MEULABOHUTU | Kolaborasi mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) dan STIKES Seuramoe Barat yang sedang menjalankan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Gayo Lues, melakukan aksi sosial kegiatan sosialisasi pencegahan stunting di kawasan desa Aih Selah, Pantan Cuaca, Gayo Lues, Kamis (18/1/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh narasumber Dinas Kesehatan Kabupaten Gayo Lues serta kolaborasi bersama kader Posyandu yang selama ini aktif melakukan pendataan kasus stunting atau masalah pertumbuhan anak.

Kegiatan tersebut digagas oleh kelompok KKN desa Aih Selah yang diketuai oleh Bimo Arif Syahputra. Bimo menjelaskan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya menyadarkan masyarakat akan pentingnya posyandu rutin dan imunisasi serta pengukuran berat badan dan tinggi badan yang selama ini menjadi permasalahan anak gizi buruk dan pertumbuhan tidak ideal atau stunting.

Dijelaskannya Stunting (kerdil) adalah kondisi dimana balita memiliki panjang atau tinggi badan yang kurang jika di bandingkan dengan umur.

Indonesia termasuk kedalam negara ketiga dengan pravelensi stunting turun dari 37,2% menjadi 30,8% namun angka tersebut masih tertinggi di regional Asia Tenggara. meskipun berdasarkan riset kesehatan Dasar (Riskesdes) 2018 pravelensi stunting turun dari 37,2% menjadi 30,8% namun angka tersebut masih tinggi dan di atas ambang batas WHO yaitu 20%.

Stunting disebabkan oleh faktor multi dimensi dan tidak hanya disebabkan oleh faktor gizi buruk yang di alami oleh ibu hamil maupun anak balita. Intervensi yang paling menentukan untuk dapat mengurangi pervalensi stunting disebabkan pada 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) dari janin hingga balita berusia 23 bulan.

Sosialisasi pencegahan stunting serta memberi asupan bubur kacang hijau sehat kepada ibu-ibu Desa Aih Selah sejalan dengan tema KKN tahun 2024 yaitu “Penurunan kemiskinan ekstrim dan stunting di gayo lues berbasis pemanfaatan potensi alam lokal”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pengulu (Kepala Desa) Aih Selah Zakaria, Sekdes Sabirin, S.Sos, dan Kadus Abdul Wahab serta ibu Anda dari Puskesmas Kenyaran Kecamatan Pantan Cuaca Kabupaten Gayo Lues.

Adapun para mahasiswa KKN reguler angkatan XXI tahun 2024 yang terdiri dari Bimo Arif Syahputra, Tasa Maulana Putra, Adelia Erlita, Jeli Novita, Efilisa, Defia yang di bimbing oleh dosen pembimbing DPL, Afdhal Fuadi, S.Pi., M.Si.

Zakaria dalam kesempatannya menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada para mahasiswa dari UTU dan STIKES yang sedang melaksanakan KKN di desanya. “Kami berharap dengan adanya mahasiswa KKN dari UTU dan Stikes ini, mampu mencegah bertambahnya status stunting di Desa kami,” kata Zakaria (Humas UTU).