MEULABOHUTU | Dalam rangka meningkatkan kemampuan penelitian dan penulisan karya ilmiah, Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Teuku Umar melaksanakan bimbingan teknis Penulisan Jurnal Artikel Ilmiah Internasional Bereputasi, 17-18 Oktober 2023.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Iskandar Muda, lantai II GKT tersebut diikuti oleh seluruh staf pengajar Prodi Sosiologi, perangkat pimpinan Prodi, dosen lainnya di lingkungan Universitas Teuku Umar serta di-back-up oleh tenaga kependidikan FISIP dan Prodi Sosiologi.

Pelatihan ini didasarkan kepada kebijakan MBKM dan Permendikbud nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) dan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Republik Indonesia Nomor 3/M/2021 tentang Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri (IKU PTN) agar dapat meningkatkan kompetensi dosen di bidang penulisan karya ilmiah, termasuk karya tulis yang dapat menembus jurnal internasional bereputasi.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Universitas Gadjah Mada, Profesor Dr. Irwan Abdullah bersama tim yaitu Dr. Hasse Jubba, M.A. dan Dr. Mustaqim Pabbajah, M.A. dengan materi diantaranya: pemetaan modal menulis artikel; metode PREC ( point, reason, evidence dan conclusion); belantara jurnal (tips dan trik mencari jurnal yang dituju); pendampingan penulisan artikel dan finalisasi draf artikel ilmiah dan tanya jawab. Peserta kegiatan terdiri dari 50 orang dosen lingkup FISIP UTU.

Rektor Universitas Teuku Umar Prof. Dr. Drs. Ishak Hasan, M. Si. diwakili Dekan FISIP Basri, SH., MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa Universitas Teuku Umar masih sangat muda dosennya juga masih muda, untuk itu  bimtek ini diharapkan agar artikel  mereka dapat berhasil menembus jurnal internasional bereputasi.

Mengawali kegiatan, juga dilangsungkan penandatanganan MoU antara UTU dengan Founder Yayasan Irwan Abdullah Cendekia (YIAC). Selanjutnya, penandatanganan MoA antara Dekan FISIP dengan Direktur YIAC serta diikuti dengan penandatanganan kerjasama antara Ketua Program Studi Sosiologi dengan Direktur YIAC.

Kaprodi Sosiologi, Dr. Akmal Saputra, MA kepada Humas UTU mengatakan peningkatan kompetensi dosen terkait publikasi yang saat ini tentu saja merupakan tuntutan yang harus kita lakukan selaku dosen di lingkungan perguruan tinggi. “Penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh dosen harus memiliki dampak dan manfaat yang bisa sampai kepada masyarakat, tidak hanya di Indonesia tetapi juga cakupan yang lebih luas” ungkap Dr. Akmal

Dr. Akmal juga menyampaikan bahwa publikasi hasil penelitian dosen dalam bentuk artikel ilmiah pada jurnal internasional merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan IKU 5 yang berkaitan dengan kinerja dosen sehingga dampaknya dapat dirasakan dan diadopsi masyarakat atau juga memperoleh rekognisi internasional. (Humas UTU).