MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar kembali  melakukan kegiatan sosialisasi dan promosi terkait Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2024 ke Kabupaten Aceh Jaya, Selasa (23/1/2024).

Di Aceh Jaya, sosialisasi dipusatkan di dua titik yaitu di SMAN 1 Panga dan SMAN 1 Sampoinet dengan peserta para kepala sekolah, Operator dan perwakilan siswa dari seluruh SMA sederajat se Kabupaten Aceh Jaya.

Tim sospro di SMAN 1 Panga dipimpin oleh Ketua LPPM PMP UTU Ir Yuliatul Muslimah, M.P dengan anggota Teungku Nih Farisni, SKM., M.Kes (Wakil Dekan II FKM), Aduwina Pakeh, S.Sos., M.Sc ( Korpus PPID, Kehumasan dan Penerbitan) serta dibantu staf Dewi Purnomo, SP. Sementara tim SMAN 1 Sampoinet dipimpin oleh Sekretaris LPPM PMP UTU Heri Darsan, S.T., M.T dengan anggota tim Muhammad Idris, M.Pd (Koordinator Prestasi Mahasiswa) dan Atthaillah, M.Si (Koordinator Akademik) dan Samsuar, SP (Staf LPPM PMP).

H. Abdul Muthalib, S.Pd mewakili Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Jaya dalam pembukaannya menyampaikan terimakasih kepada UTU yang memilih Kabupaten Aceh Jaya sebagai salah satu tujuan untuk sosialisasi penerimaan mahasiswa baru.

“Setiap tahunnya peminat lulusan SMA/SMK di Aceh Jaya yang masuk ke UTU semakin meningkat. Dengan adanya sosialisasi ini semakin memudahkan bagi pihak sekolah, siswa dan guru untuk bertanya secara langsung dengan tim UTU, sehingga dapat lebih paham tetang mekanismenya”, ujar Abdul Muthalib

Tim Sospro UTU menyampaikan ada tiga jalur dalam penerimaan mahasiswa baru pada tahun ini, yaitu jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), dan terakhir jalur mandiri.

Ir Yuliatul Muslimah menjelaskan UTU sebagai Perguruan Tinggi Negeri memiliki progres pembangunan dan prestasi yang sangat baik diantara 35 PTN baru lainnya di Indonesia. “Saat ini UTU terakreditasi Baik Sekali dari BAN-PT, dan itu modal besar bagi kita untuk mengembangkan UTU menjadi kampus Unggul yang berlokasi di Pantai Barat Aceh,” jelas Ir. Yuliatul

Ir. Yuliatul juga mengungkapkan, hingga saat ini jumlah mahasiswa aktif di UTU sebanyak 8,333 mahasiswa yang berasal dari hampir seluruh provinsi di Indonesia. Dari jumlah tersebut manyoritasnya penerima beasiswa KIP-K.

Lebih lanjut ia mengatakan, besar harapan kami dengan kegiatan sosialisasi SNMPT 2024 ini hendaknya para calon mahasiswa/i mengerti cara mendaftar di SNBP dan SNBT, dan juga mengenal dan mengetahui visi, misi UTU sehingga para calon mahasiswa/i dengan mudah bisa mendaftar serta memilih salah satu prodi di UTU sebagai tujuan tempat kuliahnya.

Sosialisasi ini disambut dengan sangat baik oleh pihak sekolah bahkan para kepala sekolah memberi apresiasi  atas kunjungan tim Dosen untuk mensosialisasikan Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2024 dari Universitas Teuku Umar sebagaimana yang diutarakan oleh Umar, S.Pd (Ketua MKKS SMA Kab. Aceh Jaya).

Demikian juga para siswa, khususnya siswa kelas XII yang akan segera menyelesaikan pendidikan di sekolah menengah terlihat antusias mendengarkan kegiatan Pengenalan Kampus UTU tersebut karena dapat bertemu dan bertanya langsung dengan para Dosen. Terutama berkaitan dengan Program Studi yang akan mereka pilih sesuai minat dan bakatnya.

Dalam kesempatan ini para kepala sekolah juga berkesempatan memberikan saran dan pendapat, yaitu agar Universitas Teuku Umar membuka prodi prodi baru, terutama Program Studi Pendidikan Olahraga dan juga Perpustakaan.  Hal ini berkaitan dengan kurangnya pustakawan yang dirasakan oleh  banyak SMA/SMK yang ada di Aceh Jaya Khususnya. Selain itu juga adanya saran untuk mengikutsertakan alumni alumni sekolah setempat pada saat melakukan sosialisasi. Hal ini sebagai motivasi bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan.

Antusiasme pelaksanaan sosialisasi juga terlihat di SMAN 1 Sampoinet, lebih dari 90 siswa hadir dari 7 sekolah SMA sederajat.

“Kami menginformasikan berbagai hal terkait prestasi kampus UTU termasuk beberapa unggulan yang ada di UTU, seperti beasiswa KIP, beasiswa Internal dan pertukaran mahasiswa dalam program Kampus Merdeka dan kerjasama Luar Negeri,” ujar Athaillah, M.Si didampingi Muhammad Idris, M.Pd

Adapun informasi terkait SNPMB 2024 juga bisa mengakses alamat http://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id atau informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru di portal website utu.ac.id. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).