MEULABOH – UTU | Kurikulum Program Studi Kesehatan Masyarakat mewajibkan mahasiswanya mengambil Praktek Belajar Lapangan (PBL) yang dilaksanakan setiap tahun pada semester Ganjil dan semester Genap. Pada tahun ini pelaksanaannya telah dilakukan selama tiga pekan untuk mahasiswa berada di lapangan atau luar kampus.

Pelaksanaan kegiatan PBL kali ini dilakukan secara serentak antara PBL I dan PBL II mulai dari tanggal 8 s.d 27 januari 2024 dengan lokasi prakteknya yang berbeda yaitu di puskesmas sebagai lokasi PBL I dan di Desa atau Gampong sebagai Lokasi PBL II yang ada di wilayah kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Nagan Raya.

Selama dilokasi PBL mahasiswa mendapatkan data untuk kemudian dianalisis secara teknis dan menemukan permasalahan untuk kemudian dibuat perencanaan dan di intervensi guna memecahkan permasalah Kesehatan Masyarakat.

Setelah mahsiswa peserta PBL melakukan semua kegiatan selanjutnya pada hari Rabu tanggal 28 Februari 2024 mereka melakukan seminar hasil pelaksanaan PBL dari lokasi masing-masing untuk mempresentasikan kegiatan yang selama ini sudah dilakukan secara sistematis sesuai dengan ilmu dan teori selama ini yang di dapatkan dari kampus.

Pada kegiatan ini ketua Prodi Kesehatan Masyarakat FKM UTU Maiza Duana, SKM., M.Kes dalam sambutan nya menyampaikan harapan semoga dengan PBL ini dapat meningkatkan ilmu dan skil mahasiswa yang telah memperoleh ilmu langsung di lapangan dalam Praktek Belajar Lapangan.

Dekan FKM Dr. T. Alamsyah, SKM., MPH. dalam sambutan nya juga menyampaikan kegiatan PBL ini merupakan suatu proses akademik yang merupakan pembelajaran dilapangan dimana selama ini mahasiswa telah mendapatkan pengetahuan dasar belajar dikelas dan dilapangan berbeda hasilnya dan banyak terdapat beberapa permasalahan yang diluar dari teori dan perencanaan kita.

Harapannya kedepan mahasiswa terus banyak melakukan survey permasalahan Kesehatan Masyarakat agar dapat melakukan intervensi yang banyak terhadap permasalahan Kesehatan yang ada dimasyarakat.

Adapun kegiatan seminiar hasil PBL ini juga dihadiri oleh supervisor/pembimbing lapangan dari lokasi dan dosen pembimbing lapangan. Peserta PBL I berjumlah 165 mahasiswa dan Peserta PBL II berjumlah 174 mahasiswa. Pelaksaan kegiatan seminar hasil dilaksanakan 2 sesi yaitu PBL I dilaksanakan pada sesi 1 Pagi Hari dan PBL II dlaksanakn pad asesi 2 siang ahari sampai dengan selesai.

Dalam melakukan seminar hasil juga dilakukan penilai terhadap masing-masing kelompok yaitu penilaian Poster PBL, Video kegiatan PBL dan presenter terbaik laporan PBL kelompok, sebagai reward kelompok yang menjadi pemenangnya diberikan sertifikat penghargaan. Tutur Jun Musnadi Is, SKM., M.Kes selaku ketua panitia PBL Prodi Kesmas FKM UTU. (Humas UTU).