MEULABOHUTU | Dalam rangka membekali mahasiswa dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0, Universitas Teuku Umar kerap mengadakan Studium Generale atau Kuliah Umum. Pada Rabu (22/11/2023), Fakultas Teknik usai menyelenggaran Kuliah Umum bertema “Peran kelistrikan dalam Mendorong pertumbuhan ekonomi di Aceh”.

Berlangsung di Auditorium Universitas Teuku Umar, GKT, Kampus UTU, kegiatan yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB ini dihadiri beberapa dosen dan ratusan mahasiswa dari berbagai Prodi di Fakultas Teknik. Kali ini, Parulian Noviandri, ST., M.Eng selaku General Manager PT. PLN Persero Distribusi Aceh turut dihadirkan sebagai pemateri.

Kuliah tamu ini dibuka oleh Rektor yang diwakili Wakil Rektor  I UTU Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc. Pada kesempatan tersebut, Warek 1 menyampaikan acara ini dapat meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang pentingnya kelistrikan bagi perekonomian Aceh dan Mendorong mahasiswa untuk berperan aktif dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Aceh melalui pemanfaatan kelistrikan secara efisien.

Dalam kesempatannya Parulian Noviandri menjelaskan bahwa kelistrikan merupakan salah satu faktor penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Hal ini dikarenakan kelistrikan dibutuhkan untuk menggerakkan berbagai sektor perekonomian, seperti industri, perdagangan, dan jasa.

“Kelistrikan merupakan motor penggerak perekonomian. Tanpa kelistrikan, berbagai sektor perekonomian tidak dapat berjalan optimal,” kata Parulian Noviandri
Ia juga menjelaskan bahwa kelistrikan memiliki peran yang strategis dalam meningkatkan daya saing ekonomi Aceh. Hal ini dikarenakan kelistrikan dapat membantu Aceh untuk menarik investasi dan meningkatkan produktivitas.

“Kelistrikan dapat membantu Aceh untuk menjadi lebih kompetitif dalam menarik investasi. Selain itu, kelistrikan juga dapat membantu Aceh untuk meningkatkan produktivitas,” kata Parulian Noviandri

Parulian Noviandri juga menyampaikan bahwa PLN terus berupaya untuk meningkatkan ketersediaan dan kualitas kelistrikan di Aceh. PLN juga terus berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Aceh melalui penyediaan listrik yang andal dan terjangkau “PLN terus berupaya untuk meningkatkan ketersediaan dan kualitas kelistrikan di Aceh. PLN juga terus berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Aceh,” jelasnya

Kuliah tamu ini diikuti oleh sekitar 400 mahasiswa dari fakultas Teknik di UTU. Kuliah tamu ini juga menjadi sarana untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang peran kelistrikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.

Pada kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Irwansyah, ST, M.Eng.,IPM, mengatakan bahwa civitas akademika Universitas Teuku Umar sangat mendukung Kuliah tamu ini yang bertujuan memberi pemahaman pada Peran Kelistrikan dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Aceh. Kuliah tamu ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang pentingnya kelistrikan bagi perekonomian Aceh. (Humas UTU).