MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar terus berupaya menghadirkan pendidikan yang relevan dan berkualitas dengan mengadakan Kunjungan Industri bagi dosen Fakultas Teknik. Pada tanggal 27 dan 28 Juli 2023 lalu, sejumlah  dosen dari prodi Teknik Mesin berkumpul untuk mengunjungi PT. Pupuk Iskandar Muda (PIM) dan PT. Perta Arun Gas (PAG), dua perusahaan besar yang terletak di Kota Lhokseumawe yang bergerak dalam kegiatan memproduksi pupuk dan gas alam.

Kegiatan Kunjungan Industri ini bertujuan untuk memberikan wawasan langsung kepada para dosen tentang perkembangan teknologi dan praktik industri terkini. Selain itu, kunjungan ini juga menjadi kesempatan berharga untuk memahami lebih dalam tentang kebutuhan dunia industri dan bagaimana kurikulum Universitas dapat lebih terarah dan sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.

Kegiatan kunjungan industri juga dalam rangka mengimplementasikan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) sebagai pewujudan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui pendanaan Hibah PKKM dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Kunjungan tersebut juga dimanfaatkan untuk menjalin kerjasama yang saling menguntungkan untuk DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) dan perguruan tinggi itu sendiri.

Dari FT UTU turut hadir secara langsung Dekan FT UTU Dr, Irwansyah, ST., M.Eng., IPM, Wakil Dekan I Ir. Maidi Saputra, ST., MT juga Ketua Jurusan Teknik Mesin Dr. Pribadyo, ST., MT beserta Tim PKKM Teknik Mesin yang terdiri dari Herri Darsan., ST., MT dan Al Munawir, S.Si., M.Sc.

Sementara dari PT. PIM yang mewakili Kepala Pusdiklat Dedy Haryadi Hasan, sementara PT PAG dihadiri oleh HR Manager Doni Purnomo.

Dr. Irwansyah menyebutkan kerjasama ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada Fakultas Teknik UTU sebagai bentuk komitmen Perusahaan dalam mengimplementasikan program MBKM yaitu Magang mahasiswa, Dosen praktisi, kuliah tamu serta dukungan pelaksanaan seminar Internasional yang akan dilaksanakan oleh Fakultas Teknik dalam waktu dekat ini.

Sebagai mitra, dirinya juga sangat terbuka untuk adanya kerjasama atau kolaborasi secara institusi maupun keahlian mahasiswa magang. Sehingga apapun yang menjadi potensi dan peluang-peluang dapat dilakukan secara bersama-sama.

Selaku Ketua Jurusan Teknik Mesin Pribadyo menambahkan bahwa “Magang ini menjadi bagian Program Kompetisi Kampus merdeka (PKKM) yang telah didanai oleh Kemeterian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan judul Tranformasi Prodi Teknik Mesin dalam Meningkatkan Mutu dan Relevansi Merdeka Belajar atau Kampus Merdeka (MBKM) dimana memungkinkan bagi mahasiswa melakukan konversi 20 SKS”.

Sementara Doni Purnomo sangat menyambut baik Kerjasama tersebut dan menyepakati melalui penerimaan peserta magang dari Program Studi Teknik Mesin UTU yang akan dilaksanakan selama 5 bulan kedepan, terkait kerjasama dosen praktisi pihak perusahaan juga bersedia untuk bersinergi menjadi naraumber dalam kegiatan orientasi mahasiswa magang yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. (Humas UTU).