MEULABOH – UTU| Tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) Rumah Politik Sehat Universitas Teuku Umar melaksanakan kegiatan Sosialisasi Program Kerja dan Workshop dengan tema Masyarakat Cerdas: Upaya Meminimalisir Money Politic dan Black Campaign pada pemilu 2024 di balai Gampong Pinem, kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat. Senin (07/08/2023)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris jurusan Ilmu Administrasi Negara, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Aceh Barat, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Aceh Barat, Panitia Pengawas Kecamatan Samatiga, Aparatur desa serta Masyarakat setempat.

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Agatha Debby Reiza Marcella yang dalam hal ini mewakili Ketua Prodi. Ia mengucapkan terimakasih kepada Gampong Pinem yang sudah menerima kedatangan mahasiswa Universitas Teuku Umar untuk menjalankan program pengabdian dan melaksanakan sosialisasi.

“Saya berharap kedatangan mahasiswa di Gampong ini dapat memberikan edukasi terkait Politik Sehat pada Pemilu 2024 mendatang kepada seluruh masyarakat sehingga mereka paham memilih pemimpin yang baik untuk kedepanya,” ucapnya.

Agatha Debby juga menjelaskan bahwa mahasiswa yang mengabdi di Gampong Pinem tersebut terdiri dari 5 Orang dari jurusan yang berbeda-beda yakni, dari Prodi Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi dan Ilmu Hukum dengan masa pengabdian kurang lebih selama 4 Bulan kedepan. Ia berharap kepada masyarakat setempat agar bisa membantu mahasiswa dalam menjalankan Pengabdian Program Kreativitas yang diselenggarakan langsung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi .

Sejalan dengan hal tersebut, Safrida selaku Dosen Pembimbing mahasiswa pelaksana Program PKM-PM Rumah Politik Sehat juga menyampaikan melalui zoom bahwa pemuda dan aparatur Gampong diharapkan dapat ikut serta berpartisipasi dan mengawasi pelaksanaan program di lapangan karena mengingat politik adalah isu sensitif dan pentingnya masyarakat dari berbagai lapisan usia dapat memaknai dan menerapkan prinsip politik sehat dan cerdas pada pemilu 2024 mendatang hingga pada pesta demokrasi lainnya baik ditingkat desa maupun Negara.

Bukan hanya itu, Keuchik Gampong Pinem Naharullah mewakili seluruh aparatur Gampong juga  mengucapkan selamat dan terimakasih kepada mahasiswa pelaksana.

“Kami berharap Program yang di jalankan mahasiswa tersebut terkait upaya pencegahan Money Politic dan Black Campaign bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam  melakukan pencoblosan politik secara sehat dan cerdas pada 2024 mendatang,” Ujar Naharullah

Sementara itu, Kegiatan workshop diisi oleh Safrianto sebagai pemateri yang berasal dari Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat.

Ia menjelaskan kepada masyarakat bahwa ada empat cara pemilihan cerdas dan berkualitas yakni, pertama masyarakat harus mengenal terlebih dahulu calonnya dengan mengetahui riwayat hidup paslon yang mengusungnya, kemudian lihat latar belakang pendidikan, pekerjaan, aktivitas dalam bermasyarakat dan juga pribadi yang bersangkutan dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya kedua ketahui visi dan misi atau maksud dan tujuan bakal calon tersebut, Ketiga pastikan pilihanya benar, Keempat lihat kinerja sebelumnya. Ia berharap keempat cara tersebut dapat diterapkan oleh masyarakat dalam memilih pemimpin yang berkualitas serta loyal dalam memajukan ruang lingkup wilayahnya. (Humas UTU).