MEULABOHUTU | Program Studi ilmu komunikasi Universitas Teuku Umar mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis penyusunan dan pengukuran CPL dan CPMK Prodi ilmu Komunikasi dengan tema Implementasi PERMENDIKBUDRISTEK No. 53 Tahun 2023 Melalui Bimbingan teknis penyusunan dan pengukuran CPL dan CPMK Prodi ilmu Komunikasi.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, yaitu 6 dan 7 Maret 2024 di ruang bertempat di Aula Iskandar Muda GKT Gedung C. Bimtek ini merupakan rangkaian kegiatan dari persiapan prodi ilmu komunikasi dalam menghadapi reakreditas prodi pada tahun 2023 nanti.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Dekan 1 dan II Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yaitu Dr. Afrizal Tjoetra, S.Pd., M.Si dan Phoenna Ath-Thariq, S.H., L.L.M. Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, para kaprodi dan sekprodi di lingkungan fakultas ilmu sosial dan ilmu politik dan dosen, alumni prodi ilmu komunikasi, serta turut dihadiri oleh stakeholder dari Diskominfotik Nagan raya dan juga perwakilan RRI Aceh Barat.

Afrizal Tjoetra dalam pembukaannya menyatakan harapan yang sangat besar agar kegiatan bimtek ini dapat meningkatkan kesuksesan prodi ilmu komunikasi dalam menyusun persiapan akreditasi untuk mencapai peringkat unggul di tahun 2025 nanti.

Pemateri Bimtek kali ini adalah Dr. Muhamad Sulhan, S.IP., M.Si yang merupakan Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Gajah Mada dan juga sekaligus Asesor Ban-PT dan Lembaga Akreditasi Mandiri Sosial, Politik, Admnistrasi dan Komunikasi (LAMSPAK).

Kegiatan hari pertama dimulai dengan pengantar persiapan penyusunan dan Pengukuran CPL dan CPMK, materi membahas tentang bagaimana fenomena peralihan kegiatan akreditasi yang dulunya dikelola oleh BAN-PT ke pihak Lamspak sebagai pelaksana akreditasi mandiri sesuai dengan bidang keilmuan. Lembaga Akreditas Mandiri ini akan mulai diresmikan pada tahun 2023 lalu dan mulai aktif di bulan mei 2024 nanti.

Pada hari kedua kegiatan diisi dengan pelatihan penyusunan CPL dan CPMK, dan serta dihadiri oleh ketua prodi Ilmu administrasi negara dan ketua prodi sosiologi dan ketua prodi hukum. Disamping membahas penyusunan CPL dan CPMK Prodi Ilmu komunikasi, pemateri juga ikut membahas salah satu CPL dan CPMK dari mata kuliah dari prodi ilmu administrasi negara. (Ashabul Yamin/Ilkom)