MEULABOHUTU | Mahssiswa UniversitasTeuku Umar  kembali meraih prestasi yang membanggakan, kali ini melalui Yunus Fahendra Mahasiswa Progam Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Ia berhasil meraih juara II dalam lomba kategori mengarang dan Baca Hikayat diajang Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 yang berlangsung di Kompleks Taman Budaya Kota Banda Aceh, Jum’at (10/11/2023).

Dalam lomba mengarang dan baca hikayat pada event kebudyaan terbesar di Aceh, Yunus Fahendra yang tampil mewakili kontingen Aceh Barat berhasil mengalahkan ratusan peserta dari 23 Kabupaten/kota di Aceh.

Yunus berhasil memenangkan kejuaraan dengan karyanya yang berjudul “Puleh Ngoen Ubat Peunawa,”. Keberhasilannya tersebut dapat mengharumkan nama Kabupaten Aceh Barat yang pada akhir penyelenggaraan di daulat sebagai juara IV.

Yunus saat dikonfirmasi humas UTU mengaku sangat senang dan bahagia. “Saya tidak menyangka dan kaget bisa menjadi juara di lomba ini, saya juga merasa sangat senang bisa memenangkan lomba baca hikayat. Selain itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada orang tua, teman-teman, dosen dan khususnya kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Barat yang telah mempercayakannya sebagai perwakilan Pembawa Hikayat di PKA ke-8 tahun ini,” katanya

Yunus atau lebih dikenal dengan sapaan syeh muda ini mengatakan, Prestasi gemilang ini tidak hanya memperkaya perjalanan seni budaya lokal, tetapi juga mengangkat nama Kabupaten Aceh Barat sebagai pusat kreativitas dan warisan budaya yang patut diperhitungkan.

Dirinya juga berpesan semoga dengan semangat yang luar biasa bisa membangkitkan kembali Seni Hikayat tersebut, yang biasanya sering dilantunkan oleh orang-orang dewasa.

Atas prestasi tersebut, selain mendapatkan sertifikat penghargaan, Yunus Fahendra berhasil membawa pulang uang pembinaan sebesar Rp. 5,5 juta.

Capaian prestasi ini tidak mudah begitu saja ia dapatkan tanpa kegigihannya. Ia mempersiapkan lomba dengan baik  untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Prestasi ini bukan hanya menjadi kebanggaan pribadi Yunus, tetapi juga memberikan inspirasi kepada mahasiswa lain untuk berani mengejar impian dan menunjukkan bahwa keberhasilan adalah hasil dari kerja keras dan dedikasi.

Kampus Universitas Teuku Umar berharap agar pencapaian Yunus Fahendra menjadi motivasi bagi mahasiswa lain untuk terus berprestasi dan berkontribusi pada perkembangan seni dan budaya di Indonesia. (Humas UTU).