MEULABOHUTU | Sebanyak 728 Mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) yang tersebar di 110 Kampung di Kabupaten Aceh Tengah telah selesai melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan XX Tahun 2023.

Acara penarikan sekaligus penjemputan dilakukan di masing-masing Kantor Camat yaitu 10 kecamatan tempat berlangsungnya KKN. Kegiatan tersebut sebagai tanda berakhirnya kegiatan KKN yang telah berlangsung selama satu bulan sejak 10 Juli 2023 lalu.

Penyerahan kembali mahasiswa KKN dilakukan oleh Pj Bupati Aceh Tengah, Ir. T. Mizuan, S.T., M.T diwakili Camat kecamatan Bintang, Erfan Julianto kepada Rektor UTU Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si yang diwakili Wakil Rektor III Universitas Teuku Umar, Ibrahim, SKM., MNSc.

Dalam acara penarikan tersebut dihadiri pula Kapolsek Bintang, Danramil Bintang, seluruh Reje /kepala Desa, Mahasiswa peserta KKN, Dosen Pendamping  Lapangan dan anggota LPPM, serta Panitia KKN.

Wakil Rektor dalam sambutannnya memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada mahasiswa UTU untuk mengaplikasikan ilmunya melalui kegiatan KKN di wilayah Aceh Tengah.

KKN ini memberikan pengalaman yang luar biasa kepada anak-anak kami, terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Aceh Tengah untuk kesempatan yang telah diberikan kepada mahasiswa kami. “Dengan KKN ini adik adik sudah membuktikan bahwa tidak ada jarak antara perguruan tinggi dengan masyarakat, dimana adik adik mampu beradaptasi dan membaur dengan kehidupan di masyarakat dengan baik.” Kata Ibrahim

Pengalaman yang sudah didapatkan menjadi hal yang tak terlupakan bagi adik adik, semoga bermanfaat bagi kehidupan di masa mendatang bagi adik adik dan juga masyarakat, terutama tetap dijaga silaturrahmi yang sudah terjalin dengan baik di Gampong.

“Semoga kehadiran Mahasiswa KKN UTU angkatan XX tahun 2023 selama sebulan ini, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat desa. Kami juga memohon maaf, jika ada hal yang kurang berkenan selama mahasiswa kami melakukan aktivitas KKN mereka,” Ucap Warek III

Senada dengan Wakil Rektor, Camat Bintang dalam kesempatan menyampaikan pesan, agar silaturrahmi yang sudah dibangun mahasiswa UTU dengan masyarakat Gampong tetap dijaga dengan baik. Selain itu Camat mengatakan, bahwa Aceh Tengah akan selalu siap dan bersedia menerima mahasiswa KKN dari Universitas Teuku Umar di masa mendatang.

“Kami pemerintah Aceh Tengah dengan tangan terbuka siap menerima mahasiswa UTU yang akan KKN di sini dimasa mendatang, meskipun ada  berbagai keterbatasan, namun KKN mahasiswa tetap memberikan banyak manfaat yang dapat kita rasakan bersama.” kata Camat

Lanjut dikatakan, program kerja para mahasiswa sangat mendukung program pemerintah daerah terutama dalam usaha pencegahan dan penuntasan stunting. Dengan kreatifitas, inovasi, kolaborasi semua pihak yang telah digagas, telah menghasilkan dampak yang sangat positif bagi masyarakat di lokusnya masing-masing.

“Saya berharap kepada para Reje agar apa yang telah diprogramkan dan dikerjakan oleh Adik-adik Mahasiswa bersama masyarakat, kiranya dapat dilanjutkan dengan dukungan sumber daya yang dimiliki,” ucapnya.

Pesan dan Kesan KKN turut disampaikan oleh salah seorang Reja mewakili para Reje lainnya, “Alhamdulillah selama mahasiswa melaksanakan kegiatan KKN telah berjalan dengan baik, tidak ada terjadi hal hal negatif, tidak ada kendala yang cukup berarti. Semuanya berjalan baik dan lancar. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada adik adik, dimana program yang dilaksanakan selama KKN jadi peninggalan dan bermanfaat bagi gampong,.”

Tidak ketinggalan perwakilan mahasiswa, turut  menyampaikan kesan dan kesan selama KKN di Aceh Tengah, ”Banyak hal yang positif yang kami dapatkan selama KKN di sini. Dimana kami ikut serta dengan masyarakat di sini dalam kegiatan mereka sehari hari. Misalnya saja kami ikut ke kebun kopi sebagai mata pencaharian utama masyarakat sehari hari di kecamatan Bintang, dan itu menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi kami.” katanya

“Kami tidak akan melupakan ikhtiar dan baktinya selama kami berada disini. Kami bukan putra Gayo, kami tidak mengenal tutur seperti apa bahasa asli disini, tetapi yang kami berada disini adalah keinginan kita bersama untuk membangun daerah, dimana setiap orang bisa berkontribusi sekecil apapun yang dapat menghadirkan kemanfaatan,’” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini juga diserahkan sertifikat penghargaan dan ucapan terimakasih  dari Universitas Teuku Umar kepada Pemerintah Aceh Tengah. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).