MEULABOHUTU | Program Studi Akuakultur Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar merupakan salah satu dari dua prodi di UTU yang memenangkan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) liga 2 Kemendikburistek tahun 2023.

Dalam rangka mengimplementasikan PKKM 2023, Prodi Akuakultur menyelenggarakan kegiatan praktisi mengajar guna meningkatkan capaian IKU. Kegiatan ini mendukung tercapainya IKU 4 yaitu praktisi mengajar di dalam kampus.

Ketua Prodi Akuakultur Yusran Ibrahim, M.Si menyebut, Akuakultur UTU sudah rutin mengadakan kelas praktisi mengajar selama 2 semester ini, bahkan sebelum program disahkan oleh pemerintah, sudah rutin mengundang beragam tamu untuk mengisi kuliah tamu.

“Karena praktisi mengajar, atau belajar langsung dari orang yang hidupnya dilalui dengan menjadi seorang ahli di suatu bidang, akan memberikan gambaran yang jelas bagaimana ilmu-ilmu yang dipelajari di kelas mendapatkan ruangnya,” papar Yusran

Selain itu, lanjut dia, program-program seperti praktisi mengajar juga menjadi penting untuk mahasiswa mengetahui keluasan dunia, terlebih untuk yang ada di lingkungan Universitas Teuku Umar

Adapun praktisi mengajar yang didatangkan pada semester ini terdiri dari instansi pemerintah pusat, dari perusahaan dan UMKM.

Prodi akuakultur mengundang 2 instansi pemerintah pusat yaitu Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Ujung Batee, Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu (SKIPM) Blang Bintang. Prodi akuakultur juga mengundang 1 perseroan terbatas yaitu PT Piasan Donya serta 1 UMKM yaitu Mina Mandiri.

Kegiatan Praktisi Mengajar ini dilakukan selama 5 minggu dari Bulan Oktober hingga Bulan November tahun 2023.

BPBAP Ujung Batee mengirimkan 2 praktisi mengajar yaitu: Drh. Bakhtiar Sah Putra, M.VetStud dan Ibu Dr. Nurbariah, S.Si., M.Si. Adapun SKIPM Blang Bintang mengirimkan 4 praktisi mengajar yaitu: Diky Agung Setiawan, S.St.Pi, Zulhan Efendi, S.KH, M.Si, Silvia Wijaya, S.Pi, M.Si, dan Widyatmoko, S.Pi., M.Si.

Selanjutnya PT. Piasan Donya mengirimkan Nazar Saddami Ibrahim, Amd. Pi dan UMKM Mina Mandiri mengirimkan Mu’amar Abdan, S.Pi., M.Si.

Praktisi-praktisi ini mengajar matakuliah yang ada di prodi akuakultur yaitu MK Dasar-Dasar Genetika, MK Nutrisi Ikan, MK Hama dan Penyakit Ikan, MK Manajemen Pembenihan Ikan, dan MK Manajemen Payau dan Laut. (Humas UTU).