MEULABOHUTU | Program Studi S1 Peternakan Universitas Teuku Umar merupakan yang pertama di Indonesia yang memiliki kurikulum peternakan terintegrasi berbasis agro marine dengan memanfaatkan teknologi informasi dan potensi genetik sumberdaya ternak lokal.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Rektor I Universitas Teuku Umar, Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc pada Selasa, 30 Mei 2023 sesaat setelah menerima SK Izin Operasional S1 Peternakan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIII Aceh. informasi mengenai Program studi Peternakan – UTU dapat diakses pada halaman:
https://utu.ac.id/peternakan.

M. Aman Yaman menyebutkan keunikan yang dimiliki Prodi Peternakan Universitas Teuku Umar menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan kepada calon mahasiswa baru yang sedang mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Disamping keunggulan-keunggulan lainnya yang ditawarkan Universitas Teuku Umar kepada calon mahasiswa seperti PTN yang tidak memungut dana sumbangan pembangunan institusi (SPI Rp.0,-) juga UKT di Universitas Teuku Umar merupakan yang terendah di Indonesia.

Prodi Peternakan Universitas Teuku Umar telah mendapatkan izin untuk menerima mahasiswa baru di jalur Seleksi Mahasiswa Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Wilayah Barat atau jalur Mandiri tahun 2023 setelah mendapatkan kepastian dan menerima salinan SK Izin Operasional S1 Peternakan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIII Aceh, Kemendikbudristek RI pada Selasa (30/5/2023) kamarin.

“Prodi Peternakan UTU secara resmi telah dapat menerima mahasiswa baru tahun Ajaran 2023/2024 melalui jalur mandiri, dikarenakan untuk jalur SNBP dan SNBT sudah lewat pelaksanaanya,” kata M. Aman Yaman

Untuk jumlah kuota kursi untuk prodi Peternakan pada seleksi mandiri ini yaitu sebanyak 40 kursi. “Insya Allah prodi peternakan menyediakan slot 40 mahasiswa baru di jalur mandiri atau SMM-PTN Wilayah barat,” Pungkas M. Aman Yaman

sementara itu dikonfirmasi terpisah Rektor UTU, Dr. Ishak Hasan, M.Si menyambut baik atas turunnya SK pembukaan prodi S1 Peternakan dari Kemendikbud RI yang diserahkan oleh LLDIKTI 13 Wilayah Aceh.

“Prodi baru ini hadir dalam rangka menjawab kebutuhan dan keinginan masyarakat serta dunia kerja. Yang mana prodi ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat khususnya di willayah Barat Selatan Aceh dan sangat dibutuhkan di era sekarang,” Katanya

Dengan bertambahnya prodi baru tersebut akan semakin melengkapi program studi yang telah dimiliki oleh Universitas Teuku Umar sebelumnya. Hingga kini sudah tersedia 21 program studi S1 yang tersebar di 6 Fakultas, dan 1 prodi Magister Perikanan di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang juga siap menerima mahasiswa baru Tahun Ajaran 2023/2024. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).