MEULABOHUTU | Mahasiswa Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar (UTU) akan melakukan kunjungan ke PT. Perkebunan Nusantara III dan PT. Nipon Indosari Corpindo TBK cabang Medan.

Dekan Fakultas Pertanian yang diwakili Wakil Dekan 1 Dr. Irvan Subandar, S.P., M.P secara resmi melepas peserta field trip yang berjumlah 42 peserta ini. Kegiatan pelepasan rombongan mahasiswa tersebut berlangsung di pintu gerbang, kampus UTU, Rabu (15/11/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Dekan II Fakultas Pertanian, Dedi Darmansyah, S.P., M.Si, Kaprodi Agribisnis Teuku Athaillah, S.P., M.Si dan sejumlah dosen lingkup Fakultas Pertanian.

Dr. Irvan dalam sambutannya menekankan fieldtrip merupakan kegiatan rutin tahun ajaran akademik, dalam mengimplementasikan Contextual Learning, khususnya kajian Place Based Learning, yakni sistem pembelajaran mengunjungi tempat-tempat industri dengan melihat proses dan kinerja industry.

Setelahnya, para mahasiswa dapat mengaplikasikan hasil kunjungan dilapangan, dengan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) dan pendidikan dikelas. “Bentuknya, setelah mereka (para mahasiswa) pulang membuat laporan kegiatan fieldtrip dalam bentuk karya ilmiah (papers)” imbuhnya.

Teuku Athaillah menambahkan, fieldtrip ini adalah bagian dari proses pembelajaran MK Manajemen Produksi dan Operasi. Dikantor PTPN III para mahasiswa akan belajar tentang keuangan agribisnis dan etika bisnis, sementara agenda di PT Nipon : Melihat proses produksi, memahami quality management, hingga pengemasan.

“Semoga dari fieldtrip ini,mereka (peserta) mendapat pembelajaran sebagai bekal dalam melengkapi pengalaman yang diperoleh, termasuk menambah ilmu pengetahuan didalam kelas. Diharapkan mereka, cepat beradaptasi didunia nyata (kerja), tentunya setelah lulus dari UBL ini,” Harapnya. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).