehidupan bangsa.

“Dengan dilaksanakannya pengukuhan guru besar ini, diharapkan mampu mendharmabaktikan ilmunya bagi kemajuan bangsa dan negara,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan pengukuhan guru besar Prof. Dr. Ishak Hasan tersebut diantaranya Rektor senior UTU, Prof. Dr. Jasman J Ma’ruf, SE., MBA, Tokoh Pembangunan dan Pendidikan Aceh Barat, Dr (HC) H.T. Alaidinsyah (Haji Tito), para Wakil Rektor Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc, Prof. Dr. Nyak Amir, M.Pd dan Ibrahim HS SKM., MNSc, para Dekan, Para kepala biro UTU dan sejumlah tokoh akademisi USK yang pernah mengabdi sebagai pimpinan di UTU.