MEULABOHUTU |  Lembaga Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPM-PMP) Universitas Teuku Umar (UTU) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi penerimaan proposal hibah internal pendanaan universitas untuk tahun 2024. Acara ini diadakan secara daring melalui Zoom Meeting yang berlangsung pada Senin (29/04/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang proses pengajuan proposal hibah internal dan kriteria penilaian yang akan digunakan oleh LPPM -PMP untuk memilih proposal yang akan didanai pada tahun 2024 serta penggunaan aplikasi Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (SIPEMA) UTU.

Ketua LPPM-PMP UTU, Ir. Yuliatul Muslimah, MP dalam sambutannya mengatakan sosialisasi ini merupakan kesempatan bagi para peneliti dan pelaksana di UTU untuk memahami proses pengajuan proposal hibah internal. “Kami berharap dengan adanya hibah ini, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif dapat terus berkembang di lingkungan kampus.” Kata Bu Yuli

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc yang turut menyampaikan arahan kebijakan Penelitian dan PkM dilingkup internal maupun eksternal dan memberikan semangat kepada para dosen di lingkungan Universitas Teuku Umar.

Sementara itu Sekretaris LPPM PMP Ir. Heri Darsan, ST., MT turut  memberikan wawasan tentang langkah-langkah praktis dalam menyusun proposal hibah yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Universitas. Heri menjelaskan dalam menyusun proposal hibah, penting untuk memperhatikan aspek-aspek tertentu seperti tujuan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, metodologi, rencana kegiatan mitra yang dituju, serta timeline kegiatan.

“Saya berharap informasi yang disampaikan dapat membantu para peneliti dan pelaksana dalam mengajukan proposal yang kuat dan berkualitas.” Terangnya

Lebih lanjut, Heri mengatakan dalam pengajuan proposal hibah harus sesuai menggunakan template yang sudah disediakan, lalu membuat akun pada SIPEMA serta mengajukan judul penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang sudah disiapkan untuk diajukan..

Para peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi tentang proses pengajuan proposal hibah dan hal-hal terkait lainnya. Acara sosialisasi ini menjadi langkah awal bagi para peneliti di UTU untuk mengajukan proposal hibah internal yang berkualitas dan berpotensi mendapatkan dukungan pendanaan dari pihak Universitas pada tahun 2024. (Humas UTU)