MEULABOHUTU | Dalam rangka persiapan pelaksanaan sertifikasi ISO 9001:2015 dan ISO 21001:2018 serta meningkatkan pemahaman fungsi pengawasan internal berbasis risiko, Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar  menggelar workshop Auditor Internal Berbasis Risk-Based Audit.

Kegiatan yang menghadirkan narasumber utama Prof. Dr. Ir. Suhendrayatna, M.Eng selaku Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Syiah Kuala yang juga kali ini mewakili PT Decra Indonesia berlangsung di Ruang Rapat Senat, GKT, Kampus UTU, Selasa (14/11/2023).

Acara tersebut di buka langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar Dr. Ir. Irwansyah, ST., M.Eng., IPM. Dalam sambutannya ia menyampaikan apresiasi atas terlaksananya workshop pelatihan auditor internal berbasis risk-based audit ini.

Dr. Irwansyah berpesan agar semua kegiatan audit yang dilakukan tim audit mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan hasil audit dapat dijalankan dengan baik serta dapat mengurangi risiko yang ada sehingga dapat memudahkan dalam proses pemeriksaan.

Selanjutnya, Ir. Maidi Saputra, ST., MT., IPM selaku Wakil Dekan I Fakultas Teknik dan juga Management Representative pada kegiatan tersebut dalam sambutan menyampaikan harapan terkait penerapan risk based audit di Fakultas Teknik serta peran seluruh insan akademika dalam mencapai visi serta tujuan Fakultas dan Universitas.

Pada kesempatan tersebut Prof Suhendrayatna menyampaikan metode dan tahapan-tahapan dalam melakukan audit internal, kemudian saran kepada auditee juga menjadi perhatian dari pemateri.

Kepada para auditor beliau menyampaikan pesan untuk melakukan audit sesuai dengan baku mutu yang telah di gariskan oleh manajemen ISO dan kepada para auditee yang juga hadir pada kegiatan tersebut, beliau juga memberikan saran dan masukan untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dan mengikuti proses audit dengan baik dan seksama.

Antusias yang ditunjukkan oleh para calon auditor internal yang terdiri dari perwakilan dosen prodi, ketua laboratorium serta para ketua pokja dilingkup Fakultas Teknik sangat besar, ini ditandai dengan diikutinya semua tahapan yang disampaikan oleh pemateri dari awal sampai akhir acara. (Humas UTU).