MEULABOHUTU | Program Studi Ilmu Administrasi Negara (IAN) pada Rabu (16/8/2023) menggelar kegiatan Silaturrahmi Mahasiswa Baru (SIMBA) tingkat Program Studi.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 132 orang mahasiswa baru, seluruh dosen prodi dan tenaga kependidikan. Selain itu, kegiatan SIMBA turut didukung oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara (HIMADISTRA).

Dalam sambutannya, Nodi Marefanda, S.Pi., M.AP selaku Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Negara FISIP UTU, memperkenalkan dosen-dosen serta tenaga akademik di Prodi IAN serta menerangkan mengenai sistem perkuliahan.

“Saya ingin sampaikan kepada semua anak-anak ku mahasiswa baru Prodi IAN Tahun 2023. Kegiatan yang kita ikuti ini, SIMBA merupakan sarana, untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru, dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri. Kemudian, mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru,” jelasnya.

Nodi Marefanda mengucapkan mahasiswa yang sukses adalah mahasiswa yang mampu mensinergikan segala potensi diri yang Allah titipkan kepada saudara untuk meraih prestasi akademik, pribadi mulia dengan kekuatan akhlak dan budi pekerti.

“Hal ini, yang dapat menjadi modal untuk berkiprah, berkarya dan meniti karir. Guna meraih cita-cita dan masa depan yang membanggakan diri dan keluarga,” tandasnya

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi pengenalan portal pintoe yang merupakan akses bagi mahasiswa untuk mengisi krs dan aktivitas perkuliahan lainnya, yang disampaikan oleh M. Akbar Ichtiar, S.AN.

Dilanjutkan oleh Muntaha Mardhatillah, S.A.P., M.A.P dan  Zuhrizal Fadhly, S.E., M.Si yang mengenalkan materi TPMJ dan LAB perkantoran. Selanjutnya Materi Organisasi dan manajemen waktu disampaikan oleh Ilham Mirza Saputra, M.AP dan Fadli Afriandi, S.IP., M.A.

Berikutnya Materi Peluang Karir dan Motivasi disampaikan oleh Agus Pratama M.A.P dan Ikhwan Rahmatika Latif, M.I.P serta materi materi pentingnya literasi oleh Siti Jahria Sitompul, M.Pd.

Adapun Dr. Ikhsan, M.IP dan Dr. Vellayati Hajat, M.A yang menyampaikan materi mengenai karakter dan Etika Mahasiswa. Mereka menjelaskan bahwa untuk menciptakan perilaku yang baik dan benar kita harus memiliki komitmen dan kegigihan dari dalam diri sendiri serta pandai memilih teman yang baik.

“Kalau kita mau jadi orang sukses, komitmen, kegigihan, dan positive thinking serta tidak bergaul dengan orang yang perilakunya mempengaruhi kita untuk menjadi tidak baik,” jelas Dr. Ikhsan

Materi juga disampaikan oleh Ita Cahyati, S. AN., selaku alumni Ilmu Administrasi Negara FISIP UTU yang menceritakan kehidupannya selama berkuliah di Prodi Ilmu Administrasi Negara sehingga para mahasiswa baru mendapat gambaran mengenai kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan ketika menjadi mahasiswa.

Lalu acara dilanjutkan oleh Cut Annisa, salah seorang mahasiswa berprestasi UTU dari Prodi Ilmu Administrasi Negara dengan materi peran dan Fungsi Himpunan Ilmu Administrasi Negara (HIMADISTRA).

Selain pemberian materi, mahasiswa baru diajak untuk bermain permainan permainan seru yang telah dipersiapkan oleh panitia.

Dengan pemberian materi-materi tersebut, diharapkan para Mahasiswa Baru memperoleh gambaran mengenai kehidupan kampus dan memotivasi mereka untuk memaksimalkan kehidupan perkuliahannya. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).