MEULABOHUTU | UTBK-SNBT Tahun 2023 di Universitas Teuku Umar telah berlangsung sukses. Kegiatan yang diawali dari persiapan sarana dan prasarana laboratorium yang digunakan dalam pelaksanaan ujian tersebut, pembekalan tekhnisi ruang dan pembekalan pengawas ruang serta kelengkapan administrasi pelaksanaan di sekretariat hingga pelaksanaan UTBK-SNBT.

Adapun pelaksanaan UTBK-SNBT gelombang pertama berlangsung sejak Senin 8 Mei hingga Minggu 14 Mei 2023 lalu. Sementara gelombang II telah berlangsung dilaksanakan pada 18 – 22 Mei 2023 dengan jumlah sesi pelaksanaan sebanyak 12 sesi.

Pelaksanaan UTBK-SNBT pada tahun 2023 di Universitas Teuku Umar diikuti sebanyak 1.729 orang peserta ujian atau calon mahasiswa baru dari berbagai wilayah.

Wakil Rektor I Universitas Teuku Umar, Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc kepada Humas UTU menyebutkan rangkaian demi rangkaian pelaksanaan telah dilalui dengan baik, melakukan monitoring dan rapat evaluasi pelaksanaan yang dilakukan setiap hari baik sebelum maupun setelah pelaksanaan tes dilakukan.

Melalui semangat dan kerja keras dari seluruh pihak panitia yang terlibat dalam UTBK-SNBT 2023 di Universitas Teuku Umar setiap harinya. Yakni, diawali pada pagi hari pukul 05.30 wib seluruh panitia sudah hadir guna persiapan laboratorium maupun sekretariat hingga sore hari dengan agenda rapat evaluasi yang berakhir pada pukul 17.30 WIB.

“Alhamdulillah Sejauh ini, rutinitas ini dilakukan setiap hari selama pelaksanaan UTBK-SNBT berjalan, baik pada gelombang pertama maupun gelombang kedua,” Kata M. Aman Yaman

Kerja keras yang membuahkan hasil atas kelancaran pelaksanaan kegiatan dari awal hingga akhir, tidak ditemukannya permasalahan yang mengakibatkan gangguan dalam proses pelaksanaan ujian.

Sementara itu, Rektor Universitas Teuku Umar, Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi aktif atas pelaksanaan UTBK-SNBT yang telah berjalan dengan lancar, hal ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan di masa yang akan datang.

Sejauh ini, lanjutnya keberadaan Universitas Teuku Umar sebagai pusat pelaksana UTBK-SNBT dapat memberikan citra yang positif bagi masyarakat, baik dalam ketersediaan sarana dan prasarana, pelayanan dan menciptakan suasana aman, lancar dan terkendali pada setiap pelaksanaan kegiatan.

Berangkat dari kesuksesan pelaksanaan ini rektor menghimbau agar suasana kinerja, loyalitas dan kerja keras serta dedikasi yang tinggi untuk memajukan institusi secara bersama-sama berlanjut pada setiap aktifitas apapun yang dilakukan baik kegiatan akademik maupun kegiatan non akademik lainnya.

Lebih lanjut Rektor menyampaikan, tolok ukur keberhasilan atas capaian yang telah dan akan dilakukan mesti di dasari atas penanaman nilai tanggungjawab, integritas, loyalitas yang diimplementasikan pada peningkatan kinerja di setiap aktifitas.

Pada kesempatan yang sama Koordinator pelaksana UTBK-SNBT tahun 2023 Universitas Teuku Umar, Heri Darsan, ST., MT menjelaskan, sesuai dengan mekanisme dan ketentuan pedoman operasional baku untuk penerimaan mahasiswa baru, Universitas Teuku Umar harus bisa menyiapkan fasilitas yang memadai dalam rangka pelaksanaan UTBK-SNBT.

“Semua mekanisme yang dipersyaratkan oleh Panitia Pusat UTBK-SNBT, telah dipatuhi oleh Panitia Pelaksana UTBK-SNBT tahun 2023 Universitas Teuku Umar,” Kata Heri

Ia menuturkan, pada tahun 2023 ini, Universitas Teuku Umar menyediakan 5 ruangan untuk pelaksanaan UTBK-SNBT dengan masing-masing ruangan disediakan 30 komputer inti dan 3 komputer cadangan. (Aduwina Pakeh)