MEULABOH, UTU – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar (FKM-UTU) melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Badan Pangan Nasional dalam Acara Pertemuan Konsolidasi Nasional Kebijakan Kewaspadaan Pangan dan Gizi Nasional Tahun 2023 di IPB Internasional Convention Center pada tanggal 26-28 Juni 2023. Acara tersebut diikuti oleh Dekan FKM UTU, Dr. T. Alamsyah, S.K.M., M.PH dan Ketua Program Studi Gizi, Khairunnas, DCN. M.Kes.

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar, Dr. T. Alamsyah, S.K.M., M.PH kepada UTUNews mengatakan bahwa, Program Studi Gizi FKM UTU resmi ditunjuk oleh Badan Pangan Nasional sebagai tenaga edukasi dan Teknis dalam Program Genius (Gerakan Edukasi Pemberian Pangan dan Gizi untuk anak Sekolah).

Ditambahkannya, bahwa Program tersebut akan berlangsung selama 20 bulan yang akan memberikan kudapan bergizi bagi 25 ribu anak sekolah dasar di Provinsi Aceh yang tentunya bekerjasama dengan Dinas Pangan Provinsi Aceh dan Dinas Pendidikan Provinsi Aceh.

“Untuk tahap pertama ini dipilih 5 kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Aceh, yaitu Kabupaten Nagan Raya, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Aceh Jaya, Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar. Sementara pembiayaan program ini akan dibiayai Badan Pangan Nasional yang bersumber dari APBN,” Jelasnya.s

Sementara itu, Ketua Program Studi Gizi, Khairunnas, DCN. M.Kes mengatakan bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memenuhi pangan bergizi bagi anak sekolah dasar dan Pemberian edukasi tentang makanan bergizi bagi anak sekolah.

Selain itu, berdasarakan bagan alur koordinasi program peningkatan kualitas generasi emas melalui pemberaian panga bergizi bagi anak sekolah, maka Universitas Teuku Umar selaku perguruan tinggi negeri memiliki tanggungjawab dalam memberikan materi dan media edukasi pangan dan gizi bersama sekolah-sekolah di Aceh dan juga menyusun menu kudapan bergizi 8 kali makan serta pendampingan dalam pelaksanaan dan pelaporan kegiatan.