MEULABOHUTU | Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar telah melaksanakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) pada Senin, 18 Maret 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Rapat Seminar Fakultas Teknik, Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU.

Terdapat sejumlah calon yang berasal dari masing-masing prodi di Fakultas Teknik, antara lain dari Prodi Teknik Sipil, Prodi Teknik Industri dan Prodi Teknologi Informasi. Para perwakilan tersebut diseleksi dengan beberapa kriteria penilaian, dan peserta dengan total nilai tertinggi akan menjadi perwakilan Pilmapres 2024 ke tingkat Universitas.

Seleksi Pilmapres di Fakultas Teknik dibuka oleh Dekan FT Dr. Ir. Irwansyah, S.T.,M.Eng.,IPM. Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Ketua Jurusan di lingkup Fakultas Teknik dan dosen pendamping mahasiswa.

Dr. Irwansyah dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pilmapres merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan untuk menjaring peserta dari setiap prodi yang akan mewakili Fakultas di tingkat Universitas nantinya. Tentunya mahasiswa yang dikirim oleh jurusan merupakan mahasiswa-mahasiswa terbaik dari jurusannya.

“Terimakasih kepada pihak Pimpinan Fakultas, dewan Juri, Ketua Jurusan, Dosen Pembimbing dan juga panitia pelaksanaan kegiatan pilmapres tingkat Fakultas Teknik,” kata Dr. Irwansyah

Untuk mencapai generasi emas 2045, maka salah satu usaha yang perlu dilakukan pendidikan tinggi adalah meningkatkan mutu pendidikan akademik salah satunya melalui prestasi mahasiswa.

Dekan juga secara khusus menyampaikan terimakasih kepada dosen pembimbing yang telah mau mencurahkan perhatiannya kepada mahasiswa bimbingan dalam mengikuti kegiatan pilmapres tingkat fakultas. “Mahasiswa yang hadir saat ini adalah yang terbaik, dan besar harapan nantinya dapat mewakili fakultas dan membawa nama baik fakultas ke tingkat Universitas sampai ke tingkat Nasional,” pungkas Dekan FT.

Proses penilaian Pilmapres 2024 melibatkan tiga orang dewan juri dari Fakultas Teknik yaitu Ir. Meylis Safriani, S.T.,M.T., Ir. Nissa Prasanti, S.Si.,M.T dan  Ana Elvia Jakfar, S.Pd., M.Ed. Adapun aspek penilaian mahasiswa berprestasi meliputi Karya Tulis Ilmiah (GK), Prestasi dan Karya yang diunggulkan (CU), dan Kemampuan Berbahasa Inggris (BI).

Kegiatan presentasi melalui gagasan kreatif yang telah dipaparkan oleh mahasiswa diamati dan dinilai oleh dewan juri, dimana kemampuan berkomunikasi, kemampuan berpikir kritis, kepercayaan diri, kemampuan menjawab dan hal lainnya akan dinilai oleh juri, dan rekomendasi juri diumumkan dalam bentuk berita acara  penilaian.

Berdasarkan hasil seleksi dari juri Pilmapres, maka Fakultas Teknik menetapkan hasil seleksi Pilmapres untuk mewakili fakultas teknik 2024 ke ajang tingkat Universitas adalah Rifan Muliadi dari Prodi teknik Sipil (pemenang 1), Habib Muwaffaq dari Prodi teknik Industri (pemenang 2) dan Febrianti dari Prodi Teknologi Informasi (pemenang 3).

Selanjutnya Rifan Muliadi akan dikirimkan ke tingkat Universitas Teuku Umar untuk dilakukan seleksi di tanggal 26-27 Maret 2024. Selamat kepada pemenang dan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua peserta yang telah bekerja keras mengikuti seleksi Pilmapres tingkat fakultas tahun 2024. (Humas UTU).