MEULABOHUTU | Bertajuk menyambung tali silaturahmi, meraih keberkahan di bulan ramadhan yang suci, Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Teuku Umar (UTU) menggelar buka puasa bersama yang berlangsung di Fourgee Kids & Cafe, Batee Puteh, Meulaboh, Kamis (28/03/2024).

Hadir pada kesempatan tersebut Pj. Ketua IKA UTU, Tgk. Ir. Sulaiman Ali, S.T., M.T., IPM, Ketua IKA UTU Periode 2020 – 2024 Arhammar Ridha, S.Sos., M.Sos, Ketua IKA UTU Periode 2012-2016 dan 2016-2019 Romy Saputra Jaya, SKM, serta sejumlah tokoh alumni dari berbagai angkatan.

Turut hadir Rektor UTU yang diwakili oleh Ketua Senat UTU Basri, SH., MH yang juga Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Hadir juga sejumlah tenaga kependidikan dan dosen UTU dari unsur alumni.

Kegiatan dalam kesederhanaan dan penuh keakraban itu juga diisi dengan acara ramah tamah alumni dari berbagai angkatan terkait penguatan peran dan fungsi IKA UTU kedepannya.

Dalam kesempatannya, Basri mengatakan, sangat penting bagi para alumni untuk bisa terus menjaga silaturrahmi, sehingga bisa saling memberi dan berbagi informasi tentang berbagai hal.

“Kemajuan teknologi komunikasi saat ini hendaknya bisa dijadikan para alumni untuk bisa terus berkomunikasi, hingga silaturahmi bisa terus berjalan,” kata Basri.

Dekan FISIP itu juga mengingatkan kepada alumni untuk juga bisa saling bertukar informasi mengenai lowongan pekerjaan, sehingga diharapkan bisa membantu alumni yang belum bekerja.

“Kegiatan ini saya kira adalah bagian dari kita untuk bisa saling bertukar pikiran, bertukar informasi, dengan sesama alumni, hingga demikian, bagi yang belum bekerja, bisa meminta bantuan dari yang lainnya,” harap Basri.

Sementara itu Pj. Ketua IKA UTU, Sulaiman Ali mengatakan, kegiatan yang untuk kelima kalinya ini dilaksanakan bagian dari upaya untuk terus bisa menjaga silaturahmi diantara sesama alumni.

“Kita harapkan pada tahun depan kita bisa lebih kompak lagi, dan bisa bersama-sama menghadiri kegiatan yang sama, yang tak lain adalah guna terus mempererat tali silaturahmi diantara kita sesama alumni dan keluarga,” papar Dosen Fakultas Teknik UTU tersebut

Dalam kesempatan tersebut, Tgk Sulaiman juga menyampaikan perkembangan Universitas Teuku Umar saat ini, UTU terus meningkatkan pengembangan mutu pendidikan lewat akreditasi, dan juga peningkatan infrastruktur.

Selain itu, saat ini UTU sudah memiliki 4 prodi Pasca Sarjana yaitu Prodi Ilmu Perikanan, Ilmu Pertanian, Sosiologi dan Ekonomi Pembangunan. Juga ada penambahan beberapa prodi jenjang sarjana seperti prodi Bisnis Digital, Peternakan, Gizi dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Sementara itu, dalam kesempatannya Arhammar Ridha turut menjelaskan bahwa IKA UTU sudah terafiliasi dalam organisasi perkumpulan alumni terbesar di Indonesia yaitu Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (Himpuni).

Lanjutnya eksistensi Ikatan Alumni memiliki peranan penting sebagai jembatan atau penghubung antara mahasiswa, alumni, dan almamater. Diharapkan melalui Ikatan Alumni, bisa melahirkan program yang bisa memberikan kontribusi lebih sebagai dedikasi para alumni untuk almamater.

“Keberadaan IKA UTU ini sebagai bridge antara mahasiswa dan alumni. Tentu ada simbiosis mutualisme, keterkaitan antara mahasiswa dan alumni di IKA kita. Bagaimana IKA menjadi jembatan terhadap universitas, bagaimana dedikasi kita kepada Jurusan-jurusan,” pungkas Alumni Ilmu Administrasi Negara UTU ini (Aduwina Pakeh / Humas UTU).